Sukses

Ingin Investasi seperti Warren Buffett? Coba Lakukan Ini

Cobalah untuk membaca surat tahunan Warren Buffett untuk para pemegang saham. Hal ini untuk mengetahui pandangan dari Warren Buffett mengenai ekonomi, pasar hingga kehidupan.

Liputan6.com, Jakarta - Ingin investasi seperti miliarder sekaligus investor terkenal Warren Buffett? Hiraukan para pakar dan 'jangan pernah mengambil risiko kerugian modal secara permanen,' kata sang miliarder.

Cobalah untuk membaca surat tahunan Warren Buffett untuk para pemegang saham. Chairman Berkshire Hathaway ini menerbitkannya pada Sabtu pekan lalu.

Bacalah beberapa terbitan lama selagi Anda bisa. Banyak nasihat investasi yang telah beredar di samping gambar wajah Buffett di internet selama bertahun-tahun dapat ditemukan di buku-buku ini. Salah satu investor terbaik sepanjang masa adalah seseorang yang semua orang ingin belajar sebanyak mungkin darinya.

Untuk saat ini, berikut adalah beberapa hal penting yang dapat dipelajari oleh para investor dari surat tahun ini seperti dikutip dari CNBC, ditulis Minggu (3/3/2024):

Abaikan ahli

Pada surat 2024, Buffett menulis seolah-olah orang yang membacanya adalah saudara perempuannya, Bertie: mitra jangka panjang yang cerdas di Berkshire dan pandai mengatur uang. Buffett menulis, dia tahu beberapa hal tentang akuntansi tetapi dia tidak akan bisa lulus tes CPA.

Nilai tambah yang besar bagi Bertie dan pembeli seperti dia: Buffett berkata, "Dia sangat cerdas dan secara naluriah tahu para pakar harus selalu diabaikan." "Lagipula, jika dia tahu pasti siapa yang akan menang besok, apakah dia akan membagikan informasi berharganya kepada semua orang, sehingga pasar menjadi lebih kompetitif?" Itu akan seperti menemukan emas dan kemudian memberi tahu tetangga Anda di mana letaknya.

Anda sangat cerdas untuk menyadari hal itu. Ingatlah hal ini saat Anda melihat presentasi tentang saham, koin, atau NFT yang sedang naik daun. Atau ketika seseorang di YouTube mengatakan metode trading harian mereka akan membuat Anda kaya. Sering kali, mereka ingin menghasilkan uang dari Anda, bukan dengan Anda.

Bertie lain kali Anda mendapatkan tawaran seperti itu. Buffett menulis, "Bertie tahu kekuatan, baik atau buruk, insentif, kelemahan orang, dan "petunjuk" yang dapat digunakan untuk mengetahui apa yang dilakukan orang." "Dia tahu siapa yang berbohong dan siapa yang bisa dia percaya." Dia tidak bodoh, itu saja.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pegang Saham AS

Untuk jangka panjang, peganglah saham-saham AS

Buffett sering mengatakan kepada orang-orang yang bukan investor ahli untuk menaruh uang mereka di reksa dana indeks yang mencoba menyamai kinerja pasar saham AS.

Ada dua hal baik tentang hal ini. Memiliki banyak saham berbeda dalam portofolio Anda akan memperkecil kemungkinan bahwa satu taruhan besar pada satu investasi akan gagal dan merusak kinerja Anda secara keseluruhan.

Anda juga dapat menghasilkan keuntungan yang baik dari waktu ke waktu jika pasar terus naik seperti di masa lalu.

"Saya tidak dapat memikirkan saat-saat ketika saya tidak memiliki sebagian besar kekayaan bersih saya di saham berbasis di AS sejak 11 Maret 1942, ketika saya membeli saham pertama saya." "Sejauh ini, sejauh ini bagus," tulis Buffett.

Dow Jones Industrial Average telah turun di bawah 100 poin saat dia memilih untuk membeli. Buffett mengatakan bahwa pada hari pertama ia kehilangan sekitar $5. Namun, ia sempat berada di zona merah untuk waktu yang singkat.

"Sejak awal, keadaan menjadi lebih baik, dan sekarang indeks tersebut terjebak di sekitar 38.000," tulis Buffett. "Para investor telah bersenang-senang di Amerika Serikat. Yang harus mereka lakukan hanyalah duduk diam dan tidak berbicara dengan siapa pun.

 

 

 

3 dari 3 halaman

Jaga Ketenangan

Jaga ketenangan Anda saat berada di situasi yang kacau

Ada juga penurunan besar di saham Amerika Serikat, dan ini telah menjadi lebih umum dalam beberapa tahun terakhir berkat betapa cepatnya informasi dapat dibagikan di internet.

Buffett mengatakan, hal ini tidak akan berubah dalam waktu dekat: "Hal itu tidak akan sering terjadi, tetapi akan terjadi."

Dalam sebuah bagian yang berjudul "Our Not-So-Secret-Weapon," Buffett mengatakan, masa-masa sulit seperti ini sebenarnya merupakan saat yang tepat bagi Berkshire untuk membeli saham-saham bagus dengan harga yang lebih rendah.

Buffett dan rekan-rekan kerjanya telah mampu mengatasi pasar yang panik dengan "jumlah yang besar dan kepastian kinerja," seperti yang dia katakan. Yang mungkin lebih penting lagi adalah mereka tidak menjual aset mereka dengan harga yang lebih rendah dari nilainya karena gejolak pasar jangka pendek.

Buffett menulis, satu aturan investasi di Berkshire tidak berubah dan tidak akan berubah: Jangan pernah mengambil risiko kehilangan modal secara permanen.

"Bidang kami sangat bermanfaat jika Anda membuat beberapa pilihan cerdas selama hidup Anda dan menjauhi kesalahan besar, berkat penarik Amerika dan kekuatan bunga majemuk."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Warren Buffet adalah salah satu investor yang juga masuk ke dalam jajaran miliarder dunia.

    Warren Buffett

  • Investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan.

    Investasi

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Miliarder adalah seseorang yang memiliki kekayaan bersih setidaknya satu miliar (1.000.000.000 atau seribu juta) unit mata uang tertentu.

    Miliarder

  • Orang terkaya adalah orang yang memiliki harta paling berlimpah.

    Orang Terkaya

  • Uang adalah alat pembayaran bagi pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya.

    Uang

  • Investor