Sukses

Genjot Pertumbuhan Ekonomi ASEAN, CGS CIMB Gelar Lomba Investasi Berbasis ESG

CGS-CIMB mempersembahkan acara stock challenge bertajuk ASEAN Investment Challenge dengan mengusung tema "Level Up Your Game" di empat negara.

Liputan6.com, Jakarta - PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia menggelar ASEAN Investment Challenge yang akan berlangsung hingga Januari 2024.

Acara tersebut merupakan salah satu kegiatan perusahaan dalam rangka menjalankan perusahaan dengan prinsip-prinsip ESG (Environmental, Social & Governance), dengan memperkenalkan saham berbasis ESG yang menjadi kriteria penilaian dalam investment challenge tersebut.

Selain itu, CGS-CIMB juga memberikan perjalanan edukasi yang komprehensif tentang investasi saham kepada anak muda. 

Adapun CGS-CIMB mempersembahkan acara stock challenge bertajuk ASEAN Investment Challenge dengan mengusung tema "Level Up Your Game" di empat negara (MIST) yaitu di Malaysia, Indonesia, Singapura dan Thailand yang mendapatkan dukungan penuh dari masing-masing bursa di negara tersebut. 

Di Indonesia sendiri, Bursa Efek Indonesia (BEI) memberikan dukungan secara penuh akan terselenggaranya ASEAN Investment Challenge 2023 kali ini beserta dengan lebih dari 70 universitas di Indonesia dari 18 provinsi yang berpartisipasi dan nantinya akan berkompetisi. ASEAN Investment Challenge akan berlangsung hingga Januari 2024, di mana pemenang regional secara keseluruhan akan diumumkan.

President Director of PT CGS-CIMB Sekuritas Indonesia Lim Kim Siah mengatakan, pihaknya sadar secara penuh, sebagai perusahaan sekuritas dalam menjalankan bisnis sehari-harinya juga harus mengemban tanggung jawab untuk memberikan edukasi dan literasi terhadap generasi muda yang langsung dari sumber daya ahli yang dimiliki, sehingga pengetahuan yang didapatkan dapat langsung diterapkan oleh para investor muda dalam mengejar impian masa depannya melalui investasi, terutama investasi berbasis ESG. 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertumbuhan Investor Muda

Dengan bertumbuhnya investor muda, perusahaan juga memiliki visi untuk mendukung pasar modal di Indonesia dalam menghasilkan para investor muda yang menjadikan investasi sebagai gaya hidup sehingga tujuan akhir untuk meningkatkan jumlah investor pasar modal di Indonesia yang saat ini masih kurang dari 2 persen dari rasio penduduk dapat terwujud di masa depan.

"CGS-CIMB memperkenalkan saham-saham berbasis ESG dalam kompetisi ini, sehingga investor-investor muda memahami ESG," kata dia dalam konferensi pers, Selasa (4/7/2023).

ASEAN Investment Challenge ditujukan untuk generasi muda, khususnya dari fakultas ekonomi dan bisnis di 4 negara, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand (MIST) dengan total hadiah hingga Ratusan Juta Rupiah, yang terbagi dalam 2 tahapan kompetisi yaitu Country Level Round dan Regional Level Round. 

Pada country level round, para siswa dari universitas tersebut akan berkompetisi dalam trading challenge menggunakan trading platform simulator dan melakukan e-learning, sehingga selain mereka mendapatkan pengetahuan investasi yang mumpuni, tetapi mereka juga dapat merasakan pengalaman selayaknya investor saham yang sesungguhnya.

Tiga pemenang terbaik dari masing-masing negara pada country level round tersebut, akan berkompetisi kembali pada regional round level, sehingga pada akhir kompetisi akan ada tiga orang pemenang terbaik yang telah tersaring dari empat negara tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Beri Literasi Keuangan

ASEAN Investment Challenge ini juga bertujuan memberikan literasi keuangan secara komprehensif yang juga mencakup investasi berbasis ESG yang mengutamakan keberlanjutan masa depan.

Lalu, meningkatkan jumlah investor generasi muda baik di pasar modal Indonesia, maupun di Malaysia, Singapura dan Thailand. Selain itu, meningkatkan keahlian para peserta di dunia investasi serta kesadaran akan peluang karir di pasar modal.

Sementara itu, Direktur Bursa Efek Indonesia Irvan Susandy menyampaikan apresiasi inisiatif CGS- CIMB Sekuritas Indonesia untuk memperkenalkan saham-saham ESG dalam investment challenge dan memberikan perjalanan edukasi yang komprehensif tentang investasi saham kepada anak muda. Hal ini tidak hanya akan mendorong peningkatan jumlah investor muda di Indonesia, tapi juga kesadaran masyarakat akan investasi yang berkelanjutan untuk masa depan yang lebih baik. 

"Semoga melalui kompetisi ini, para peserta dapat belajar banyak hal tentang pasar modal di Indonesia dan ASEAN, dan meningkatkan skill yang dibutuhkan di bidang pasar modal. Besar harapan kami, peserta dari Indonesia nantinya bisa keluar sebagai juara kompetisi di tingkat ASEAN," kata Irvan.

Melalui ASEAN Investment Challenge ini, CGS-CIMB Sekuritas Indonesia berharap agar peserta dan terutama para pemenang, akan menjadi investor muda yang memiliki pengetahuan yang cukup tentang investasi. Selain itu, perusahaan juga berharap akan lahir talenta-talenta muda terbaik dan siap membangun pasar modal yang kuat di Indonesia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.