Sukses

Lagu Glenn Fredly Jadi Awal Film Surat dari Praha

Sutradara Angga Dwimas Sasongko, menyebut kalau lagu-lagu penyanyi berdarah Ambon itu yang menjadi benang merah film 'Surat Dari Praha'.

Liputan6.com, Jakarta Lahirnya film Surat dari Praha yang dibesut rumah produksi Visinema Pictures tak cuma berasal dari riset panjang mengenai situasi politik di tahun 1965 dan zaman Orde Baru.

Cerita tersebut juga lahir dari lagu-lagu ciptaan Glenn Fredly. Sutradara Angga Dwimas Sasongko, menyebut kalau lagu-lagu penyanyi berdarah Ambon itu yang menjadi benang merah film Surat dari Praha.

Glenn Fredly [Foto: Reza Kuncoro/Liputan6.com]

"Di tahun 2011 Glenn sempat kasih dengar lagu Menanti Arah. Lagu itu belum direkam, tapi sudah dikasih ke saya dan saya lihat Glenn yang lain di sini," ucap Angga Dwimas Sasongko, sutradara film Surat dari Praha saat ditemui di XXI Epicentrum Walk, Jakarta Selatan, Senin (25/1/2016).

Lagu tersebut, menurut dia, berisi pesan sosial dan gambaran situasi politik yang tak menentu di Indonesia. Ditambah lagi, dua lagu yang disebut Angga Dwimas Sasongko sebagai cerminan film yang dibintangi Tio Pakusadewo dana Julie Estelle itu.

"Nyali Terakhir dan Sabda Rindu juga saya pilih karena menggambarkan cerita Surat dari Praha. Dua lagu itu kena banget dengan ide cerita film yang kita buat," katanya.

Glenn Fredly [Foto: Reza Kuncoro/Liputan6.com]

Sementara itu, Glenn Fredly menyebut lagu-lagunya yang dipakai sebagai ide cerita film yang mengambil lokasi syuting di Praha, Cekoslowakia, tersebut bagian dari tujuannya bermusik.

"Di film, saya punya kesempatan untuk mengeluarkan ide. Sementara pondasinya adalah musik. Jadi dua medium itu cara saya mengeluarkan isi gagasan saya," tutup dia.(Gie/Adt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini