Sukses

Elfin Pertiwi Catat Sejarah Indonesia di Miss Internasional 2014

Liputan6.com, Jakarta Elfin Pertiwi berhasil menorehkan prestasi gemilang di ajang Miss Internasional 2014 yang dihelat di Grand New Price Takanawa Hotel, Jepang, Selasa (11/11/2014). Dara asal Lampung itu berhasil membawa pulang dua gelar sekaligus sebagai Top 10 Miss International 2014 dan Best National Costume.

Ini pertama kalinya sekaligus sejarah baru bagi Indonesia mendapat piala Best National Costume di ajang pigeon tersebut. Elfin sukses memperkenalkan kostum karya Dynand Fariz bertajuk Tale of Siger Crown. Dengan kreasi dan bentuk yang unik, Elfin pun mendapatkan banyak pujian dari media lokal maupun kontestan lainnya.

"Aku sih berpikirnya 50 : 50, apalagi lihat teman di sana banyak yang kostumnya juga keren. Cuma materinya ada yang hanya dari kardus dipilox emas saja, kalau kostum Indonesia terlihat beda dan lebih detail. Banyak yang bertanya dan memuji kalau kostum nasional kita sangat menakjubkan," ujar Elfin Pertiwi di Graha Mustika Ratu, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (14/11/2014).

Ada beberapa hal yang sempat membuat dara 19 tahun ini tegang. Di antaranya ketika melakoni sesi forum, di mana Elfin harus melakukan speaking berbahasa Inggris di depan ribuan pasang mata. Namun, akhirnya Elfin mampu membawakan pidato dengan baik tanpa contekan.

"Paling tegang memang saat forum, soalnya di situ sangat dipentingkan kemampuan berkomunikasi. Mereka punya penilaian yang besar ada lia topik. Aku bersyukur sekali bisa lancar dan aku salah satu kontestan yang nggak pakai paper," terang Elfin.

Dengan dua penghargaan yang berhasil digondol Elfin, Dewan Pembina Yayasan Putri Indonesia (YPI), Putri Kuswisnu Wardani selaku pembina pun optimis jika wakil Indonesia di ajang internasional lainnya mampu menorehkan prestasi yang lebih baik.

"Kami bersyukur Elfin mampu meraih juara pertama Best National Costume, ini suatu kebanggaan YPI, memang Indonesia memiliki kelebihan yang luar biasa, lebih dari 500 etnis. Dan ini akan menjadi daya jual dan daya tarik industri pariwisata Indonesia. Sangat luar biasa mengalahkan 84 kontestan lainnya," terang Putri.

"Semoga Putri Indonesia lainnya bisa mengikuti kesuksesan Elfin atau lebih baik lagi," harapnya.

Sebagai hadiah dari YPI, Elfin berhak mendapatkan dua tiket berlibur ke Bali selama tiga hari dua malam, ditambah layanan SPA gratis. Kemudian, kostum juara yang dipakai Elfin rencananya akan dibuat sebuah replika untuk dimuseumkan. (fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.