Sukses

Sudah Tahu Kisah Tragis di Balik Lagu 'Blackbird' The Beatles?

Blackbird adalah salah satu lagu melankolis terbaik milik The Beatles yang diciptakan oleh Paul McCartney.

Liputan6.com, Jakarta Penggila musik terutama penggemar The Beatles pasti sudah akrab dengan lagu Blackbird. Lagu yang termasuk ke dalam White Album yang rilis 1968 silam ini adalah salah satu nomor melankolis terbaik milik band asal Liverpool, Inggris tersebut. Namun sudah tahukah Anda makna yang terkandung di balik lagu ini?

Bila Anda mengira Blackbird adalah sebuah lagu puitis untuk merayu wanita, maka tak sepenuhnya Anda salah karena setiap orang memiliki interpretasinya sendiri terhadap sebuah karya seni. Namun, sebenarnya lagu ini merupakan lagu yang bertema politis.

The Beatles

Blackbird diciptakan oleh Paul McCartney pada 1968. Saat itu, di Amerika Serikat suhu politik sedang panas dan sedang terjadi banyak ketegangan rasial. Kaum kulit hitam di negeri Paman Sam belum terlalu menikmati kesetaraan seperti sekarang, rasisme masih kental terasa dan bersama Martin Luther King Jr mereka sedang mati-matian memperjuangkan hak-hak sipil, termasuk hak wanita.

Lantas apa hubungannya dengan Blackbird? Nah, di Inggris, pria-pria di sana sering menyebut perempuan dengan panggilan 'bird' alias burung, seperti halnya dengan 'chick' di Amerika. Paul McCartney yang sedang berada di Skotlandia merasa terenyuh dengan perjuangan kaum kulit hitam Amerika.

The Beatles (Foto: facebook.com/thebeatles)

Di saat yang sama Paul McCartney sedang hobi membaca buku-buku puisi. Terinspirasi oleh sebuah buku berjudul Blackbird Singing serta kejadian-kejadian di Amerika, terciptalah lagu Blackbird. Kata 'Blackbird' sendiri dalam lagu tersebut merupakan metafora dari perempuan kulit hitam Amerika yang sedang memperjuangkan hak-haknya.

Paul McCartney (Nydailynews.com)

Dalam sebuah konser solo akustiknya di Dallas, Amerika Serikat 2002 lalu, legenda hidup The Beatles tersebut sedikit menceritakan dari mana inspirasi lagu Blackbird berasal.

"Yang akan saya nyanyikan sekarang ditulis di era 60-an dimana sedang banyak masalah tentang hak-hak sipil terutama di daerah selatan Amerika. Saya tak tahu Anda tahu apa tidak, di Inggris terkadang kami memanggil gadis-gadis dengan 'burung'. Saya menulis lagu ini berdasarkan itu," ujar Paul McCartney membuka lagu Blackbird.

Lirik:

Blackbird singing in the dead of night
Take these broken wings and learn to fly
All your life
You were only waiting for this moment to arise.

Blackbird singing in the dead of night
Take these sunken eyes and learn to see
All your life
You were only waiting for this moment to be free.

Blackbird fly Blackbird fly
Into the light of the dark black night.

Blackbird fly Blackbird fly
Into the light of the dark black night.

Blackbird singing in the dead of night
Take these broken wings and learn to fly
All your life
You were only waiting for this moment to arise
You were only waiting for this moment to arise
You were only waiting for this moment to arise

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini