Sukses

Saham YG Entertainment Merosot Usai Anggota BLACKPINK Tak Perpanjang Kontrak Solo

Saham YG Entertainment turun 6,15 persen, berada pada posisi KRW 42.700 usai anggota BlackPink tak perbarui kontrak individu.

Liputan6.com, Jakarta - Saham YG Entertainment terus merosot usai member girl band besutannya, BLACKPINK memutuskan untuk tak perpanjang kontrak individu.

Merujuk data Yahoo Finance, saham YG Entertainment saat ini turun 6,15 persen, berada pada posisi KRW 42.700. Dalam sepekan, harga saham YG Entertainment susut 4,58 persen. Sedangkan dalam satu tahun terakhir, saham YG Entertainment turun 12,13 persen.

"Menyusul pengumuman pembatalan kontrak aktivitas individu BLACKPINK, rencana perilisan album BABYMONSTER, yang dijadwalkan pada kuartal kedua tahun ini, tertunda lebih lambat dari ekspektasi pasar. berkontribusi terhadap penurunan harga saham yang sedang berlangsung," kata analis Daishin Securities, Lim Soo Jin, dikutip dari laman allkpop, Jumat (12/1/2024).

"Dengan penyesuaian proyeksi tahunan aktivitas BLACKPINK dan BABYMONSTER tahun ini, revisi turun terhadap perkiraan pendapatan tidak bisa dihindari," imbuh Lim Soo Jin.

Pada 29 Desember 2023, manajemen YG Entertainment mengatakan perusahaan telah sepakat untuk tidak membuat kontrak tambahan terpisah untuk aktivitas individu (solo). Lalu pada 6 Januari 2024, YG mengumumkan penandatanganan kontrak eksklusif dengan keempat anggotanya untuk kegiatan grup.

"Saya senang melanjutkan hubungan kami dengan BLACKPINK," kata kepala produser YG Entertainment, Yang Hyun Suk. Pernyataan itu sekaligus menegaskan komitmen perusahaan untuk meningkatkan keunggulan BLACKPINK secara global.

BLACKPINK memulai debutnya pada 8 Agustus 2016 lewat lagu Whistle dan Boombayah. Grup ini beranggotakan Jisoo, Jennie, Rosé, dan Lisa ini berhasil memberikan gebrakan signifikan sebagai girl grup baru YG selama debut mereka. Mereka melejit menjadi bintang di kancah K-pop dengan hits seperti Playing with Fire, As If It's Your Last, Ddu-Du Ddu-Du, Kill This Love, Lovesick Girls, Pink Venom, dan Shut Down.

Pada September 2022, BLACKPINK membuat sejarah sebagai girl grup K-pop pertama yang menduduki puncak Billboard 200 AS dan Tangga Album Resmi Inggris dengan album penuh kedua mereka, Born Pink. Selain itu, mereka berhasil menyelesaikan tur dunia dengan pendapatan kotor tertinggi dalam sejarah girl grup dengan 148,3 juta USD, menarik 1,8 juta penggemar secara global pada 2022 dan 2023.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Blackpink Tak Perbarui Kontrak Individu, Saham YG Entertainment Justru Menguat

Sebelumnya diberitakan, empat anggota Blackpink tidak akan memperpanjang kontrak individu dengan YG Entertainment untuk mengejar proyek solo. Namun, kontrak grup antara Blackpink dan YG Entertaiment tetap utuh. 

Demikian disampaikan agensi YG Entertaiment pada Jumat, (29/12/2023), dikutip dari laman Yonhap News Agency.

“Kami sudah sepakat untuk tidak memperpanjang kontrak kami terkait aktivitas individu (dengan anggota Blackpink),” ungkap agensi.

“Kami akan terus memberikan Blackpink dukungan penuh dan dengan tulus mendukung aktivitas individu mereka,” YG Entertainment menambahkan.

Pada Minggu, 24 Desember 2023, Jennie menuturkan telah mendirikan label untuk aktivitas solonya. Ia bersemangat tentang akan terjadi saat memulai perjalanan solo pada 2024 dengan perusahaan yang didirikannya bernama OA. Ia pun meminta dukungan berkelanjutan dari penggemar untuk awal barunya dan Blackpink.

Awal Desember, Rose, Jisoo, Jennie, dan Lisa memperbarui kontrak grup dengan YG Entertainment. Hal tersebut mendongkrak harga saham YG Entertainment pada 6 Desember 2023. Saham YG Entertainment naik 25,6 persen seiring kabar pembaruan kontrak grup Blackpink.

Seiring anggota Blackpink tidak perbarui kontrak untuk aktivitas solo, bagaimana laju saham YG Entertainment?

Mengutip data Google, saham YG Entertaiment Inc berada di zona hijau. Saham YG Entertainment Inc naik 0,59 persen menjadi 50.900 won Korea Selatan.Dengan kenaikan harga saham YG Entertainment tersebut membentuk kapitalisasi pasar 950,84 miliar won Korea Selatan. Adapun harga saham YG Entertainment berada di level tertinggi 51.100 dan terendah 50.300 won Korea Selatan.

 

3 dari 4 halaman

Blackpink Perbarui Kontrak, Begini Gerak Saham YG Entertainment

Sebelumnya diberitakan, Saham YG Entertainment bergerak di zona merah pada perdagangan Kamis, (7/12/2023). Hal ini setelah harga saham YG Entertainment melonjak signifikan pada Rabu, 6 Desember 2023 usai kabar Blackpink telah menandatangani kontrak eksklusif dengan YG Entertainment.

Pada perdagangan Kamis, 7 Desember 2023, saham YG Entertainment Inc melemah 1,99 persen ke posisi 59.100 won per saham, berdasarkan data Google. Saham YG Entertaiment dibuka turun ke posisi 59.000 won per saham dari penutupan perdagangan terakhir 60.300 won. Saham YG Entertainment sempat berada di posisi tertinggi 61.000 dan terendah 58.100. Kapitalisasi pasar sekitar 1,1 triliun won.

Saham YG Entertainment melemah seiring tanggapan YG Entertainment mengenai masa kontrak Blackpink dan kontrak individu.

Mengutip Soompi,YG Entertainment telah merilis pernyataan singkat mengenai perpanjangan kontrak anggota Blackpink. Sebelumnya pada 6 Desember 2023, YG Entertainment resmi mengumumkan keempat anggota Blackpink telah menandatangani kontrak eksklusif untuk aktivitas grup dengan agensi tersebut.

Namun, ketidakpastian tetap ada mengenai kontrak eksklusif individu untuk anggota di luar aktivitas grup, dan rincian jadwal comeback mendatang serta durasi kontrak terus menjadi perhatian.

Pada hari yang sama, perwakilan dari YG Entertaiment menyebutkan sulit untuk memberikan rincian tentang jadwal comeback dan durasi kontrak. "Untuk saat ini, silakan merujuk pada pernyataan resmi saja.

Mengenai kontrak individu, perwakilan YG sempat menyatakan diskusi masih berlangsung. Kontrak Blackpink sebelumnya dengan YG Entertainment berakhir pada awal Agustus.

 

4 dari 4 halaman

Saham YG Entertainment Melonjak pada 6 Desember 2023

Mengutip Yahoo Finance pada 6 Desember 2023, YG Entertainment Inc telah konfirmasi keempat anggota grup K-Pop Blackpink telah perbarui kontraknya dengan agensi tersebut di tengah kekhawatiran tentang perpecahan grup.

Kontrak baru ini diyakini sebagai salah satu kontrak paling menguntungkan yang ditandatangani oleh grup musik manapun.

Saham YG Entertainment melonjak 25,62 persen ke posisi 60.300 pada 6 Desember 2023 karena berita tersebut. Lonjakan harian terbesar sejak perusahaan itu go public pada 2011.

Agensi menyebutkan, Blackpink yang beranggotakan empat orang yang debut pada 2016 merencanakan album baru dan tur dunia bersama YG.

Blackpink menjadi girl band terpopuler di dunia dengan lagu yang mencetak rekor tangga lagu Billboard dengan hits shut down dan pink venom. Blackpink juga menjadi grup K-pop pertama yang menjadi penampil utama di Coachella.

“Kami sangat senang akhirnya membuat pernyataan resmi YG akan melanjutkan hubungan intim dengan Blackpink,” ujar pendiri YG Entertainment Yang Hyun-Suk dalam pernyataannya.

“Karena grup ini mewakilii YG dan K-pop itu sendiri, mereka pasti akan berusaha untuk bersinar cemerlang di pasar musik global,”

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.