Sukses

Lagu-lagu Soal Bulan November Ini Tak Selalu Galau

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang bilang, November adalah bulan terbaik sepanjang tahun. Mungkin karena di dunia barat sana, November adalah bulan menyambut musim gugur dan masa liburan.

Di Indonesia, bulan November juga tak kalah sendunya. Musim hujan yang mengiringi, membuat bulan--yang katanya romantis ini--jadi lebih bisa dinikmati dengan santai dibanding sebelumnya.

Untuk menemani hari-hari Anda di bawah siraman hujan, Liputan6.com sudah memilih lima lagu dengan kata November di judulnya.

Tenang, tak semuanya sedih dan membuat galau, beberapa lagu di bawah ini juga bisa membantu meningkatkan suasana hati.

2 dari 6 halaman

1. Gone Till November - Wyclef Jean

"Gone Till November" adalah single ketiga dari album debut Wyclef Jean, The Carnival. Wyclef Jean adalah rapper berusia 47 tahun dari Haiti. Di debut tahun 1997, "Gone Till November" mencapai posisi #3 di UK Single Charts, dan bertahan selama 9 minggu. Di AS sendiri, lagu ini berhasil mencapai urutan ke #7, di Billboard Hot 100.

Videoklip lagu ini dibuat di Los Angeles Internasional Airport, dan di dalamnya ada Bob Dylan yang muncul sebagai kameo. Dan tak tanggung-tanggung, musik orkestra pengiring lagu ini dimainkan langsung oleh New York Philharmonic Orchestra yang bergengsi.

Sebagian liriknya: Every time I make a run, girl, you turn around and cry
I ask myself why, oh why
See, you must understand, I can't work a 9 to 5
So I'll be gone 'til November

3 dari 6 halaman

2. November Has Come - Gorillaz

"November Has Come" adalah salah satu lagu dalam album kedua band virtual asal Inggris, Gorillaz, yang berjudul Demon Days. Band yang dimotori oleh mantan vokalis Blur, Damon Albarn ini, terkenal dengan karakter animasi mereka.

Dirilis tahun 2005, Demon Days berhasil menduduki peringkat #1 di tangga lagu Inggris, dan peringkat #6 di tangga lagu AS. Untuk lagu "November Has Come" ini, Gorillaz mengajak musisi asal Inggris, Metal Face Doom alias MF DOOM. Doom dikenal dengan persona-nya yang seperti penjahat super, dan lirik-lirinya yang unik.

"November Has Come" memiliki alunan elektronik yang santai namun tak membuat malas, cocok untuk Anda dengarkan di perjalanan menuju tempat kerja.

Sebagian liriknya: Something's starting today
Where did he go? why you wanted to be?
Well you know, november has come
When it's gone away..

4 dari 6 halaman

3. November 18th - Drake

Untuk penggemar hip hop dan RnB, lagu dari Drizzy ini tak boleh Anda lewatkan. Berasal dari mixtape 2009-nya, So Far Gone, November 18th selalu berhasil jadi topik terpopuler di media sosial setiap, yup, tanggal 18 November datang.

Melalui lagu ini, mantan kekasih Rihanna tersebut memberi penghormatan pada kekayaan musik kota Houston, Texas, dengan cara mengikuti gaya freestyle klasik DJ Screw (yang disebutkan dalam liriknya) dari lagu "June 27".

Walaupun tidak pernah dirilis sebagai single, penghormatan Drake untuk Houston ini berbagi mixtape dengan beberapa hit awalnya, seperti "I'm Goin' In," "Successful," dan "Best I Ever Had."

Sebagian liriknya: We're in Houston
Takin everything slow
So slow, so slow,
But I do it to her

5 dari 6 halaman

4. November Spawned a Monster - Morrissey

Single yang dirilis tahun 1990 ini ditulis oleh Morrissey dan Clive Langer, sekaligus menampilkan mantan rekan Morrissey dari band-nya The Smiths, Andy Rourke. Lagu yang muncul dalam album kompilasinya ini, Bona Drag, adalah kesukaan pribadi sang penyanyi, dan sering dibawakannya secara langsung.

Membahas isu tentang kecacatan, lagu ini penuh dengan ambigu. Menggunakan kata-kata seperti "monsters" dan "twisted" Morrissey menciptakan campuran aneh dari rasa jijik, simpati, dan komedi satir, yang semua digunakannya untuk mencerahkan sekaligus menggugah pendengarnya.

Lagu pop-alternative dengan gaya yang sangat khas Morrissey ini pantas Anda dengarkan di sore hari, sambil menyeruput kopi/teh, beristirahat sejenak dari kepenatan pekerjaan.

Sebagian liriknya: And if the lights were out
could you even bear
to kiss her full on the mouth (or anywhere?)
poor twisted child, so ugly, so ugly
poor twisted child, oh hug me, oh hug me
one November spawned a monster

6 dari 6 halaman

5. November Rain - Gun 'n Roses

SIapa yang tidak kenal lagu ini? Lagu power ballad dari band hard rock AS ini rasanya pantas dinobatkan sebagai salah satu lagu paling galau. Mungkin ada baiknya Anda tidak mendengarkan lagu ciptaan Axl Rose ini di tengah-tengah jam kerja.

Dirilis tahun 1992, "November Rain" berasal dari album ketiga Guns N' Roses, Use Your Illussion. Sampai saat ini, videoklipnya masih menjadi salah satu videoklip dengan biaya termahal, menghabiskan sampai 1 juta dolar. Di dalam videoklip tersebut, diceritakan Axl menikahi kekasihnya saat itu, supermodel Stephanie Seymour.

"November Rain" dibuat berdasarkan cerita pendek berjudul Without You karya Del James. Cerpen itu bercerita tentang seorang rock star yang berduka karena kekasih putus-sambungnya bunuh diri.

Kabarnya, Axl Rose sudah mulai mengerjakan lagu ini dari tahun 1983. Berdurasi sekitar 9 menit, "November Rain" adalah lagu terpanjang yang pernah berada di Top 10 Billboard Hot 100.

Sebagian liriknya: 'Cause nothin' lasts forever
And we both know hearts can change
And it's hard to hold a candle
In the cold November rain