Sukses

Karena Ibu, Yuki Kato Pilih Jadi Warga Negara Indonesia

Yuki Kato terlahir dari orangtua yang berbeda kewarganegaraan.

Liputan6.com, Jakarta - Yuki Kato terlahir dari keluarga yang berbeda kewarganegaraan. Ibunya, Twinawati adalah warga negara indonesia, sedangkan ayahnya Takeshi Kato merupakan warga negara Jepang.

Namun Yuki Kato harus memilih akan menjadi warga negara Indonesia atau Jepang. Terlebih kini usianya sudah 23 tahun, dan sudah harus menentukan pilihannya.

Ternyata Yuki Kato memilih menjadi warga negara Indonesia.

"Aku pilih bahasa ibu, Indonesia. Aku mengikuti kewarganegaraan ibu," ujar Yuki Kato di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Sabtu (21/4/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keputusan Sulit

Tak mudah buat Yuki Kato menentukan kewarganegaraan. Terlebih ia sangat menyukai dua budaya negara tersebut. Namun lantaran percaya kalau ibu adalah pemberi rejeki terbaik, ia akhirnya memilih warga negara Indonesia.

"Kan ada pepatah sayangilah ibumu, pasti rezeki lancar," kata Yuki Kato.

 

3 dari 4 halaman

Proses Panjang

Butuh waktu setahun bagi Yuki Kato untuk memikirkan masak-masak pilihannya. Ia sempat mengumpulkan keluarganya sampai akhirnya menentukan pilihan.

"Prosesnya panjang banget. Aku harus ngomong dulu ke keluarga papa dan mama," kata Yuki Kato.

 

4 dari 4 halaman

Ayah Mendukung

Beruntung, ayah Yuki Kato tidak mempermasalahkan pilihannya menjadi warga negara Indonesia. Sebab jika sudah pensiun nanti, Takeshi Kato yang selama ini menetap di Jepang akan memilih menghabiskan masa tuanya di Indonesia.

"Saat pensiun papa akan ke Indonesia. Sekarang belum bisa," kata Yuki Kato.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.