Sukses

Konser Ed Sheeran di Jakarta Akan Digelar, Ini 5 Info Penting Sebelum Nonton

Liputan6.com, Jakarta Ed Sheeran dipastikan menginjakkan kaki di Jakarta. Kedatangannya sekaligus untuk menggelar konser bertajuk Ed Sheeran Divide World Tour 2019 Jakarta yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta pada 3 Mei 2019 mendatang. 

Konser Ed Sheeran kali ini dipersembahkan oleh PK Entertaiment, AEG Presents dan Sound Rhythm. Mereka sebelumnya telah berkolaborasi di beberapa event termasuk konser sang diva Celine Dion Juli lalu.

Ini akan jadi momen berkesan bagi Ed Sheeran dan fans yang sudah cukup lama menanti untuk saling bertemu. 

Buat kalian yang excited menyaksikan Ed Sheeran Divide World Tour 2019, ada beberapa hal yang perlu banget diketahui. Simak satu per satu di bawah ini.

2 dari 7 halaman

1. Tiket Dijual Mulai 5 Desember 2018

Salah satu hal yang menarik mengenai harga tiket konser Ed Sheeran di Jakarta adalah tarifnya yang cukup beragam. Penjualan tiket baru akan dibuka pada 5 Desember 2018 pada pukul 13.00. Fans pun bersiap untuk memburu tiket konser Ed Sheeran di Jakarta nanti. 

Seperti yang sudah diberitakan, seatplan konser Ed Sheeran di Jakarta terdiri dari 6 kategori. Semua kelas menggunakan seated number, tanpa ada penonton yang berdiri. Sistem penjualan tiket juga diperketat untuk menghindari pihak yang tidak bertanggung jawab. Setiap pembelian harus menggunakan tanda pengenal berupa KTP atau SIM, dan satu ID hanya bisa membeli maksimal 4 tiket konser Ed Sheeran di Jakarta.

Jika membeli lebih dari 1 tiket, maka pemegang tiket lain harus masuk bersamaan dengan sang pembeli (sesuai tanda pengenal). Hal ini juga dimaksudkan untuk memperlancar flow open gate hingga acara konser Ed Sheeran di Jakarta dimulai. 

Berikut harga tiket selengkapnya yang bisa dibeli di website resmi Ed Sheeran Jakarta, Loket.com atau Tokopedia. Ingat, pembelian bisa dilakukan mulai 5 Desember 2018 pukul 13.00 WIB.

Daftar harga tiket konser Ed Sheeran Divide World Tour Jakarta

Kategori 6: Rp 550.000

Kategori 5: Rp 850.000

Kategori 4: Rp 1.250.000

Kategori 3: Rp 1.300.000

Kategori 2: Rp 2.100.000

Kategori 1: Rp 2.600.000

 

*Harga belum termasuk pajak dan biaya administrasi.

3 dari 7 halaman

2. Konser Ed Sheeran di Jakarta Berlokasi di GBK

Venue megah Gelora Bung Karno akan menampung sekitar 45 ribu penonton dari 6 kategori berbeda. Namun menariknya seluruh kategori merupakan seated number, atau no standing festival di konser Ed Sheeran di Jakarta ini.

Terkait hal ini, Peter Harjani mewakili PK Entertainment mengungkap konsiderasinya. "Pertama karena keamanan pastinya, kita ingin semua bisa menikmati konsernya dengan aman dan tertib. Kita juga ingin membuat standard baru untuk konser-konser mendatang, masa negara lain bisa kita nggak," ungkapnya.

4 dari 7 halaman

3. Tata Panggung yang Megah

Promotor menjanjikan experience konser Ed Sheeran di Jakarta  ini megah dan seru dalam show Ed Sheeran nanti. Dari segi produksi maupun tata panggung telah dibuat standard seperti negara-negara lainnya.

"Kami ingin memenuhi semua kebutuhan dari management, terutama produksi. Tadi di video teaser bisa dilihat kurang lebih seperti itu tata panggungnya," uajr Peter.

5 dari 7 halaman

4. Bawakan 18 Lagu

Untuk memberi experience yang sama, Ed Sheeran menerapkan setlist dan durasi manggung yang serupa. Dalam konser Ed Sheeran di Jakarta nanti musisi berbakat ini akan membawakan kurang lebih 16 hingga 18 lagu, dengan seluruh hits andalan dari album-albumnya. Kurang lebih durasinya akan berlangsung 1,5 jam untuk performance Ed Sheeran sendiri.

6 dari 7 halaman

5. Maksimal 4 Tiket

Sistem baru juga diterapkan dalam ticketing konser Ed Sheeran di Jakarta kali ini. Setiap pembelian harus menggunakan tanda pengenal (KTP, SIM dsb). Dan satu ID hanya bisa membeli maksimal 4 tiket dalam kategori yang sama. Selain itu pembeli yang tercantum ID-nya harus masuk gate bersama pemegang tiket atas namanya secara bersamaan.

"Kami berharap sistem ini membuat flow di venue jadi lebih smooth, sekaligus mengurangi penjualan tiket dari pihak ketiga. Ed Sheeran dan management juga cukup concern dengan hal ini," kata Ario Dimas selaku VP Marketing dari Loket.

7 dari 7 halaman

Cara Promotor Cegah Tiket Konser Ed Sheeran di Jakarta Sampai ke Calo

PK Entertainment, selaku promotor konser Ed Sheeran di Jakarta, memberlakukan aturan ketat bagi setiap penonton yang ingin mendapatkan tiket konser pelantun lagu "Castle On The Hill".

Promotor ingin penggemar Ed Sheeran di Indonesia bisa menyaksikan aksi idola mereka beraksi di atas panggung tanpa harus mengalami kendala dalam pembelian tiket.

Termasuk, mengamankan tiket konser Ed Sheeran di Jakarta dari tangan calo. "Sistem pembelian menggunakan data diri seperti KTP atau kartu pelajar. Satu identitas hanya bisa untuk membeli empat tiket," jelas Mohamad Ario Adimas selaku perwakilan dari Loket.com, dalam jumpa pers di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (28/11/2018).

"Setelah membeli akan mendapatkan ID, e-ticket dan nomor kursi. Tidak ada redemptions ke tiket fisik. Jadi begitu datang ke lokasi langsung konfirmasi e-ticket," dia menyambung. 

Skema penjualan tiket dengan menghindari calo rupanya sudah diterapkan Ed Sheeran dalam konser-konsernya. PK Entertainment selaku promotor pun coba menerapkan di Indonesia. 

"Untuk mekanisme pencegahan penjualan tiket dari pihak ketiga berlaku di semua tur dia secara global. Jadi kita memang harus adaptasi dan dukung. Karena itu adalah sesuatu yang sebenernya perlu dilakukan. Fans kan pasti inginnya punya kesempatan untuk beli langsung dari situs resmi, bukan dari calo yang stand by di depan pintu," jelas Harry Sudarma selaku marketing director PK Entertainment di tempat yang sama.

Tiket konser Ed Sheeran akan dijual dalam enam kategori harga mulai dari 550 ribu sampai 2,6 juta. Dari semua kategori dipastikan tidak ada penonton berdiri karena semua bakal mendapat tempat duduk. 

"Kita nggak mau ada penonton yang dorong-dorongan lalu ribut. Mereka akan menunggu dari siang, pasti capek, dan nggak nyaman jika berdiri. Makanya kita mau buat standar baru menonton konser di Indonesia. Jadi semua penonton bisa duduk nyaman dan dapat nomor kursi dari sejak tiket dibeli," pungkas Peter Harjani selaku CEO PK Entertainment.