Sukses

Tesla Umumkan Data Produksi dan Pengiriman Kendaraaan untuk Kuartal II 2023, Bagaimana Gerak Sahamnya?

Tesla umumkan total pengiriman mobil Tesla sebanyak 466.140 unit dan total produksi 479.700 unit pada kuartal II 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Tesla mengumumkan produksi dan pengiriman kendaraan kuartal II 2023 pada Minggu, 2 Juli 2023. Pada periode tersebut, perusahaan milik Elon Musk itu mencatatkan total pengiriman sebanyak 466.140 unit dan total produksi 479.700 unit.

Angka tersebut melampaui ekspektasi analis dan menunjukkan bahwa pengiriman naik 83 persen dari tahun ke tahun (year on year/yoy). Hal ini terjadi  setelah perusahaan menambah kapasitas produksi, dan meningkatkan produksi di pabrik perakitan kendaraannya di Austin, Texas.

Melansir CNBC Internasional, Senin (3/7/2023), kuartal kedua tahun ini sekaligus menandai periode kelima berturut-turut di mana Tesla melaporkan tingkat produksi kendaraan yang lebih tinggi dibandingkan dengan pengiriman.

Selama kuartal kedua tahun lalu, Tesla melaporkan 254.695 pengiriman, dan pada kuartal pertama 2023 Tesla melaporkan 422.875 pengiriman. Selama kuartal kedua 2022, Tesla memproduksi 258.580 kendaraan dan kuartal terakhir menghasilkan 440.808 kendaraan.

Pengiriman adalah angka yang diawasi dengan cermat oleh pemegang saham Tesla dan merupakan perkiraan terdekat dari penjualan yang diungkapkan oleh perusahaan. Wall Street mematok ekspektasi terhadap Tesla untuk melaporkan pengiriman 445.924 untuk periode yang berakhir 30 Juni 2023.

Analis lainnya mengharapkan pengiriman 448.000 unit dan produksi 471.355 unit. CEO Tesla, Elon Musk menawarkan beberapa diskon dan insentif untuk meningkatkan penjualan mobil di AS selama kuartal tersebut.

Termasuk pada sedan entry-level Model 3, dan baru-baru ini, SUV Model X yang lebih tua dan sedan andalan Model S, yang mewakili sebagian kecil dari keseluruhan penjualan Tesla saat ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gerak Saham Tesla

Model 3 dan Y sekarang memenuhi syarat untuk kredit pajak USD 7.500 di AS berdasarkan Undang-Undang Pengurangan Inflasi.

Sekitar 96 persen pengiriman yang dilaporkan Tesla pada kuartal kedua tahun 2023 adalah crossover Model Y, dan sedan entry-level Model 3 pada kuartal ini.

Musk, yang juga ketua eksekutif dan CTO Twitter dan CEO SpaceX, menulis dalam tweet menjelang laporan pengiriman kuartal kedua: “Tolong beri tahu orang-orang untuk berhati-hati terhadap pinjaman margin. Tesla selalu menjadi stok variabilitas tinggi, seringkali tanpa alasan atau alasan yang jelas. Kami yakin tentang penciptaan nilai jangka panjang, tetapi tidak dapat mengendalikan sifat manik-depresif pasar saham."

Saham Tesla ditutup pada USD 261,77 atau naik 1,66 persen pada hari Jumat menjelang laporan pengiriman kuartal kedua. Perusahaan mengatakan, dalam sebuah pernyataan, akan membukukan hasil keuangan untuk kuartal kedua setelah penutupan pasar pada Rabu, 19 Juli 2023.

 

 

 

3 dari 4 halaman

Elon Musk Sebut Kapitalisasi Pasar Tesla Tergantung Penyelesaian Mobil Otonom

Sebelumnya, CEO Tesla Elon Musk menilai, kapitalisasi pasar produsen mobil listrik miliknya Tesla secara langsung terkait dengan apakah Tesla mampu menyelesaikan mobil otonom atau mobil tanpa pengemudi.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (17/6/2023), Elon Musk menyampaikan hal itu kepada Antoine Arnault, anak miliarder Bernard Arnault saat berbicara di konferensi inovasi VivaTech Paris. Arnault yang lebih muda menyampaikan kepada Musk mengenai kapitalisasi pasar Tesla senilai USD 827 miliar. Kapitalisasi pasar itu lebih kecil dari valuasi perusahaan barang mewah Arnault.

Elon Musk menanggapi dan menyarankan dia memiliki sedikit wawasan tentang pergerakan harga saham. “Valuasi adalah hal yang aneh. Terkadang saya berkata, hei, menurut saya harga saham Tesla terlalu tinggi, dan kemudian harga saham naik. Saya seperti, oke,” ujar dia.

Namun, ia menilai kapitalisasi pasar terkait apakah perusahaan dapat menyempurnakan teknologi kendaraan tanpa pengemudi. “Sungguh, nilai perusahaan terutama didasarkan pada otonom,” ujar dia.

"Jika Anda melihat total output produksi kami, hampir 2 juta kendaraan tahun ini atau semacamnya. Tapi itu masih hanya 2 persen dari total produksi kendaraan,” ia menambahkan.

Musk menuturkan, potensi kendaraan otonom adalah nilai otonomi.”Bahkan jika Anda memiliki diskon, kemungkinan persentase otonomi terjadi, itu sangat berharga,” ujar dia.

Ia juga mengulangi mengenai mengubah kendaraannya menjadi armada robotaxis yang dapat mengemudi sendiri, sebuah gagasan yang pernah dia katakan akan diterapkan pada 2020.

Elon Musk telah menuturkan, selama beberapa tahun kalau Tesla hampir menyelesaikan mengemudi otonom. Namun, Tesla masih hanya menyediakan fitur bantuan pengemudi tingkat lanjut.

 

4 dari 4 halaman

Elon Musk Bungkam saat Kunjungi Pabrik Tesla di China, Ada Apa?

Sebelumnya, orang terkaya di dunia Elon Musk menjadi sorotan, di mana sang miliarder tampak tidak aktif dan bungkam saat mengunjungi China pekan lalu. Selain bos Tesla, CEO Goldman Sachs David Solomon juga mengunjungi China.

Mengutip US News, Kamis (8/6/2023) Elon Musk dan David Solomon pun memiliki kesamaan, yaitu di mana keduanya tidak banyak berbicara di depan umum tentang perjalanan mereka yang sebagian besar terdiri dari pertemuan dengan pejabat pemerintah, staf lokal, dan mitra bisnis.

Acara media dan keterlibatan publik lainnya, yang dulu sering dilakukan sebelum pandemi, sekarang jarang terjadi. Bahkan Elon Musk, yang dikenal kerap aktif di Twitter, tidak membagikan pengalamannya saat mengunjungi negeri tirai bambu.

Pada tahun 2020, miliarder tersebut merayakan pengiriman mobil pertama yang dibuat di pabrik Tesla di Shanghai. Saat itu, acara tersebut terbuka untuk pers. Kali ini, media tidak diundang untuk meliput kunjungan pabriknya.

Begitu juga David Solomon. Pada tahun 2019, dia memberikan wawancara media dan berpartisipasi dalam sejumlah forum.

Tetapi selama perjalanannya pada Maret tahun ini, satu-satunya keterlibatannya yang diketahui adalah pertemuan tertutup dengan regulator, dana kekayaan kedaulatan China, dan di sebuah universitas.

Direktur pelaksana Canada China Business Council Noah Fraser, melihat bahwa para eksekutif AS yang berkunjung ke China tidak lagi mengejar peluang bisnis baru, tetapi berkonsentrasi untuk mempertahankan hubungan bisnisnya.

 "Mereka tampaknya tetap menundukkan kepala dan akan makan siang pribadi di mana mereka dapat belajar dari orang-orang di lapangan tentang apa yang terjadi," katanya.

Bloomberg Billionaires Index mencatat, orang terkaya dunia wahid ini Elon Musk kini mengantongi kekayaan bersih sebesar USD 202 miliar atau setara Rp 3 kuadriliun (asumsi kurs Rp 15.000 per dolar AS). Angka ini menempatkannya di urutan teratas orang terkaya di dunia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini