Sukses

Artis-artis Berdarah Pahlawan, dari Soekarno Sampai Diponegoro

Liputan6.com, Jakarta Tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan. Siapa yang tak bangga jika di antara kita memiliki keturunan atau darah dari seorang pahlawan yang berjuang melawan penjajah untuk merebut kemerdekaan.

Di antara para keturunan pahlawan itu terdapat beberapa di antaranya adalah artis-artis Tanah Air. Memang, sebagian di antara mereka tidak sempat bertemu langsung dan hanya mendengarkan cerita-cerita. Namun kebanggan tetap terpatri di hati mereka.

Liputan6.com mencatat beberapa di antara artis-artis yang memiliki keturunan pahlawan. Berikut di antaranya.

 

2 dari 6 halaman

Al Ghazali

Artis penyanyi Maia Estianty memang diketahui sebagai keturunan pahlawan Nasional HOS Tjokroaminoto. Dan itu artinya, sang anak, Al Ghazali bisa dibilang sebagai juga keturunan sang pahlawan.

Silsilah Maia yang keturunan pahlawan Nasional ini pun bisa dilihat dari latar belakangnya. Garis keturunan tersebut didapat Maia dari ayahnya, Haryono Sigit, mantan Rektor ITS Surabaya. Siti Oetari, nenek Maia merupakan salah satu putri HOS Tjokroaminoto. Bahkan Oetari sempat menikah dengan Soekarno.

“Saya tahu keturunan HOS Tjokroaminoto dari ayah saya. Waktu SD, ayah cerita soal itu. Pasti bangga punya buyut pejuang,” kata Maia.

Menurut Maia, kakek buyutnya tak hanya menjadi guru dari para pejuang kemerdekaan Indonesia, tapi juga pendidikan akhlak ke keluarganya. Maia pun tertular meneruskan pendidikan tersebut pada ketiga anaknya, Al, El dan Dul.

“Beliau memberikan pendidikan akhlak bagi kita keluarganya. Saya pun mencontohkan kepada anak-anak saya Al, El dan Dul,” katanya.

 

3 dari 6 halaman

Ricky Harun

 

Aktor Ricky Harun bisa dibilang juga sebagai cucu Proklamator, Soekarno. Ricky pun mengaku bangga bisa mengetahui jika dirinya memiliki keturunan Soekarno.
Ricky mengaku, banyak mendapatkan pengetahuan dan ilmu dari sosok presiden pertama Republik Indonesia itu, diantaranya yang mulai ia terapkan adalah ilmu displin.

"Saya jadi lebih disiplin lagi. Soalnya saya dulu susah banget bangun pagi, ke lokasi syuting juga telat, ke sekolah waktu itu juga telat," ujar Ricky Harun.

“Tapi sekarang saya bisa bangun pagi dan usahakan untuk bisa disipilin. Apalagi sekarang saya sudah punya anak juga," sambungnya.

Putra kandung aktris Donna Harun ini menuturkan, walaupun dirinya tidak pernah bertemu langsung dengan sosok Soekarno, tapi ia banyak mendapatkan cerita dari ayah dan keluarganya.


4 dari 6 halaman

Dian Sastro

Artis cantik Dian Sastro juga keturunan seorang Pahlawan Nasional. Mendiang kakeknya, Profesor Sunario Sastrowardoyo merupakan pahlawan pergerakan Indonesia, pernah menjabat Menteri Luar Negeri dan Menteri Perdagangan, Dubes RI untuk Inggris dan mantan Rektor Undip.

“Memang beliau bukan kakek saya langsung. Eyang Sunario itu kakak dari kakek saya, Sumarsono Sastrowardoyo. Kalau Subagyo Sastrowardoyo yang penyair itu adik dari kakek saya,” ungkapnya.

Dian sendiri tidak begitu mengenal sosok Profesor Sunario. Karena ketika Profesor Sunario meninggal, Dian masih kecil. Dian mengenal sosok mendiang dari mamanya.

”Mama saya pernah bercerita tentang beliau. Katanya, beliau sering mengendong-gendong saya waktu masih balita,” kenangnya.

”Beliau meninggal ketika usianya sudah sangat sepuh. Karena itu saya kurang mengenal beliau. Saya tahu beliau salah satu tokoh yang berperan penting di masa-masa perjuangan dan awal negara ini berdiri. Itu cerita dari orangtua,” katanya.

 

5 dari 6 halaman

Karina Salim


Artis cantik Karina Salim merupakan cicit dari pahlawan Nasional, H. Agus Salim. Dirinya mengaku bangga memiliki darah keturunan seorang pahlawan. Ia juga menyampaikan banyak hal yang didapatkan saat mendengar cerita mengenai sosok mantan Menteri Luar Negeri pada zaman Presiden RI, Soekarno.

"Keluarga sering bilang, kalau beliau itu pintar sekali. Dia juga menguasai banyak banget bahasa dan dia belajar itu sendiri," ucap Karina.

Pemain film 'Mantan Terindah' ini mengaku, banyak sekali ilmu dan pelajaran yang bisa ia petik dari sosok H. Agus Salim, untuk bekal dirinya menjalani kehidupan pada zaman sekarang.

"Aku jadi paham makna pemimpin tanpa kenal pamrih, karena emang saat jadi pemimpin dia mau hidup melarat. Artinya dia tidak serta merta menggunakan fasilitas yang diberikan negara," katanya.


6 dari 6 halaman

Asri Welas

Siapa sangka jika artis Asri Welas ternyata memiliki garis keturunan dari Pangeran Diponegoro. Ia terhitung keturunan ke-7 dari pahlawan yang berjuluk Pangeran Goa Selarong itu.

”Kalau dihitung-hitung, aku keturunan ketujuh alias gantung siwur dari beliau. Sementara ibuku, Hj. Nurhayati, keturunan keenam atau udhek-udhek,” kata Asri Welas.

Asri mengaku terlambat mengetahui dirinya masih keturunan Pangeran Diponegoro. ”Aku tahunya too late ya, sekitar satu atau dua tahun ini. Nggak nyangka sekaligus bangga lah, karena tahu perjuangan kakek buyutku itu sangat mulia. Coba cek lagi di buku-buku sejarah bagaimana besarnya peran Pangeran Diponegoro dalam mengusir penjajah,” ucapnya senang.

Sebelumnya Asri hanya mengetahui bila memiliki banyak saudara di Wates, Jawa Tengah. Namun ia sendiri tak mengenal saudara-saudaranya itu. ”Dulu kakekku yang sering bilang begitu. Belakangan aku baru tahu kalau Wates itu banyak dihuni keturunan Pangeran Diponegoro,” ujarnya.