Sukses

Serenade, Album Persembahan Ebiet G. Ade untuk Istri Tercinta

Liputan6.com, Jakarta Usia senja tak mengurangi Ebiet G. Ade untuk terus berkarya. Baru-baru ini, penyanyi era 80-an itu menelurkan album baru. Album yang diberi tajuk Serenade itu terasa istimewa. Pasalnya, ia baru meluncurkannya tepat di usia ke-61 tahun.

Berisikan sembilan buah lagu, album Serenade bukan hal baru bagi Ebiet. Beberapa lagu yang dicantumkan berasal dari lagu-lagu persembahan Ebiet kepada sang istri tercinta ketika dulu. Ada juga lagu yang baru dibuat pada akhir tahun lalu.

Konser 3 Generasi, Rossa dan Ebiet G. dan Jevin Julian

"Walau sudah keren (tua) seperti ini, baru saja saya bikin album judulnya Serenade. Isinya lagu baru yang belum pernah dimasukkan ke album lama. Tapi ada yang saya bikin tahun 1979, 1980-an, dan 2014," kata Ebiet G. Ade di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (1/12/2015).

"Bagi saya album itu saya persembahan untuk istri saya. Dulu saya banyak lagu yang saya dedikasikan konsepnya untuk istri. Tapi belakangan istri dan anak ingin dibuat album untuk masyarakat. Dan akhirnya jadi album Serenade," tambah pelantun Aku Ingin Pulang ini.

Namun, akibat merosotnya distribusi industri musik Tanah Air, membuat Ebiet merilisnya secara indie. Ia hanya menjual ke kalangan komunitas musik yang masih setia menanti karya-karyanya.

Ebiet G. Ade

"Albumnya bisa diperoleh di komunitas, karena saya bingung sekarang ini mau dipasarkan di mana. Dan sekarang CD bukan benda yang bisa mudah didapat masyarakat," ucap penyanyi bersuara khas lirih tersebut.

"Justru satu-satunya yang berpeluang lebih besar (diterima) memasyarakatkan itu di komunitas," lanjut Ebiet.

Ketika ditanya mengenai target dibuatnya album tersebut, Ebiet pun menjawab, "Karena itu wujudnya persembahan, targetnya membuat semua orang yang dipersembahkan dan mendengarnya senang saja. Kalau ada lebihnya itu hanya bonus." (Ras/fei)

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS