Sukses

Cerita 5 Artis yang Mengaku Pernah Bertemu Nyi Roro Kidul

Liputan6.com, Jakarta Nyi Roro Kidul hadir sebagai legenda paling populer di Indonesia. Ia disebut sebagai penjaga pantai selatan Pulau Jawa.

Sosok Nyi Roro Kidul digambarkan sebagai perempuan cantik jelita yang mengenakan pakaian serba hijau. Ia juga digambarkan menaiki kereta kencana.

 

Oleh sebagian orang, kehadiran Nyi Roro Kidul sangat dipercaya. Termasuk oleh beberapa orang artis ini. Bahkan mereka mengaku pernah bertemu langsung dengan Nyi Roro Kidul.

Siapa saja artis yang pernah bertemu Nyi Roro Kidul, simak cerita dan penuturannya berikut ini.

2 dari 6 halaman

Roro Fitria

Bertemu dengan Nyi Roro Kidul membuat Roro Fitria senang. Pasalnya, sudah bertahun-tahun artis seksi ini, ingin bertemu dengan Nyi Roro Kidul yang disebut juga sebagai Ratu Pantai Selatan. "Saya sudah sering bertapa dan melakukan ritual kejawen lainnya, tapi tidak pernah bertemu. Baru kali ini Ibu Ratu (Nyi Roro Kidul) berkenan rawuh (hadir)," kata Roro Fitria.

Pertemuan Roro Fitria dengan Nyi Roro Kidul terjadi saat ia bertapa di Goa Penepen, Pantai Parangtritis, Bantul, Yogyakarta, pada Maret 2014. "Beliau rawuh saat saya memasuki hari ketiga tapa," jelas Roro.

Sebenarnya, suara Kereta Kencana yang disebut-sebut sebagai kendaraan Nyi Roro Kidul ini, sudah sering Roro Fitria dengar saat meditasi di rumahnya di Yogyakarta. Tapi baru kali ini Roro berjumpa dengan Nyi Roro Kidul. "Mungkin beliau melihat kesungguhan saya untuk berjumpa, makanya beliau berkenan untuk rawuh," ujar Roro Fitria senang.

Bertemu Nyi Roro Kidul tak membuat 5 artis ini takut.

"Beliau (Nyi Roro Kidul) rawuh (hadir) sesaat setelah saya bertapa sembari menghaturkan sesaji bunga setaman, dupa dan wewangian," jelas Roro Fitria.

Goa Penepen, tempat Roro Fitria bertapa termasuk medan yang cukup sulit di tempuh. "Tempatnya terjal, sehingga cukup sulit dijangkau. Di samping itu dalamnya sangat lembab dan berair, licin, gelap pekat dan tempat saya bertapa relatif sempit," ungkap Roro Fitria.

3 dari 6 halaman

Bopak Costello

Pengalaman komedian Bopak Castello terjadi saat dirinya mengalami mati suri. Saat itu dirinya bertemu Nyi Roro Kidul di tahun 1993. Sejak saat itu ia mengaku indra keenamnya terbuka, dan bisa melukis hantu.

"Sejak ketemu Nyi Roro Kidul, dari situ ya saya udah bisa ngeliat (makhluk gaib), ngobrol," katanya."Ada sisi lebih terang lagi ngeliat hal-hal yang sifatnya gaib. Indra keenam saya kebuka," tambahnya.

Bopak (liputan6.com/Panji Diksana)

Lebih anehnya lagi, sejak saat itu Bopak jadi punya kemampuan untuk melukis secara gaib. Ia mengaku bisa melukis berbagai wujud makhluk halus yang ada di sekitarnya.

"Kalau ngelukis bisa. Tapi saya bisa objek yang gaib itu baru sekarang. Kalau dulu ngelukisnya kan hanya imajinasi saja," katanya dengan mimik wajah serius. Hingga kini ia sudah membuat puluhan lukisan, dan tidak dikomersilkan.

4 dari 6 halaman

Fifie Buntaran

Saat berperan di film Dewi Ular (Titisan Nyi Blorong) pada 2013 silam, aktris seksi Fifie Buntaran mengaku pernah didatangi mahluk gaib menyerupai Nyi Roro Kidul melalui mimpinya. "Ada. Aku lagi tidur ada dia (Nyi Roro Kidul) menutupkan selimut tipis. Pas mau tidur ada kaki buaya di pundak aku, tapi nggak sakit sih," ungkap Fifie.

Karena merasa takut, Fifie pun langsung menghubungi guru spiritualnya guna menanyakan mimpi tersebut. "Aku langsung hubungi guru spiritual. Aku sih nggak sempat komunikasi dengan Nyi Roro Kidul, cuma kata guru aku itu diridhoi tandanya," jelasnya.

Namun tak dipungkiri, sejak kecil Fifie memang sering didatangi mahluk gaib saat sedang tidur. Tapi kata guru spiritualnya, mimpi tersebut tidak menimbulkan dampak berbahaya bagi kehidupan Fifie.

"Sebelum syuting aku sempat minta izin, melalui guru spiritual. Terus katanya Kanjeng Ratu merestui, katanya saya dilindungi. Deg-degan sih, cuma ya saya profesional saja," ungkap Fifie di screening film tersebut di Planet Hollywood, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (24/9/2013).

Setelah sang guru spiritual bilang kalau Nyi Roro Kidul memberikan restu, kepercayaan diri Fifie pun bertambah. Meski begitu, ia sempat merasakan keganjilan saat syuting di pantai.

Misalnya, perubahan cuaca yang tadinya panas lalu tiba-tiba mendung dan turun hujan. Belum lagi, kuda yang menarik kereta kencana Nyi Roro Kidul tiba-tiba tak mau jalan.


5 dari 6 halaman

Julia Perez

Kejadian yang dialami oleh artis Julia Perez bertemu dengan Nyi Roro Kidul adalah ketika dirinya menyambangi kamar 308 Hotel Inna Samudra Beach, Pelabuhan Ratu, Sukabumi yang dipercaya sebagai kamar Nyi Roro Kidul.

Di kamar itu, Jupe berdoa di depan lukisan Nyi Roro Kidul. Jupe terkejut ketika pada suatu saat melihat mata Sang Ratu Pantai Selatan itu berkedip kepadanya.

Julia Perez [Foto: Panji Diksana/Liputan6.com]

"Entah kenapa di situ tiba-tiba matanya berkedip. Jantung rasanya mau copot, mau berhenti berdetak pada saat itu," ujar Jupe. Meski takut, Jupe berusaha tetap tenang. Jupe melakukan ritual itu untuk menyandang gelar Titisan Suzanna.

"Tapi berusaha tenang saja. Pada intinya di dalam semua baik-baik saja," ucapnya.


6 dari 6 halaman

Chef Aiko

Berbeda dengan para selebriti lainnya, Chef Aiko justru sering melihat sosok Nyi Roro Kidul. Yang menarik adalah saat ia melihat Nyi Roro Kidul hadir di saat pawai Jokowi sesaat setelah terpilih sebagai Presiden RI periode 2014-2019.

Terpilihnya Jokowi-JK sebagai Presiden RI periode 2014-2019 ditandai dengan digelarnya pesta rakyat yang dihadiri ribuan masyarakat. Mereka pun mengiringi perjalanannya dari gedung MPR sampai istana negara.

Dalam iringan pawai tersebut, sosok tak kasat mata terlihat oleh beberapa orang, salah satunya Chef Aiko yang memiliki nama lengkap Aiko Sarwosri. Bahkan ia mengatakan sosok Prabu Siliwangi dan Ratu Pantai Selatan berada di antara kerumunan massa.

Aiko Sarwosri kini lebih sering muncul di acara musik seperti inBox dan D'Terong Show.

"Saya berharap semoga Jokowi memiliki wibawa yang sama seperti yang mengikutinya. Makhluk-makhluk dari kerajaan," kata Chef Aiko di kawasan Rawamangun, Jakarta, Rabu (22/10/2014).

Chef Aiko juga mengatakan bahwa banyaknya makhluk tak kasat mata tersebut saat pelantikan Jokowi-JK dikarenakan rasa keingintahuan sang makhluk ghaib.

"Makhluk gaib tersebut tertarik sama pemimpin baru Indonesia. Mereka ingin tahu ada apa sih ini ramai-ramai. Mungkin mereka hanya ingin menyaksikan saja," tandas Chef Aiko. (Rom/Ade)

Loading