Sukses

Bank Mandiri Taspen Gandeng Bukalapak Luncurkan Komunitas Mantap Indonesia

PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) berkesempatan bergabung dengan Komunitas Mantap Indonesia (KMI) yang diinisiasi PT Bank Mandiri Taspen.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) berkesempatan bergabung dengan Komunitas Mantap Indonesia (KMI) yang diinisiasi PT Bank Mandiri Taspen. KMI disiapkan untuk menjadi wadah silaturahmi para pensiunan sekaligus bentuk kepedulian Bank Mandiri Taspen kepada para nasabahnya.

Selain Bukalapak, Bank Mandiri Taspen juga menggandeng platform digital lain KlikDokter oleh PT Medika Komunika Teknologi dan PT Citra Van Titipan Kilat (TIKI) dalam mewujudkan 3 pilar Mantap yakni, Mantap Sehat, Mantap Aktif & Mantap Sejahtera.

Adapun penandatanganan PKS antara Bank Mandiri Taspen dengan Bukalapak dan TIKI merupakan perwujudan pilar III Mantap Sejahtera, di mana Bank Mandiri Taspen berupaya meningkatkan taraf hidup nasabah khususnya pensiunan agar terus produktif dan sejahtera.

“Setelah PKS ini Bukalapak akan memberikan pelatihan kewirausahaan dan mewadahi nasabah kami dalam berwirausaha, termasuk melakukan digitalisasi usaha yang mereka miliki,” jelas Direktur Utama Bank Mandiri Taspen Elmamber Petamu Sinaga dalam keterangan resmi, dikutip Kamis (1/5/2023).

Sementara, CEO BukaFinancial & Commerce Bukalapak Victor Lesmana mengatakan, sebagai perusahaan teknologi yang memfasilitasi pertumbuhan bisnis milik jutaan UMKM di seluruh Indonesia, pihaknya melihat bagaimana digitalisasi berperan penting dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Karena itu, kami senang dapat berkolaborasi dengan Bank Mandiri Taspen ini karena kami punya kesempatan untuk memperluas dampak digitalisasi ke lebih banyak orang di tanah air, terutama para pensiunan yang menjadi nasabah utama Mandiri Taspen,” ujar Victor.

“Kami percaya bahwa membangun mental wirausaha tidak mengenal batasan umur. Oleh karena itu, kami antusias untuk berpartisipasi dan berkontribusi di program ini,” sambungnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kerja Sama Bank Mandiri dan TIKI

Lalu kerjasama Bank Mandiri Taspen dan TIKI diwujudkan dalam program “Agen Kurir Mantap”, yaitu inovasi penciptaan paket usaha baru berupa kemitraan gerai Agen Kurir TIKI (jasa pengiriman atau ekspedisi) untuk nasabah Bank Mandiri Taspen. Diharapkan melalui program ini bisa menciptakan wirausaha–wirausaha baru yang produktif dan sejahtera.

Direktur Utama TIKI Yulina Hastuti, mengatakan, program Agen Kurir Mantap sangat sesuai dengan konsep bisnis TIKI. Menurutnya TIKI memiliki konsep bisnis yang unik dibandingkan kebanyakan perusahaan jasa kurir dan logistik.

Sejak awal didirikan, TIKI membangun bisnis dengan model kemitraan karena pihaknya yakin mengembangkan bisnis berbasis jaringan seperti industri kurir tidak dapat dilakukan sendirian. Saat ini lebih dari 3.700 jaringan gerai dan cabang TIKI merupakan milik mitra, dan pihaknya berkomitmen terus mengembangkan jaringan kemitraan kami lebih luas lagi.

“Program Agen Kurir Mantap, hasil kerjasama dengan Bank Mandiri Taspen ini, merupakan sebuah terobosan baru untuk memfasilitasi para calon mitra untuk memulai usahanya di industri kurir,” ujar Yulina.

Pilar Pertama

Sedangkan PKS dengan KlikDokter merupakan wujud dari pilar pertama Bank Mandiri Taspen yakni Mantap Sehat. KlikDokter merupakan platform digital yang terintegrasi dengan fasilitas konsultasi online dengan dokter dari berbagai spesialisasi, termasuk menyediakan resep dan menggunakan beragam tools kesehatan berbasis teknologi.

Oleh sebab itu, kerja sama dengan KlikDokter bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada nasabah Bank Mandiri Taspen melalui fasilitas konsultasi kesehatan online.

"KlikDokter sangat mengapresiasi kerjasama ini. Dia berharap kerjasama ini akan memberi manfaat bagi nasabah Bank Mandiri Taspen," kata Presiden Direktur KlikDokter, Hendra Heryanto Tjong.

3 dari 5 halaman

Mitra Bukalapak Jembatani Agen Inklusi Keuangan ke Pelosok Negeri

Sebelumnya, Mitra Bukalapak terus memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar online-to-offline (o2o) melalui peningkatan berbagai kapabilitas untuk mendukung pertumbuhan usaha kecil di Indonesia. 

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh Nielsen pada 2022, Mitra Bukalapak memiliki level penetrasi tertinggi sebanyak 57 persen untuk segmen warung yang menggunakan platform o2o, atau lebih besar dari gabungan penetrasi dua kompetitor penyedia platform o2o terbesar berikutnya. 

Dengan memberdayakan lebih dari 16,8 juta pemilik warung dan UMKM di seluruh indonesia, Mitra Bukalapak mengemban misi untuk menghadirkan akses digital dan finansial yang merata di seluruh pelosok negeri, termasuk di daerah luar pulau Jawa seperti Makassar.

Meski dikenal sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, inklusi keuangan dan digital di Makassar masih menjadi isu yang perlu diatasi. Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional VI Salampua menyebutkan, tingkat literasi keuangan Sulawesi Selatan baru di angka 32,46 persen, atau di bawah rata-rata literasi keuangan nasional. Sistem pembayaran tunai juga masih mendominasi wilayah ini. 

 

 

 

4 dari 5 halaman

Pengembangan Produk Digital

Dalam mengatasi tantangan tersebut, Mitra Bukalapak mengembangkan berbagai produk digital dan virtual untuk pemilik warung dapat mentransformasi warung tradisionalnya ke lebih dari 42 jenis produk virtual. Layanan ini tidak hanya membantu warung memperoleh kemampuan yang dimiliki oleh toko modern, tetapi juga memberdayakan mereka untuk bertindak sebagai agen inklusi keuangan di komunitas mereka.

Mengawali bisnis warung dengan hanya menjual produk sembako, Pak Sainal, Mitra Bukalapak asal Makassar, berhasil mengalami peningkatan omzet hingga dua kali lipat setelah menggunakan aplikasi Mitra Bukalapak.

“Sejak bergabung menjadi Mitra Bukalapak, warung saya bisa memenuhi segala kebutuhan masyarakat sekitar karena barang yang dijual lengkap. Sebelumnya, masyarakat di sini harus ke minimarket yang lokasinya relatif jauh jika mau berbelanja. Jam buka warung saya juga lebih awal dan jam tutupnya lebih lama daripada toko-toko lainnya. Hampir tiap hari ada yang beli token listrik ataupun produk virtual lainnya, dan tiap bulan pasti ada yang melakukan pembayaran untuk BPJS,” kata Sainal dalam keterangan resminya, Rabu (17/5/2023).

 

5 dari 5 halaman

Bantu Pertumbuhan Usaha

Demi terus memperluas dampak bagi para pemilik warung dan pemilik bisnis mikro lainnya, Mitra Bukalapak selalu berupaya menghadirkan fitur dan layanan yang mempersonalisasi kebutuhan pemilik warung, sehingga mereka dapat menggunakan aplikasi secara mudah dan nyaman. 

"Tak hanya variasi produk virtual, Mitra Bukalapak sangat membantu pertumbuhan bisnis saya berkat fitur-fitur seperti desain promosi dan pembukuan keuangan yang ada di aplikasi. Semuanya lengkap di aplikasi yang bisa saya kulik sendiri dengan mudah," kata dia.

Jauh dari akses perbankan, warung Rostina hadirkan layanan keuangan Rostina, pemilik warung asal Bulukumba, Sulawesi Selatan, menjadi salah satu Mitra Bukalapak yang memberikan dampak terhadap masyarakat sekitarnya. Bertempat tinggal di daerah yang cukup jauh dari Kota Makassar, 6 jam perjalanan dengan mobil dan 4 jam perjalanan menggunakan motor, membuat wilayah tempat warung Ros cukup jauh dari akses ATM dan kantor pos. 

Berbekal keinginan untuk bisa menghasilkan uang tanpa keluar rumah, Ros mencari aplikasi di Google Playstore yang dapat memenuhi keinginannya. Dari sini Ros menemukan aplikasi Mitra Bukalapak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.