Sukses

Saham Tesla Anjlok 15%, Kinerja Terburuk di Tahun Ini

Ini menandai minggu terburuk bagi saham Tesla pada tahun ini, meskipun saham produsen mobil listrik tersebut masih naik 96% secara year-to-date.

Liputan6.com, Jakarta Saham Tesla saham turun lebih dari 15% selama beberapa hari terakhir dan menutup minggu ini ke posisi USD 211,99. Susutnya saham Tesla setelah CEO Elon Musk menjadi pesimis tentang masalah makroekonomi pada laporan pendapatan kuartal ketiga yang dirilis pada hari Rabu.

Ini menandai minggu terburuk bagi saham Tesla pada tahun ini, meskipun saham produsen mobil listrik tersebut masih naik 96% secara year-to-date.

Untuk periode yang berakhir 30 September 2023, Tesla melaporkan pendapatan USD 23,35 miliar dan laba USD 1,85 miliar, turun dibandingkan kuartal sebelumnya. Laba juga lebih rendah dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu.

CEO Elon Musk, yang membagi waktu antara lain mengurusi Tesla, jejaring sosial X (sebelumnya Twitter), kontraktor pertahanan SpaceX, dan startup xAI, Neuralink, dan The Boring Co., memberikan pernyataan yang sangat pesimis tentang hal ini.

Dikatakan kondisi perekonomian dan pemotongan biaya dan harga akan menjadi penting bagi Tesla di kuartal mendatang.

Musk juga menolak ekspektasi pemegang saham terhadap Cybertruck Tesla yang telah lama tertunda, namun menolak memberikan rincian tentang “robotaxi” dan teknologi kendaraan otonom yang telah dikerjakan dan dijanjikan perusahaan selama bertahun-tahun.

Perusahaan kini sudah tertinggal dari Cruise dan Waymo di AS, dan pengembang robotaxi termasuk raksasa ridehailing, Didi, di Tiongkok.

Sehubungan dengan pickup perusahaan yang sangat tidak konvensional, Musk bahkan mengatakan, “Kami menggali kuburan kami sendiri dengan Cybertruck” saat memberikan laporan kuartal 3.

Dia juga mengatakan ingin “mengurangi ekspektasi” terhadap kendaraan tersebut, dengan mengatakan bahwa ini adalah “produk hebat,” tetapi Tesla memperkirakan akan memakan waktu satu tahun hingga 18 bulan sebelum Cybertruck menjadi “kontributor arus kas positif.”

“Permintaan tidak masuk akal. Kami memiliki lebih dari 1 juta orang yang telah memesan mobil tersebut, jadi ini bukan masalah permintaan,” klaim Musk.

“Tetapi kita harus mewujudkannya, dan kita perlu menjadikannya dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat, hal-hal yang sangat sulit.”

Tesla berencana mengadakan acara untuk memperkenalkan Cybertruck secara resmi pada 30 November, tetapi belum mengungkapkan spesifikasi akhir dan harga truk tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Upaya Tesla

Musk berulang kali membahas upaya Tesla untuk mengurangi biaya internal dan biaya kendaraan listriknya bagi pelanggan. Selama bagian tanya jawab dari panggilan pendapatan dengan para analis, Musk berkata, “Saya khawatir dengan lingkungan suku bunga tinggi yang kita hadapi.”

Bagi pembeli mobil, katanya, “Jika suku bunga tetap tinggi atau bahkan lebih tinggi lagi, akan lebih sulit bagi masyarakat untuk membeli mobil. Mereka tidak mampu membelinya.”

“Mengurangi biaya kendaraan kami adalah prioritas utama kami,” kata CFO baru Tesla Vaibhav Taneja.

“Kami telah mencoba mengimbangi penyesuaian tersebut melalui fokus kami pada pengurangan biaya. Namun, terdapat keterlambatan dalam pengurangan biaya, yang pada gilirannya berdampak pada margin,” tambahnya.

Musk menyampaikan beberapa pernyataan optimis mengenai seruan tersebut, misalnya meyakinkan para investor bahwa Tesla akan terus berinvestasi secara signifikan dalam pengembangan AI.

Namun, pasar tidak menanggapi pernyataan visi jangka panjang CEO selebriti tersebut seperti di masa lalu. Bahkan beberapa analis yang sangat optimis terhadap Tesla mengeluarkan catatan hati-hati setelah hasil Q3 perusahaan seperti yang dilaporkan CNBC Pro.

Misalnya, “Tidak ada lagi kacamata berwarna mawar,” tulis analis Wells Fargo Colin Langan dalam sebuah catatan. Dan Adam Jonas dari Morgan Stanley mengurangi target harganya menjadi USD 380 dari USD 400. Perkiraannya masih menyiratkan kenaikan lebih dari 56% setelah laporan kinerja Q3 Tesla.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini