Sukses

Suyadi, Pak Raden dari Serial Si Unyil, Meninggal Dunia

Pemeran Pak Raden, Suyadi, lahir di Jember, Jawa Timur, 28 November 1932.

Liputan6.com, Jakarta Bagi generasi yang tumbuh dengan serial boneka si Unyil, Pak Raden adalah sosok legendaris. Kini datang kabar duka itu. Pemeran Pak Raden dalam serial kartun boneka Unyil, Suyadi, meninggal dunia dalam usia 82 tahun di Rumah Sakit Pelni, Petamburan, Jakarta Barat, Jumat (30/10/2015).

Kabar tersebut muncul dari pesan singkat yang disampaikan asisten Suyadi, Prasodja Chusnanto.

Meski berada di atas kursi roda, Pak Raden tetap memperlihatkan semangat kepada awak media, Jakarta, Minggu (2/11/2014). (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un telah wafat kakek kami tercinta, guru bangsa, legenda dongeng Indonesia, maestro sketsa Indonesia Dr Suyadi (Pak Raden), pada hari Jumat malam jam 22.20 WIB. Mohon dibukakan pintu maaf yang sebesar-besarnya," demikian bunyi pesan dari Prasodja.

Suyadi lahir di Jember, Jawa Timur, 28 November 1932. Nama Pak Raden terkenal berkat serial boneka si Unyil pada 1980-an. Pak Raden terkenal dengan kumisnya yang tebal dan mengenakan tongkat.

Dengan gaya khasnya Pak Raden berusaha menghibur anak-anak dengan boneka lucu pada Festival Dongeng Indonesia di Museum Nasional, Jakarta, Minggu (2/11/2014). (Liputan6.com/Miftahul Hayat)

Sebelum meninggal dunia, Pak Raden memang sudah mengalami berbagai gangguan kesehatan.

Ditemui pada 2013, Pak Raden tengah berjuang melawan penyakit persendian yang dialaminya. Meski harus menggunakan kursi roda saat beraktivitas, Pak Raden ia tetap memiliki semangat tinggi untuk berkarya. "Penyakitnya memang penyakit orang tua, tapi semangat Pak Raden tetap semangat anak muda," ujarnya kala itu. (Fei/Ade)**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini