Sukses

Melihat Rencana Ekspansi Bisnis MPX Logistics pada 2024

Direktur Keuangan MPXL, James S Chandra menuturkan, perusahaan telah merancang proyeksi kinerja yang konservatif tetapi realistis untuk kuartal I 2024.

Liputan6.com, Jakarta - PT MPX Logistics International Tbk (MPXL) menargetkan pertumbuhan 59 persen pada 2024.

Direktur Keuangan MPX Logistics International, James S Chandra menuturkan, perusahaan telah merancang proyeksi kinerja yang konservatif tetapi realistis untuk kuartal I 2024, dengan keyakinan proses pemilihan umum (pemilu) akan memberikan dorongan positif pada sektor logistik. Demikian dikutip dari keterangan resmi perseroan, ditulis Kamis (25/1/2024).

Perseroan berharap pendapatan mencapai Rp 222 miliar dan laba bersih Rp 18,2 miliar pada 2024. Target tersebut didorong peningkatan kontrak kerja sama dengan pelanggan, termasuk pelanggan yang sudah ada dan pelanggan baru. MPX Logistics International juga telah mempertimbangkan faktor antara lain kenaikan tarif, efisiensi biaya operasional, dan optimalisasi biaya tidak langsung.

Selain itu, Perseroan juga berkomitmen mengiriman tambahan armada ke proyek ibu kota negara (IKN) Nusantara yang menjadi langkah strategis untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Perseroan optimistis terhadap kelanjutan proyek IKN seiring ada undang-undang (UU) dan peraturan pemerintah (PP).

Adapun rencana ekspansi bisnis Perseroan pada 2024 dengan melibatkan beroperasinya anak usaha baru. PT MPX Indorental Gemilang akan fokus pada penyewaan alat berat untuk proyek tambang material batu split di Sulawesi. Material tersebut akan dikirim untuk mendukung kebutuhan pembangunan di IKN.

Perseroan juga siapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 75 miliar. Rencana belanja modal ini untuk menambah 50-75 unit armada baru. Alokasi ini menjadi bagian dari strategi perusahaan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan.

Dengan fokus pada pertumbuhan strategis dan dukungan terhadap pembangunan nasional, MPXL menunjukkan komitmennya untuk tetap menjadi pemain kunci dalam industri logistik di Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

BCA Kucurkan Kredit kepada MPX Logistics untuk Proyek IKN

Sebelumnya diberitakan, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) memberikan fasilitas kredit kepada PT MPX Logistics International Tbk (MPXL) senilai Rp 40,94 miliar. Kredit tersebut akan dialokasikan untuk sejumlah investasi dari MPX Logistics International. 

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Senin (20/11/2023), MPXL telah melakukan penandatanganan perjanjian kredit dengan PT Bank Central Asia Tbk atas fasilitas kredit dari bank berupa kredit investasi, dengan total jumlah sebesar Rp.40.940.000.000 atau Rp 40,94 miliar.

Sekretaris Perusahaan MPX Logistics International Nilam Sari Siregar menuturkan, pihaknya telah mendapatkan kredit investasi dari BCA. Kredit tersebut bakal digunakan untuk pembiayaan pembelian unit armada truk tronton baru, pembangunan garasi dan bengkel perseroan.

"Kredit Investasi ini akan digunakan untuk pembiayaan pembelian unit armada truk tronton baru, pembangunan garasi dan bengkel perseroan,” kata Nilam. 

 

3 dari 4 halaman

Alokasi Pinjaman

Bila dirinci, dampak kepada Perseroan atas fasilitas kredit yang diterima dari BCA antara lain pembelian unit baru armada truk tronton untuk proyek IKN dan Jalan Tol. Selain itu, revenue atau pendapatan Perseroan meningkat sehingga kegiatan usaha MPXL berkembang.

Dalam berita sebelumnya, pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sudah di depan mata. PT MPX Logistics International Tbk (MPXL), salah satu emiten perusahaan logistics terkemuka, siap berpartisipasi dalam proyek-proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. 

Untuk merealisasikan partisipasi itu, Pekan lalu MPXL telah mengirimkan sejumlah unit dari armadanya, untuk mendukung aktivitas pembangunan kawasan pemerintahan di Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara. 

"Proyek pengangkutan material IKN ini akan berdampak meningkatkan sisi pendapatan dari jasa angkut perseroan dari tahun ke tahun karena ini proyek pembangunan jangka panjang," kata Direktur MPXL Wijaya Candera dikutip Kamis, 31 Agustus 2023. 

 

4 dari 4 halaman

Tahap Awal

Dalam tahap awal ini MPXL mengirimkan sebanyak 5 unit Armada Tronton jenis Hi-Blow untuk project pengangkutan semen curah. Total dari armada yang akan menjadi salah satu ujung tombak pembangunan IKN itu berjumlah 50 unit kendaraan truk. Total kapasitas (kemampuan angkut) 50 armada truk tersebut berkisar 36 ribu ton semen curah setiap bulan.

Tentunya upaya MPX Logistics International ini dapat membantu proses pengiriman material lebih cepat, efesien dan tersistem dengaan baik. Ini akan membuat material untuk pembangunan IKN ini selalu tersedia sehingga proses pengecoran BUMN Karya maupun Swasta menjadi lancar. Perseroan saat ini bekerja sama dengan Cemindo Gemilang Tbk (CMNT) untuk mengirimkan material semen curah ke lokasi proyek IKN. 

Wijaya juga mengatakan, perseroan dalam tahap pembicaraan untuk jadwal pengiriman armada truk setelah selesai mengikuti Tender jasa angkutan material semen curah untuk proyek IKN yang diadakan PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) . 

"Pembangunan IKN merupakan sejarah baru untuk mewujudkan peradaban baru. Kami ingin MPXL bisa ikut berkontribusi di dalam pembangunan sejarah baru Indonesia ini.," tutur Wijaya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini