Sukses

Saham MU Melompat 13,76 Persen di Tengah Kabar Sheikh Jassim Ambil Alih Manchester United

Saham Manchester United (MU) ditutup naik 13,76 persen ke posisi USD 22,90 pada perdagangan Selasa, 13 Juni 2023 setelah rumor Sheikh Jassim bin Hamid al-Thani berhasil dalam penawaran Manchester United.

Liputan6.com, Jakarta - Saham Manchester United melompat pada perdagangan Selasa, 13 Juni 2023 setelah media Qatar melaporkan Sheikh Jassim bin Hamad al-Thani sepertinya sukses saat proses penawaran pengambilalihan Manchester United (MU).

Namun, CNBC belum dapat konfirmasi mengenai laporan itu. Juru bicara Manchester United menolak untuk berkomentar. The Atheletic, media olah raga yang dimiliki New York Times melaporkan media Qatar angkat isu dari  akun Twitter di Wales. Demikian dikutip dari CNBC, Rabu (14/6/2023).

Media Qatar Al-Watan melaporkan kalau Sheikh Jassim, putra dari mantan perdana menteri akan diumumkan sebagai pemenang dalam penawaran klub sepak bola tersebut. Al-Watan sendiri dimiliki oleh Hamad bin Jassim bin Jaber al-Thani.

Di Bursa Efek New York, saham Manchester United naik 11 persen pada perdagangan Selasa sore setelah naik 30 persen pada pra perdagangan. Saham MU ditutup menguat 13,76 persen menjadi USD 22,90. Namun, setelah perdagangan, saham MU turun 1,76 persen.

Laporan tersebut muncul setelah tujuh bulan negosiasi dan berkompetisi dengan miliarder Inggris Jim Ratcliffe yang ikut juga dalam penawaran klub tersebut.

Adapun di akun media sosial Al-Watan menyebutkan, keberhasilan akusisi Sheikh Jassim bin Hamad bin Jassim akan segera diumumkan. Editor Al Watan, Fahad al-Emadi juga berbagi pesan serupa. “Semua berita yang diterima menunjukkan keberhasilan akuisisi Sheikh Jassim bin Hamad bin Jassim atas Manchester United dan pengumuman kesepakatan akan segera dilakukan,” ujar dia.

CNBC melaporkan, Chairman Grup Aramsite, konsultan politik yang bermarkas di Doha, Zaid Al-Hamdan mengucapkan selamat kepada Sheikh Jassim meski belum ada pengumuman resmi. “Selamat kepada Shaikh Jassim bin Hamad bin Jassim atas akuisisi @ManUtd,” tulis Al-Hamdan di Twitter.

Keluarga Glazer pemilik Manchester United mengumumkan proses penjualan pada akhir tahun lalu. Pada 22 November, keluarga Glazer menyebutkan akan mulai menjajaki alternatif strategis untuk klun.

Sheikh Jassim pada 7 Juni dilaporkan telah mengajukan tawaran kelima dan terakhir ditingkatkan sekitar USD 6,3 miliar untuk kendali penuh atas Manchester United. Sementara itu, Jim Ratcliffe ini membeli sekitar 60 persen saham Manchester United.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sheikh Jassim Ingin Beli Saham Manchester United

Sebelumnya, dua investor tampaknya serius mengambilalih klub sepak bola Manchester United. Hal ini setelah investor Qatar yang juga seorang bankir yakni Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani resmi mengajukan penawaran beli Manchester United (MU).

Bankir Qatar Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani telah konfirmasi mengajukan tawaran untuk mengambil alih klub sepak bola Manchester United.

Dikutip dari Manchester Evening News.com, ditulis Minggu (19/2/2023), pengumuman penawaran tersebut diumumkan tak lama setelah jam 8 malam pada Jumat, 17 Februari 2023, kurang dari dua jam sebelum tenggat waktu jam 10 malam untuk penawar. Chairman Qatar Islamic Bank (QIB), bank terbesar di Qatar Sheikh Jassim bin Hamad Al-Thani telah mengajukan penawaran. Ia bergabung dengan miliarder Inggris Sir Jim Ratcliffe untuk membeli Manchester United dari keluarga Glazer.

“Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani hari ini konfirmasi pengajuan tawarannya untuk 100 persen saham klub sepak bola Manchester United,” demikian dari pernyataan konfirmasi tawaran tersebut.

“Tawaran tersebut untuk mengembalikan klub ke masa kejayaannya baik di dalam dan luar lapangan, dan di atas segalanya akan berusaha untuk menempatkan penggemar di jantung klub sepak bola Manchester United (MU) sekali lagi,"

Adapun tawaran ini akan dilakukan melalui Nine Two Foundation milik Sheikh Jassim dan benar-benar bebas utang. Ia akan investasi di tim sepak bola, pusat pelatihan, stadion dan infrastruktur yang lebih luas, pengalaman penggemar dan komunitas yang didukung klub.

Selain itu, miliarder Inggris Sir Jim Ratcliffe dan perusahaan petrokimia Ineos telah konfirmasi tawaran untuk kepemilikan mayoritas di Manchester United.

 

 

3 dari 3 halaman

Kekayaan Sheikh Jassim

Sebelumnya,  Al Thani mengaku sebagai penggemar Manchester United seumur hidup. Pria berusia 44 tahun ini Chairman Qatar Islamic Bank, salah satu bank terbesar di Qatar dan dilaporkan memiliki kekayaan bersih USD 1,3 miliar.

Mengutip Manchesterworld.uk, ia memiliki hubungan mendalam dengan Inggris setelah dididik di Royal Military Academy Sandhurst dan International College, Sherborne School di Dorset.

Selain sebagai Chairman QIB, Sheikh Jassim juga presiden kehormatan Qatar National Cancer Society (QNCS). Ia menikah dengan sepupunya Sheikha Bothaina binti Hamad Al Thani dan memiliki delapan anak.

Ia putra mantan perdana menteri Qatar Hamad bin Jassim Al Thani yang juga dikenal sebagai HBJ. Ia anggota keluarga keluarga kerajaan Qatar. Forbes perkirakan, ia memiliki kekayaan bersih USD 1,3 miliar atau sekitar Rp 19,73 triliun.

Sebagai bagian dari keluarga kerjaan Qatar yang berkuasa diklaim mereka memiliki kekayaan bersih kolektif sekitar USD 335 miliar atau sekitar Rp 5.085 triliun. Kepala Keluarga Kerajaan Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani diperkirakan memiliki kekayaan sekitar USD 2 miliar atau sekitar Rp 30,36 triliun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini