Sukses

Astra Graphia Siap Tebar Dividen Interim, Cek Jadwalnya

Pembagian dividen tersebut sesuai dengan keputusan direksi yang telah disetujui dewan komisaris pada 4 Oktober 2023.

Liputan6.com, Jakarta PT Astra Graphia Tbk (ASGR) akan membagikan dividen interim untuk periode tahun buku 2023. ASGR akan membagikan dividen interim sebesar Rp 17,53 miliar atau Rp 13 per saham.

Mengutip keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), ditulis Sabtu (7/10/2023), pembagian dividen tersebut sesuai dengan keputusan direksi yang telah disetujui dewan komisaris pada 4 Oktober 2023.

 Sementara itu, hingga 30 Juni 2023, laba bersih yang didapat diatribusikan kepada entitas induk sebanyak Rp 66,92 miliar, saldo laba ditahan yang tidak dibatasi penggunaannya Rp 1,5 triliun serta total ekuitas senilai Rp 1,73 triliun. 

Berikut ini merupakan jadwal pembagian dividen interim PT Astra Graphia Tbk (ASGR) :

  • Cum dividen di pasar reguler dan negosiasi: 16 Oktober 2023
  • Ex dividen di pasar reguler dan negosiasi: 17 Oktober 2023 
  • Cum dividen di pasar tunai: 16 Oktober 2023
  • Ex dividen di pasar tunai: 18 Oktober 2023  
  • Recording date: 19 Oktober 2023 
  • Pembayaran dividen: 24 Oktober 2023 

Sebelumnya, PT Astra Graphia Tbk (ASGR) atau Astragraphia memutuskan untuk merombak susunan komisaris dan direksi. Hal itu telah disetujui melalui Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada Senin, 3 April 2023.

Direktur Trivena Astragraphia Nalsalita menuturkan, RUPST menyetujui pengangkatan Sidharta Utama sebagai komisaris independen dan Trivena Nalsalita sebagai direktur menggantikan Halim Wahjana.

"RUPST menerima dengan baik pengunduran Halim Wahjana dari jabagannta selaku direktur perseroan. Mengangkat Trivena Nalsalita sebagai direktur perseroan dan Sidharta Utama sebagai komisaris independen perseroan," kata Trivena dalam paparan publik, Senin (3/4/2023).

Sehingga berdasarkan keputusan RUPST tersebut, susunan anggota dewan komisaris dan direksi Astragraphia menjadi sebagai berikut:

  • Presiden Komisaris : Santosa
  • Komisaris : Gunawan Geniusahardja
  • Komisaris Independen : Arya N. Soemali
  • Komisaris Independen : Sidharta Utama 
  • Presiden Direktur : Hendrix Pramana
  • Direktur : King Iriawan Sutanto
  • Direktur : Widi Triwibowo
  • Direktur : Trivena Nalsalita

Hasil putusan RUPST juga menyetujui laporan tahunan perusahaan dan menetapkan pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 40 persen dari total laba bersih tahun buku 2022.

Masing-masing pemegang saham Astragraphia akan mendapatkan total dividen sebesar Rp29 per lembar saham, di mana dividen interim sebesar Rp8 per lembar saham sudah dibayarkan pada 24 Oktober 2022, dan sisanya sebesar Rp21 per lembar saham akan dibayarkan selambat- lambatnya pada 5 Mei 2023 kepada pemegang saham perseroan.

Hingga 31 Desember 2022, Astragraphia mampu meraih taba bersih sebesar Rp97,1 miliar dengan pendapatan bersih konsolidasi sebesar Rp2,91 triliun.

Pendapatan pada unit usaha Solusi Dokumen dan Solusi Teknologi Informasi meningkat, di mana pendapatan pada unit usaha Solusi Dokumen meningkat sebesar 6 persen akibat dari bertumbuhnya permintaan akan layanan penyewaan serta pembelian mesin.

Kemudian pendapatan pada Unit Usaha Solusi Teknologi Informasi meningkat 13 persen sebagai hasil dari penguatan penetrasi pasar dan percepatan realisasi peluang bisnis di area IT trading dan IT services. Kemampuan perusahaan dalam mengelola arus kas serta siklus operasional yang lebih baik turut berkontribusi terhadap peningkatan laba bersih Astragraphia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini