Sukses

Cerita Artis-artis Anggota DPR Bercerai, Adakah yang Menyusul?

Banyak di antara mereka memang dianggap sulit membagi waktu.

Liputan6.com, Jakarta Artis yang menjadi politisi di DPR memang harus mulai bisa membagi waktu antara keluarga dan pekerjaan. Jika tak sanggup, isu keretakan pun menjadi ancamannya. Seperti yang dialami oleh beberapa artis politisi ini.

Di antara mereka memang dianggap sulit membagi waktu. Maklum pekerjaan menjadi anggota DPR memang tidak mengenal waktu. Apakah akan ada lagi yang menyusul? Berikut daftarnya.

Baca juga:

5 Artis Ini Memiliki Anak dengan Nama Unik

Artis-artis Ini Berpose Seksi Saat Pre Wedding

6 Artis Ini Memiliki Dada Berukuran Jumbo

4 Alasan Septy Sanustika Tetap Setia kepada Fathanah

4 Hal yang Dikagumi Aliando Syarief dari Agnez Mo

4 Hal yang Dibenci Prilly Latuconsina dari Aliando

Artis-artis Remaja Ini Ingin Nikah Muda



* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Tere

1. Tere


Saat menjadi politisi Partai Demokrat, musisi Theresia Ebenna Ezeria Pardede, atau yang lebih dikenal dengan nama Tere, mendadak mengajukan gugatan cerai kepada suaminya ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Gugatan dilayangkan Tere pada 3 Januari 2012.

Perceraian keduanyapun konon disebabkan karena kesibukan Tere sebagai anggota DPR yang ujung-ujungnya menyangkut masalah anak.

Kuasa hukum Tere, Muchlis Amin, SH, juga membantah bahwa kliennya mulai berubah sikap terhadap suaminya sejak duduk di kursi DPR. "Itu anggapan pihak luar seperti itu, (pada dasarnya) enggak cocok di rumah tangga. Enggak ada pertengkaran, perselisihan," ujar Muchlis.

Tere dan Eka menikah pada 6 Desember 2003. Di luar kariernya sebagai musisi, Tere juga terdaftar sebagai anggota DPR RI periode 2009—2014 dari Partai Demokrat.

3 dari 7 halaman

2. Rachel Maryam


2. Rachel Maryam

Ketika menjadi anggota DPR di tahun 2010, artis Rachel maryam menggugat cerai suaminya  Muhammad Akbar Perdana alias Ebes ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Politisi Partai Gerindra ini menganggap rumah tangganya tidak bisa dipertahankan lagi.

"Intinya di dalam keluarga tidak bisa dipertahankan lagi, ada perbedaan visi. Tapi bukan karena masalah penghasilan," tutur kuasa hukum Rachel, Muhammad Joni SH, di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Rabu (28/4/2010).

Rachel dan Ebes mengikat janji perkawinan pada 25 Juli 2005 dan dikaruniai seorang anak bernama Muhammad Kale Mata Angin. Kini Rachel sudah menikah lagi.

4 dari 7 halaman

3. Venna Melinda

3. Venna Melinda

Artis dan model Venna Melinda menggugat cerai Ivan Fadilla. Anggota DPR dari Partai Demokrat ini mengajukan gugatan ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan, 22 Februari 2013 lalu.

Alasan ketidakcocokan menjadi penyebab keretakan rumah tangga keduanya. Venna menganggap jika Ivan sudah lalai menjalankan fungsinya sebagai suami dengan tidak memberikan nafkah lahir dan batin.

"Nafkah lahir dan batin saya tidak ada selama tiga bulan berturut-turut. Apakah saya harus menunggu selama tiga bulan berturut-turut untuk ke Pengadilan Agama. Saya hanya ingin memastikan status hukum perkawinan saya," ujar Venna.

Pengadilan pun mengabulkan gugatan cerai keduanya dengan tidak menyertakan putusan lainnya seperti hak pengasuhan anak dan gono-gini.

5 dari 7 halaman

4. Wanda Hamidah

4. Wanda Hamidah

Saat menjadi anggota DPRD DKI Jakarta dari Partai Amanat Nasional, Wanda Hamidah menggugat cerainya suaminya Cyril Raoul Hakim ke Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Agustus 2012 lalu.

Wanda menggugat cerai dengan alasan karena sudah tidak ada kecocokan lagi dalam rumah tangganya. "Gugatannya seperti biasa. Menggugat cerai karena sudah tidak ada kecocokan lagi," ujar pengacara Wanda Lis Ashnawati.

Wanda Hamidah bersama Cyril sudah 12 tahun membina rumah tangga. Pernikan mereka telah dikaruniai lima orang anak, yaitu Syafi Kryan Hakim, Aleyda Nashia Hakim, Noor Shalima Zamaiya Hakim, Muhammad Alfath Hakim, dan Rakshan Rashad Hakim. Baru-baru ini beredar kabar kalau Wanda Hamidah sudah menikah lagi.

6 dari 7 halaman

5. Jamal Mirdad

5. Jamal Mirdad

Gugatan cerai berikutnya dilayangkan oleh Lidya Kandou yang ditujukan kepada sang suami Jamal Mirdad yang merupakan anggota DPR dari Partai Gerindra. Gugatan dilayangkan Lidya ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan 8 Maret 2013.

Pernikahan antara Lidya dan Jamal memang dilakukan karena berbeda agama. Tapi mirisnya, mereka bercerai setelah puluhan tahun berumah tangga, di saat sudah memiliki cucu.

Dari pernikahannya, Lidya dan Jamal yang juga berbeda budaya itu dikaruniai empat anak yang sudah dewasa: Hanna Natasya Maria, Kenang Kana, Naysilla Nafulany Mirdad dan Nathana Ghaza. Hanna atau Nana dan Naysilla mengikuti jejak karier orangtuanya.

7 dari 7 halaman

6. Rieke Diah Pitaloka

6. Rieke Diah Pitaloka

Yang terbaru adalah artis dan politisi PDI Perjuangan, Rieke Diah Pitaloka. Tanpa tercium oleh media, pemeran Oneng di sitkom Bajaj Bajuri itu ternyata sudah bercerai dengan sang suami Donny Gahral Adian di Pengadilan Agama Depok 13 Januari 2015 lalu.

Isu keretakan rumah tangga Rieke Diah Pitaloka dan Donny Gahral Adian sudah tercium sejak pertengahan 2014 lalu. Namun, semuanya dibantah oleh Rieke. Dan pada Desember 2014, diam-diam Donny mengajukan gugatan cerai ke PN Depok.

Seperti diketahui, ‪Rieke Diah Pitaloka menikah dengan Donny Gahral Adian yang berprofesi sebagai dosen filsafat Universitas Indonesia, pada 23 Juli 2005 di kediaman orangtua Rieke di Garut, Jawa Barat.

Dari pernikahan itu, Rieke Diah Pitaloka dikaruniai tiga anak yaitu Sagara Kawani, dan si kembar Misesa Adiansyah dan Jalumanon Badrika.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini