Sukses

Film Surat dari Praha Glenn Fredly Mencontek Cerita Novel?

Film Surat dari Praha diduga mengambil cerita dari novel karangan Yusri Fajar.

Liputan6.com, Jakarta Usai sukses memproduseri film Cahaya Dari Timur: Beta Maluku dan Filosofi Kopi, kali ini Glenn Fredly kembali membuat sebuah film bertajuk Surat Dari Praha. Film yang digarap bersama Chicco Jerikho ini mengisahkan tentang orang yang dibuang di Praha.

Di tengah proses syuting, seorang penulis kumpulan cerpen, Yusri Fajar mengaku terkejut dengan rencana Glenn membuat film tersebut. Pasalnya, dalam sebuah kumpulan cerpen miliknya terdapat sebuah kisah yang sama dengan film yang digarap Glenn. Tak hanya itu, isi cerpen tersebut pun ada kemiripan, yakni tentang seseorang yang dibuang dan terasingkan.

Glenn Fredly (Liputan6.com/Panji Diksana)

"Saya juga tahunya dari media kalau ada film Surat Dari Praha. Saya sempat kaget, apakah film itu dibuat dari buku saya? Karena judulnya sama. Tapi terkait kesamaan cerita saya belum tahu," kata Yusri Fajar saat dihubungi via telepon, Jumat (31/7/2015).

"Ada kemiripan dengan cerita film yang saya tulis. Buku itu kan berisi kumpulan cerita pendek, salah satunya berjudul Surat Dari Praha. Ceritanya tentang mahasiswa Indonesia yang dikirim Soekarno belajar di Republik Ceko. Tiba-tiba ada gejolak tahun 60-an. Sehingga tidak bisa pulang dan memutuskan jadi eksil (orang yang terasing)," sambungnya.

Glenn Fredly. Foto: Fasial R. Syam/Liputan6.com

Sejauh ini, dirinya sudah menghubungi pihak Glenn mengenai adanya dugaan pencontekan cerita cerpennya. Namun, Yusri juga belum mau menyimpulkan jika konten film yang dibintangi Julia Estelle itu sama persis dengan isi cerpen miliknya.

"Kemarin ada kontak dari Visinema Pictures, intinya mereka mengajak saya bicara. Saya belum bisa bicara terlalu jauh, karena belum tahu cerita film secara persisnya. Tapi saya senang sudah dihubungi," kata Yusri Fajar. (Ras/fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.