Sukses

Jaga Keamanan Rumah, Tips Mudik Ala Jenita Janet

Keamanan rumah yang ditinggalkan menjadi salah satu hal penting saat mudik. Apa saran Jenita Janet?

Liputan6.com, Jakarta Jenita Janet punya tips khusus untuk para penggemar yang ingin mudik ke kampung halaman. Mengingat, Hari Raya Idul Fitri sudah tinggal menghitung hari.

Menurut Jenita Janet, memastikan keamanan hunian rumah adalah hal terpenting bagi pemudik. Jangan sampai mengorbankan harta benda di rumah demi bersilahturahmi dengan orang terdekat di kampung halaman.

"Sebenarnya satu adalah jaga keamanan rumah dulu sebelum kita berangkat. Jaga diri kita, kita jaga keamanan rumah, kompor, kunci-kunci, jendela, itu penting banget," ujar Jenita Janet saat ditemui di Jalan Kapten Tendean, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Jumat (8/6/2018).

Pemeriksaan berulang sebelum berangkat, kata Jenita Janet juga hal yang penting dilakukan. Keberadaan CCTV di hunian rumah pun menjadi nilai tambah pencegahan pencurian atau perampokan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kebobolan

"Jangan sampai silahturahmi ke rumah orang, rumah kita kebobolan disilahturahmiin maling kan enggak lucu. Jadi benar-benar kita harus save, harus siap untuk rumah kita sendiri, kompor, listrik dicek lagi, dicabutin semua. Aku juga di rumah ada CCTV kan," sambung Jenita Janet.

3 dari 4 halaman

Pengalaman Buruk

Untungnya, Jenita Janet tak punya pengalaman buruk soal keamanan kediamannya. Selain memastikan keamanan rumah sendiri, Jenita Janet juga menyarankan untuk menitipkan hunian ke satpam atau tetangga.

4 dari 4 halaman

Niat Buruk

"Alhamdulillah enggak sih (kemalingan), karena keamanan di sana juga bagus di perumahan aku. Dan kita memang enggak tahu namanya niat buruk, kapan saja. Jadi harus prepare di-safety dulu deh, kita nitip ke satpam di situ," kata Jenita Janet.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.