Sukses

Ada Musik Band Indonesia di Lagu Kanye West Ini

Kanye West mengambil lagu dari band rock Indonesia 70-an ini untuk dijadikan sample di lagu rapper A$AP Rocky.

Liputan6.com, Jakarta - Pada Mei 2015, rapper A$AP Rocky merilis album keduanya, AT.LONG.LAST.A$AP. Dalam album tersebut, A$AP Rocky menggandeng produser-produser top seperti Danger Mouse, Juicy J, Mark Ronson, Jeff Bhasker, dan Kanye West.

A$AP Rocky (Foto: DIY Mag)

Kanye West--dengan produser Che Pope--lantas menjadi produser dan turut menciptakan lagu "Jukebox Joints" yang ada di album tersebut. Uniknya lagu tersebut memuat sample lagu dari sebuah band Indonesia lawas Rasela.

Lagu Rasela yang diambil oleh Kanye West adalah "Doa Untuk Kekasih." Ditilik di laman album AT.LONG.LAST.A$AP di Wikipedia, tertulis di kredit lagu "Jukebox Joints" nama Dicky Sulaksono yang merupakan bassis dan vokalis Rasela.

Rasela adalah band rock progresif asal Jakarta di era 70-an. Formasi band saat itu beranggotakan Dicky Sulaksono, Jessy K.S., Edditya, Yeddy K, dan Nadjib Oesman.

Rasela, Band rock 70-an asal Jakarta

Nama Rasela sendiri diambil dari nama Jalan Rajawali Selatan yang merupakan tempat tinggal mereka. Awalnya mereka adalah sebuah grup vokal sebelum akhirnya mengubah format menjadi band. Mereka telah merilis tiga album di dekade 70-an.

Rasela juga pernah menyumbangkan lagu berjudul "Pemain Bola" di dalam album kompilasi Those Shocking Shaking Days: Indonesian Hard, Psychedelic, Progressive Rock And Funk 1970 - 1978 yang dirilis oleh label asal Amerika Serikat, Now-Again Records, pada 2011.

Namun masih misteri bagaimana Kanye West dan produser Che Pope bisa menemukan lagu dari Rasela tersebut.

Kanye West

Media musik Stereogum sendiri menyebut lagu "Doa Untuk Kekasih" sebagai lagu yang seram dan memabukkan sekaligus terdengar seperti harta karun musik soul yang hilang dari katalog label rekaman Numero Group yang dirilis tahun 1973.

Selain lagu "Doa Untuk Kekasih", lagu "Jukebox Joints" juga memuat sample dari lagu soul klasik "Much Better Off" dari Smokey Robinson and The Miracles serta "Who Cares" dari Tony Aiken & Future 2000.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.