Sukses

Protes Hukuman Rajam LGBT di Brunei, 4 Artis Hollywood Ini Boikot Hotel Ternama

Liputan6.com, Los Angeles - Mulai Rabu (3/4/2019) kemarin, Brunei Darussalam memberlakukan hukuman rajam hingga mati untuk lelaki yang melakukan hubungan seks sesama jenis. 

Aturan baru yang diterapkan di Brunei tersebut, menuai protes keras dari berbagai kalangan. Selain PBB saja yang menilai hal itu sadis dan tidak manusiawi, sederet seleb Hollywood juga ikut menyuarakan pendapat mereka. Sejumlah seleb Hollywood bahkan menyuarakan boikot terhadap sembilan hotel milik penguasa Brunei, Sultan Hassanal Bolkiah.

Hotel yang masuk dalam daftar antara lain adalah Hotel Bel-Air dan The Beverly Hills di Amerika, serta The Dorchester, 45 Park Lane, dan Coworth Park yang berada di Inggris.

Dua hotel yang diboikot di Prancis adalah Le Meurice dan Hotel Plaza Athenee. Sedangkan yang berada di Italia ada Hotel Eden dan Hotel Principe di Savoia.

Siapa saja seleb yang menyerukan aksi boikot terhadap hotel milik Sultan Brunei ini? Berikut di antaranya:

2 dari 5 halaman

George Clooney

Aktor kawakan George Clooney mengajak masyarakat untuk bergabung dalam aksi boikot hotel milik Sultan. Ia merasa hukuman yang diberlakukan oleh kerajaan Brunei terlalu keji untuk manusia.

"Setiap kali kita menginap atau mengadakan pertemuan atau makan di satu restoran dari sembilan hotel ini, kita memasukkan uang langsung ke kantong orang-orang yang memilih untuk melempar batu dan mencambuk penduduk mereka sendiri karena menjadi gay atau dituduh berzina," ungkap George Clooney, seperti dilansir dari Deadline Hollywood.

"Apakah kita benar-benar membantu membayar pelanggaran hak asasi manusia ini? Apakah kita benar-benar membantu mendanai pembunuhan penduduk negara yang tidak bersalah?" lanjutnya.

3 dari 5 halaman

Elton John

Penyanyi berusia 72 tahun Elton John mengaku bersedih dengan nasib para staf hotel, tapi menilai langkah tersebut harus diambil sebagai pesan bahwa hukuman mati tidak bisa diterima.

"Saya memuji teman saya #GeorgeClooney karena mengambil sikap menentang diskriminasi anti gay dan kefanatikan yang terjadi di negara #Brunei - tempat di mana gay dilecehkan, dengan memboikot hotel-hotel Sultan Brunei," tulis pelantun "Rocket Man" itu melalui akun Twitter miliknya, Sabtu (30/3/2019).

Elton John juga menambahkan bahwa kaum LGBT juga perlu diperlakukan dengan penuh hormat dan bermartabat.

 

4 dari 5 halaman

Ellen Degeneres

Pembawa acara ngetop Ellen DeGeneres ikut menyuarakan aksi protesnya dengan mengajak para followers di Instagram untuk memboikot sembilan hotel milik Sultan Hassanal Bolkiah tersebut. Ia juga mencatumkan daftar nama hotel yang harus diboikot di aksi itu.

"Besok, Brunei akan memberlakukan hukuman mati bagi para kaum gay. Kita harus berbuat sesuatu sekarang. Please boikot hotel-hotel yang dimiliki oleh Sultan Brunei," tulis Ellen, seperti dilansir dari akun Instagram-nya beberapa waktu lalu.

 

5 dari 5 halaman

Sam Smith

Mengikuti aksi Ellen, penyanyi bersuara merdu Sam Smith juga mengajak followers di Instagram untuk memboikot hotel milik Sultan Brunei. Ia berharap tidak ada yang memutuskan untuk menginap lagi di sana.

"Berita yang sangat mengerikan soal Brunei. Please jangan menginap lagi di hotel ini. Please," tulisnya.

 

Sumber: Kapanlagi.com/ Tyssa Madelina

Loading
Artikel Selanjutnya
9 Hotel Mewah Sultan Brunei Diboikot George Clooney, Kecam Hukuman Rajam untuk Gay
Artikel Selanjutnya
Setelah George Clooney, Kini Elton John Serukan Boikot Hotel Mewah Milik Brunei