Sukses

Saham Sarana Mitra Luas Masuk Radar Bursa Usai Melonjak Signifikan

Mengakhiri pekan ini, saham SMIL ditutup turun 2,42 persen ke posisi 161. MEski begitu, saham SMIL masih naik 20,15 persen dalam sepekan. Sejak awal tahun atau secara year to date (YTD), saham SMIL naik 33,06 persen.

Liputan6.com, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) tengah memantau pergerakan saham PT Sarana Mitra Luas Tbk (SMIL). Hal itu menyusul adanya kenaikan harga saham SMIL di luar kebiasaan (Unusual Market Activity/UMA).

“Sehubungan dengan terjadinya Unusual Market Activity atas saham SMIL tersebut, perlu kami sampaikan bahwa Bursa saat ini sedang mencermati perkembangan pola transaksi saham ini,” mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Sabtu (24/2/2024).

Pengumuman unusual market activity tidak serta merta menunjukkan adanya pelanggaran terhadap peraturan perundang-undangan di bidang pasar modal yang dilakukan oleh PT Sarana Mitra Luas Tbk.

Melansir data RTI, saham PT Sarana Mitra Luas Tbk naik 17,86 persen ke posisi 165 pada perdagangan Kamis, 22 Februari kemarin. Namun hal itu tak berlangsung lama.

Mengakhiri pekan ini, saham SMIL ditutup turun 2,42 persen ke posisi 161. MEski begitu, saham SMIL masih naik 20,15 persen dalam sepekan. Sejak awal tahun atau secara year to date (YTD), saham SMIL naik 33,06 persen.

Sehubungan dengan terjadinya UMA pada saham SMIL, Bursa mengimbau kepada para investor untuk memperhatikan jawaban perusahaan tercatat terkait atas permintaan konfirmasi bursa.

Selain itu, juga mencermati kinerja perusahaan tercatat dan keterbukaan informasinya. Informasi terakhir mengenai perseroan adalah informasi tanggal 21 Februari 2024 yang dipublikasikan melalui website Bursa tentang pencatatan saham.

Investor juga diimbau untuk mengkaji kembali rencana corporate action perusahaan tercatat apabila rencana tersebut belum mendapatkan persetujuan RUPS. Serta mempertimbangkan berbagai kemungkinan yang dapat timbul kemudian hari sebelum melakukan pengambilan keputusan investasi.

Disclaimer: Setiap keputusan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual saham. Liputan6.com tidak bertanggung jawab atas keuntungan dan kerugian yang timbul dari keputusan investasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sarana Mitra Luas Jadi Pendatang Baru di BEI Hari Ini Jumat 12 Mei 2023

Sebelumnya, PT Sarana Mitra Luas Tbk mencatatkan saham perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat (11/5/2023). Sarana Mitra Luas mencatatkan saham perdana sebagai perusahaan tercatat ke-40 di BEI pada 2023.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia, Sarana Mitra Luas mencatatkan saham perdana dengan kode saham SMIL.

Perseroan mencatatkan saham di papan utama dengan jumlah saham yang ditawarkan ke publik 1,75 miliar saham. Lalu, emiten dengan kode saham SMIL akan mencatatkan saham sejumlah 8,75 miliar saham.

Adapun, harga penawaran saham senilai Rp 100 per saham. Dengan demikian, perseroan berhasil meraup dana sebanyak Rp 175 miliar.

Sebagai pemanis, SMIL juga secara bersamaan menerbitkan 2,45 miliar waran seri I yang menyertai saham baru perseroan dengan perbandingan 5:7. Artinya, tiap pemegang lima saham baru akan mendapatkan tujuh waran. Kemudian, harga pelaksanaan waran seri I senilai Rp 500 dan bakal meraup dana sebanyak Rp 1,22 triliun.

Perseroan menunjuk PT MNC Sekuritas, PT KB Valbury Sekuritas, dan PT Erdikha Elit Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek dan penjamin emisi efek.

3 dari 3 halaman

Dana IPO

Dana yang diperoleh dari hasil IPO Sarana Mitra Luas akan digunakan sekitar 43,99 persen atau sekitar Rp75,00 miliar akan digunakan untuk pembelian 250 unit forklift dan material handling equipment lainnya dalam rangka menambah kapasitas dan diversifikasi unit rental perseroan.

Sekitar 14,70 persen atau sekitar Rp25,06 miliar akan digunakan untuk pembelian 189 unit lithium battery dan 250 unit lithium battery charger dalam rangka menunjang operasional electric forklift Perseroan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Bursa Efek Indonesia atau BEI adalah salah satu tempat yang memperjualbelikan saham, obligasi, dan sebagainya di Indonesia.

    BEI

  • Sarana Mitra Luas

  • Bursa

  • SMIL