Sukses

Cerita Band Rafi D'Academy 4, Tampil di Penjara dan Pesantren

Liputan6.com, Cirebon - Reggae adalah salah satu aliran musik yang digemari anak muda Cirebon, Jawa Barat. Meski keberadaannya kadang menjadi kontroversi bagi sebagian masyarakat di Kota Udang ini, tapi tidak sedikit grup musik reggae yang memiliki ideologi positif untuk terus bergerak lewat lagu.

Salah satunya adalah grup musik Rumput Laut, yang salah satu personilnya adalah Rafi, jebolan D'Academy 4 Indosiar.

 

Grup band Rumput Laut terdiri dari Afan sebagai vokalis, Ncit dan Cecep yang memegang gitar, bassist Hafis, drumer Jibeg, perkusi Oji, serta Rafi pada keyboard. Grup band ini fokus pada gerakan sosial kemasyarakatan.

Mereka memperkenalkan diri lewat album keduanya di kalangan masyarakat menengah ke bawah, mulai dari penjara hingga pesantren yang ada di Pantura Jawa Barat.

"Beberapa hari lalu kami soft launching album kedua di Rutan Pelabuhan Cirebon," kata Basis Rumput Laut Band Hafis usai soft launching album kedua di Rumah Aman Wadah Kreatifitas Rumah Perlindungan Anak (Wedkraf) Cirebon, Sabtu (17/12/2017) malam.

 

 

1 dari 2 halaman

Berbagi Kebaikan

Pada album kedua yang berjudul Kita Bersaudara ini, Rumput Laut fokus memberi edukasi dan motivasi kepada generasi penerus bangsa. Selain memotivasi, album tersebut juga bagian dari upaya mereka menepis kesan negatif terhadap musisi reggae. Dia mengatakan, dalam perjalanan promosi ini, banyak pelajaran yang dipetik dan menjadi inspirasi para personel.

Vokalis Rumput Laut Band, Afnan, mengaku bahwa selain promo, band asal Cirebon ini juga menggelar donasi. Donasi yang digelar tersebut hasil dari promo keliling mereka ke sekolah maupun instansi lainnya.

 "Di sekolah kita juga ajak siswa donasi, ada yang kasih buku, baju bahkan uang kami terima lalu kami kasih ke anak-anak yang membutuhkan bahkan ke narapidana," kata dia.

Dia menjelaskan, di album kedua ini, lagu-lagu Rumput Laut Band banyak memberikan pesan moral. Lewat single berjudul "Kita Bersaudara", Rumput Laut mengajak masyarakat untuk selalu bergandengan tangan, tidak terpecah belah dan berbagi keceriaan bersama.

"Sampai nanti grand launching Februari tahun depan akan ada kejutan lagi," ujar dia. (Panji Prayitno)

Artikel Selanjutnya
Berkolaborasi dengan Kahitna, Alumni dan Siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta Gelar Konser Amal
Artikel Selanjutnya
Powerslaves Lebih Kekinian dengan Terus Melangkah