Sukses

Permintaan Bahan Bakar Masih Baik, Prospek AKR Corporindo Stabil

PT AKR Corporindo Tbk kembali raih peringkat idAA- dari Pefindo.

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan kembali peringkat idAA- untuk PT AKR Corporindo Tbk (AKRA).
Peringkat itu juga untuk obligasi I/2012.

Prospek terhadap peringkat perusahaan adalah stabil. Dalam keterangan PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo), yang diterbitkan Rabu (9/10/2013) menyebutkan,  peringkat yang diberikan mencerminkan permintaan  yang stabil terhadap bahan bakar minyak di Indonesia.

Selain itu, pertumbuhan volume penjualan bahan bakar minyak Perusahaan yang stabil dalam jangka panjang dan jaringan infrastruktur logistik yang luas.

Adapun peringkat dibatasi oleh resiko yang dihadapi perusahaan dalam pengembangan lahan baru di proyek kawasan industri dan pelabuhan terpadu, serta resiko volatilitas harga dan penurunan dalam industri pertambangan sebagai konsumen utama perusahaan.

Perseroan memiliki bisnis inti di bidang distribusi dan perdagangan bahan bakar minyak dan kimia dasar di Indonesia, dan melalui beberapa anak perusahaannya terlibat dalam bidang usaha logistik, pabrikan, pertambangan batu bara, serta pengembang kawasan industri dan jasa pelabuhan.

Selain bisnis di Indonesia, perseroan juga telah melakukan ekspansi bisnis ke China dengan mengakuisisi saham pengendali di perusahaan yang memproduksi sorbitol dan jasa pelabuhan sungai untuk kontainer dan komoditas curah di China Selatan.

Pada 30 Juni 2013, pemegang saham perusahaan antara lain PT Arthakencana Rayatama sebesar 58,8%, manajemen perusahaan sebesar 0,6%, dan publik masing-masing dengan kepemilikan di bawah 5% sebesar 40,6%. (Amh/Igw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.