Sukses

Alasan Heru Shaggydog Usung Dangdut Pantura

Liputan6.com, Yogyakarta Adalah sebuah keberanian besar bagi Heru untuk terjun ke aliran dangdut pantura melalui proyek barunya yang diberi nama Barokka. Maklum saja, selama ini Heru sudah terlanjur dikenal sebagai vokalis band ska asal Yogyakarta, Shaggydog yang sudah berdiri sejak 1997 silam dan memiliki fans hingga di luar negeri seperti Belanda.
 
Namun, keputusan Heru untuk membuat Barokka memang sama sekali tidak salah. Meskipun awalnya sekedar dibuat untuk mengisi waktu belaka, proyek yang dia garap bersama komunitas Landa Pesing tersebut belakangan justru marak dibicarakan karena karyanya yang unik.
 
Lantas, kenapa Heru bisa seberani itu memilih aliran dangdut pantura?
 
"Pertama, karena menurut kami musik Pantura itu seksi, nakal, agresif, dan provokatif. Kedua, memang ada tujuan-tujuan politis yang tidak bisa saya sebut disini," jawab Heru di sela-sela pembicaraannya dengan Tufian, salah satu panitia All You Can Art.
 
Untuk nama Barokka sendiri, berasal dari mana?
 
"Barokka itu adalah Barisan Rocker Pantura, terbentuk  sekitar awal  2014. Sebenarnya ini adalah proyek iseng-iseng saya dengan teman-teman Landa Pesing (Perkumpulan Pemuda Penggemar Musik Goyang) di kota Yogyakarta. Kami mencoba bereksperimen dengan menggabungkan  musik  elektronik  kekinian  dengan dangdut koplo,"  tambahnya.
 
Turut diungkap Heru, Barokka juga nantinya bakal memberi rumah untuk karya-karya mereka lewat sebuah album. Rencananya, selain akan menyuguhkan lagu-lagu unik, band yang baru saja melakukan perform kedua mereka di ajang All You Can Art tersebut juga bakal membuat sebuah film dokumenter. Sebuah proses kreativitas yang pernah dilakukan Heru bersama rekan-rekan di Shaggydog melalui tajuk Mari Berdansa.
 
"Untuk kapannya masih belum tahu nih. Tapi ada kemungkinan mengeluarkan double album dan juga film dokumenter dalam format laser disc,"
 
Terakhir, selain menyuguhkan musik pantura, atraksi seru apalagi nih yang bakal tersaji di panggung Barokka? "Seperti yang anda lihat, kami punya banyak relawan MC dan juga stripper," kelakar Heru sembari tertawa.(Feb/Rul)