Sukses

Bursa Buka Gembok Saham SRAJ, PTPS, HUMI, dan FORU

Sehubungan dengan terjadinya perubahan harga kumulatif yang signifikan pada saham SRAJ, PTPS, HUMI, dalam rangka cooling down BEI memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan saham-saham tersebut

Liputan6.com, Jakarta - Bursa Efek Indonesia (BEI) mengumumkan pembukaan suspensi atas sejumlah saham. Saham-saham tersebut antara lain PT Sejahteraraya Anugrahjaya Tbk (SRAJ), PT Pulau Subur Tbk (PTPS), PT Humpuss Maritim Internasional Tbk (HUMI), dan PT Fortune Indonesia Tbk (FORU).

Perdagangan saham-saham tersebut sebelumnya dihentikan sementara (suspensi) oleh Bursa lantaran mencatatkan perubahan harga yang signifikan.

"Berdasarkan penilaian bursa, maka dengan ini diumumkan bahwa suspensi atas perdagangan saham SRAJ, PTPS, HUMI, dan FORU di pasar reguler dan pasar tunai dibuka kembali mulai perdagangan sesi I tanggal tanggal 13 Februari 2024," mengutip keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (13/2/2024).

Sebelumnya, sehubungan dengan terjadinya perubahan harga kumulatif yang signifikan pada saham SRAJ, PTPS, HUMI, dalam rangka cooling down BEI memandang perlu untuk melakukan penghentian sementara perdagangan saham-saham tersebut pada perdagangan pada 12 Februari kemarin. Sementara saham FORU lebih dulu disuspensi pada 31 Januari 2024.

Penghentian sementara perdagangan saham SRAJ, PTPS, HUMI, dan FORU sebelumnya dilakukan di pasar reguler dan pasar tunai. Tujuannya, yakni untuk memberikan waktu yang memadai bagi pelaku pasar dalam mempertimbangkan secara matang berdasarkan informasi yang ada dalam setiap pengambilan keputusan investasinya di saham SRAJ, PTPS, HUMI, dan FORU.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gerak Masing-masing Saham

Melansir data RTI, saham SRAJ naik signifikan pada perdagangan pekan lalu, tepatnya pada 6 Februari 2024. Saat itu, SRAJ ditutup naik 24,27 persen ke posisi 640. Penguatan berlanjut pada 7 Februari, membawa saham SRAJ naik ke posisi 735. Dalam sepekan, saham SRAj naik 15,75 persen. Sedangkan dalam satu tahun terakhir, harga saham SRAj naik 25,64 persen.

Saham PTPS dalam tren menguat sejak awal Februari 2024. Kenaikan tertinggi dicatatkan pada 2 Februari 2024 yakni mencapai 31,18 persen. Saat ini, harga saham PTPS bertengger pada posisi 402. Dalam sepekan, harga saham PTPS naik 116,13 persen. Harga saham PTPS saat ini telah naik 103,03 persen dari harga IPO 198 per saham. Informasi saja, PTPS merupakan pendatang baru di Bursa yang listing pada 9 Oktober 2023.

Saham HUMI saat ini berada pada posisi 57. Dalam sepekan, harga saham HUMI telah turun 26,92 persen. Sedangkan dalam satu tahun terakhir. Harga saham HUMI saat ini turun 43 persen dari harga IPO yang dipatok 100 per saham. HUMI juga belum lama tercatat di Bursa. Saham HUMI listing pada 9 Agustus 2023.

Adapun saham FORU parkir di posisi 366 sebelum suspensi. Dalam setahun terakhir, harga saham FORU telah naik 67,89 persen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini