Sukses

Sempat Terhalang Tampil di Negara Sendiri, JYJ Makin Bersinar

Liputan6.com, Jakarta Junsu, Yoochun dan Jaejoong tergabung dalam JYJ yang merupakan pecahan dari TVXQ--yang kini hanya tersisa dua personel yaitu Changmin dan Yunho--asuhan SM Entertainment. Jeajoong, Yoochun dan Junsu memisahkan diri dari kelompok yang membesarkan nama mereka, TVXQ pada 2010 silam.

Perpecahan itu ternyata membuat perseteruan antara SM Entertainment dengan JYJ. Bahkan, JYJ sempat disabotase atau dipersulit saat harus tampil di publik. SM Entertainment dengan pengaruhnya berbicara dengan Persatuan Budaya Pop dan Industri Musik Korea untuk menyabotase JYJ untuk tampil di televisi. SM Entertainment bahkan meminta Warner Music Korea untuk menghentikan distribusi album perdana JYJ.

Selain itu, JYJ juga mengalami kendala tampil di televisi Korea. Dengan berbagai alasan, JYJ jarang mendapatkan undangan, baik variety show atau acara musik.

 JYJ (Naver)

Namun jalan tak mulus yang dilalui JYJ ternyata berbuah manis. Setiap personel JYJ merilis karya baru atau terlibat dalam sebuah proyek, kesuksesan selalu menghampiri.

Bahkan, Jaejoong, Yoochun, dan Junsu berhasil mendapatkan penghargaan bergengsi dari pemerintah dalam 2015 Korean Popular Culture and Arts Award. Acara berlangsung 29 Oktober 2015 mengukuhkan JYJ dengan piala yang diserahkan untuk kategori Prime Minister’s Commendation (Pujian dari Perdana Menteri), diwartakan The Korea Herald.

Eksistensi JYJ di dunia hiburan dengan kegiatannya yang dilakukan di luar negaranya, Korea Selatan dianggap menguntungkan untuk menyebarkan virus hallyu. Saat menerima penghargaan, Jaejoong dan Junsu masih tercatat sebagai tentara aktif wajib militer. Lalu, apa alasan JYJ bisa tetap bersinar?

JYJ (Pinterest)

Penggemar JYJ pun memberikan berbagai alasan beragam mengenai keberhasilan idola mereka dalam sebuah forum, diwartakan 인스티즈, Selasa (21/3/2017). Salah satunya, menyebutkan dukungan dan cinta yang besar dari fans, serta hubungan yang kuat di antara personel JYJ.

"Memang benar, JYJ tak bisa tampil di acara televisi selama beberapa tahun. JYJ jadi terlihat semakin berharga di mata kami. Alasannya, kami makin sulit menyaksikan penampilan mereka. Akhirnya, setiap fanmeeting atau konser JYJ, kami akan langsung menyebutnya. Hubungan personel JYJ juga makin kuat. Kami terus memberikan dukungan kepada mereka. Sekarang, mereka justru makin sukses seolah tak ada yang bisa mengalahkan," tulis pengguna dengan nama misssasa8291.

Komentar senada berasal dari black feather, "setelah melihat apa yang terjadi dengan JYJ, fans justru makin setia. Fans pun makin haus dengan penampilan mereka, membuat JYJ dirindukan. Akhirnya, JYJ justru makin populer karena terus dibicarakan publik."