Sukses

Perjuangan 6 Seleb Indonesia Lawan Kanker, Tak Kenal Kata Menyerah

Kisah perjuangan mereka melawan penyakit kanker patut diapresiasi dan dijadikan penyemangat untuk yang lainnya.

Liputan6.com, Jakarta Hari Kanker Sedunia ditetapkan pada tanggal 4 Februari. Jejak penyakit kanker di Indonesia hingga saat ini masih sangat tinggi alias mengalami peningkatan.

Mendapat predikat dengan penderita kanker tertinggi dalam urutan 8 di Asia Tenggara dan urutan ke 23 di Asia, Indonesia pun berusaha untuk melakukan pencegahan dan pengendalian. Khususnya terhadap kanker payudara dan leher rahim yang merupakan kanker terbanyak di Indonesia.

Pemerintah telah melakukan berbagai upaya seperti deteksi dini kanker payudara dan kanker leher rahim pada perempuan usia 30 – 50 tahun dengan menggunakan metode Pemeriksaan Payudara Klinis (SADANIS) untuk payudara dan Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) untuk leher rahim.

Nah, di Indonesia sendiri rupanya terdapat beberapa selebriti yang pernah berjuang untuk melawan penyakit kanker dan berhasil sembuh.

Tak hanya kanker payudara dan serviks, ada beberapa kanker lainnya yang pernah pernah mereka alami. Berikut Liputan6.com, Senin (4/2/2019) rangkum dari berbagai sumber beberapa selebriti yang pernah berjuang melawan kanker dan berhasil sembuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Wanita-wanita tangguh yang melawan kanker

1. Andien Aisyah

Saat duduk di bangku SMA, pemilik nama lengkap Andini Aisyah Hariadi ini pernah divonis dokter mengidap kanker payudara. Sempat merasa jatuh dengan kenyataan tersebut, ibu satu anak ini bangkit dan mengikuti sarangkaian prosedur pengobatan sembari melakukan pola hidup sehat. Perjuangan pelantun lagu Gemilang ini tak kenal lelah akhirnya terbayar, Andien pun dinyatakan sembuh.

2. Titiek Puspa

Penyanyi senior ini juga memiliki cerita tentang perjuangannya melawan penyakit kanker. Pada tahun 2009, dirinya pernah divonis mengidap kanker leher rahim atau kanker serviks. Namun dirinya nggak mau berlarut dalam kesedihan, Titiek pun bangkit dan menjalani serangkaian pengobatan. Karena semangatnya untuk sembuh, doa, dan usaha, pelantun lagu Gang Kelinci ini akhirnya dinyatakan sembuh dari kankernya.

3. Rima Melati

Aktris senior ini juga pernah melawan kanker payudaranya. Saat usianya 45 tahun, dirinya didiagnosis menderita kanker payudara stadium 3B. Saat memeriksakan diri ke dokter, Rima diberitahu jika operasi pengangkatan payudara sebelah menjadi satu-satunya jalan yang harus ditempuh.

Namun sang suami mengajaknya untuk melakukan pengobatan ke salah satu rumah sakit di Rotterdam, Belanda. Di sana dirinya menjalani puluhan kali kemoterapi, dan akhirnya setelah berjuang beberapa tahun dirinya dinyatakan sembuh tanpa perlu melakukan mastektomi. Di usianya yang menginjak 79 tahun ini, dirinya dinyatakan sembuh dan mulai menerapkan gaya hidup sehat.

4. Ria Irawan

 

Pada tahun 2009, Ria Irawan pernah divonis mengidap kanker kelenjar getah bening. Sempat dinyatakan sembuh dari penyakitnya, namun setelah 19 bulan, kanker tersebut justru datang lagi di dalam tubuh Ria.

Sejak saat itu, dirinya terus berjuang menjalani serangkaian pengobatan, termausk kemoterapi. Setelah berjuang tak kenal lelah, pada Januari 2017 lalu, dirinya dinyatakan sembuh dari kanker yang dideritanya.

3 dari 3 halaman

Tak Kenal Menyerah

5. Epy Kusnandar

 

Epy Kusnandar juga memiliki ceritanya tentang melawan kanker. Dirinya pernah divonis mengidap kanker yang menyerang otaknya. Dirinya pun tak pantang menyerah untuk menjalani serangkaian pengobatan dan akhirnya dirinya dinyatakan sembuh total dari penyakit kankernya tersebut.

6. Aldi Taher

Pada tahun 2016 lalu, Aldi Taher divonis menderita kanker kelenjar getah bening stadium dua. Sejak saat itu, dirinya turut menjalani kemoterapi yang membuat dirinya vakum dari dunia hiburan.

Perjuangannya selama hampir satu tahun akhirnya terbayar, setelah menjalani operasi. Meskipun sudah sembuh, namun dirinya perlu mengikuti saran dokter untuk banyak mengonsumsi makanan sehat.

Itu tadi beberapa seleb tanah air yang pernah mengidap penyakit kanker. Semangat mereka untuk ingin sembuh perlu Anda tiru. Jangan patah semangat untuk melawan penyakit kanker.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.