Sukses

Anak Perusahaan Power China Gandeng MPX Logistics International untuk Garap Mega Project Smelter Amman Mineral

PT MPX Logistics International Tbk (MPXL) digandeng SINOHYDRO-NEM CONSORTIUM atau anak perusahaan Power China untuk bekerjasama dalam pembangunan Mega Project Smelter Amman Mineral

Liputan6.com, Jakarta - Emiten jasa transportasi infrastruktur dan perdagangan material, PT MPX Logistics International Tbk (MPXL) yang baru saja go public digandeng langsung oleh SINOHYDRO-NEM CONSORTIUM atau anak perusahaan Power China untuk bekerjasama dalam pembangunan Mega Project Smelter Amman Mineral di Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. 

MPX Logistics International menandatangani kontrak resmi dengan Sinohydro pada Senin, 15 Mei 2023, dalam kerjasama ini perseroan mendapatkan kontrak jasa pengangkutan dan pemasok material terutama semen curah tipe OPC dan tipe V di project Smelter Aman Mineral Sumbawa, dengan kapasitas total 100,000 ton. 

Perseroan sebelumnya sudah mendapatkan kontrak jasa penyewaan mobil Dumptruk dan saat ini sedang beroperasi di project Smelter Amman Mineral.

“Kontrak yang sudah kami tanda tangani ini akan berlaku untuk 18 bulan kedepan, di harapkan dengan adanya project di Sumbawa ini MPXL dapat bekerja sama dengan perusahaan yang ada di Indonesia Bagian Timur lain nya," kata Direktur MPX Logistics International Susanto dalam keterangan resminya, Senin (22/5/2023).

Selain proyek di Sumbawa, MPXL juga sedang bekerja sama dengan kontraktor dan baching plant yang ada di provinsi Lampung untuk membantu pengiriman semen curah untuk perbaikan dan pengecoran jalan jalan yang rusak.

"MPXL tidak hanya menyediakan Jasa angkutan ataupun sebagai Pemasok material, tapi juga sebagai mitra transportasi pengangkut abu batu bara pembangkit listrik (PLTU) yang ada," kata dia.

Tak hanya itu, ia menyebut, pihaknya berkomitmen akan selalu memberikan pelayanan jasa angkutan dan pasokan kebutuhan material yang berkualitas untuk mendukung proyek-proyek pemerintah dan masyarakat dalam rangka membangun infrastruktur untuk Indonesia Maju 2045.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

IPO MPX Logistics International Kelebihan Permintaan 41,5 Kali

Sebelumnya, saham PT MPX Logistics International Tbk (MPXL) resmi diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) mulai hari ini, Selasa 9 Mei 2023. Sebelumnya, perseroan telah menyelesaikan penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO) dan mengalami kelebihan permintaan.

Direktur PT Panin Sekuritas Tbk Prama Nugraha mengatakan IPO PT MPX Logistics International Tbk. berhasil mengalami kelebihan pemesanan atau oversubscribe sebanyak 41,5 kali dari total penawaran umum. Prama mengatakan secara keseluruhan proses IPO MPXL telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana.

"Kami menilai prospek industri jasa angkutan dan material yang terus menorehkan pertumbuhan kinerja akan menjadi indikasi yang baik bagi MPXL untuk melenggang di pasar bursa dan terus menarik serta memberi manfaat besar pada seluruh investor," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (9/5/2023).

Dalam rangka IPO, perseroan menerbitkan 400 juta lembar saham baru dengan harga penawaran sebesar Rp 108 per saham, sehingga Perseroan berhasil memperoleh dana sebesar Rp 43,20 miliar.

Selain itu juga, Perseroan memberikan Saham Penghargaan kepada karyawan MPXL melalui Program Employee Stock Allocation (ESA) sebanyak 2.777.8000 saham.

Perseroan juga menerbitkan Waran Seri I sebanyak 80 juta Waran Seri I atau setara dengan 5 persen dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh. Waran Seri I akan diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang Saham Baru. Harga pelaksanaan yakni sebesar Rp 368 per saham.

“Melalui IPO ini kami ingin selalu memberi dampak positif, kami ingin secara konsisten mendukung berjalannya infrastruktur nasional yang semakin agresif berkembang. Seiring dengan hal itu, kami berharap ke depan dapat menjadi Leading Company industri material dan jasa transportasi di dalam negeri,” kata Direktur Utama PT MPX Logistics International Tbk, Wijaya Candera.

 

3 dari 4 halaman

Optimalkan Pasar

Wijaya menyebut, IPO ini menjadi momen penting bagi Perseroan yang telah bertransformasi dari bisnis keluarga menjadi perusahaan publik.

Kini, Perseroan memiliki akses keuangan dan jejaring bisnis yang terbuka lebar, sehingga perusahaan dapat mengoptimalkan peluang pasar yang bertumbuh cepat khususnya untuk melengkapi kebutuhan pelaku usaha dan masyarakat agar lebih efektif dan efisien.

Hasil dana dari aksi penawaran umum ini setelah dikurangi biaya-biaya emisi efek, sekitar 12,76 persen untuk pembayaran uang muka pembelian armada truk, dimana Perseroan telah melakukan pemesanan sebanyak 10 unit kendaraan untuk meningkatkan pendapatan usaha.

Kemudian, sebesar 36,99 persen untuk pembelian tanah dan bangunan di provinsi Banten guna mendukung dan memperlancar aktivitas perseroan yang akan digunakan untuk pool kendaraan.

Sisanya, sekitar 50,25 persen dana yang diperoleh akan digunakan oleh Perseroan untuk modal kerja. Sementara dari pelaksanaan Waran Seri I akan digunakan seluruhnya untuk modalk kerja.

 

4 dari 4 halaman

Sentuh ARA saat Listing

Sebelumnya,  PT MPX Logistics International Tbk (MPXL) terbang hingga sentuh auto reject atas (ARA) pada perdagangan perdananya di Bursa Efek Indonesia (BEI). Saham perseroan mulai tercatat dan resi diperdagangkan di Bursa pada hari ini, Selasa 9 Mei 2023.

Saham MPXL naik 34,26 persen ke posisi 145 dari harga IPO sebesar Rp 108 per lembar, sesaat setelah perdagangan dibuka. Melansir data RTI, frekuensi perdagangan saham MPXL mencapai 1.624 kali. Volume saham yang ditransaksikan yakni 4,65 juta lembar senilai Rp 673,9 juta.

Sebelumnya, perseroan telah melaksanakan penawaran umum perdana saham (initial public offering/IPO). Dalam aksi tersebut, perseroan menerbitkan 400 juta lembar saham baru atau sebanyak 20 persen dari jumlah modal ditempatkan dan disetor penuh, dengan harga penawaran sebesar Rp 108 per saham, sehingga Perseroan berhasil memperoleh dana sebesar Rp 43,20 miliar.

Selain itu juga, perseroan memberikan Saham Penghargaan kepada karyawan MPXL melalui Program Employee Stock Allocation (ESA) sebanyak 2.777.8000 saham.

Dalam IPO ini, Perseroan juga menerbitkan Waran Seri I sebanyak 80.000.000 Waran Seri I atau setara dengan sebanyak 5% dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh. Waran Seri I akan diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang Saham Baru.

Pada setiap pemegang 5 Saham Baru Perseroan berhak memperoleh 1 Waran Seri I di mana setiap 1 Waran Seri I dapat ditukar dengan 1 saham biasa. Harga Pelaksanaan sebesar Rp368 setiap saham, yang dapat dilaksanakan setelah 6 bulan sejak Waran Seri I diterbitkan, yaitu mulai tanggal 09 November 2023 sampai dengan 08 Mei 2024.

 Dana hasil penawaran umum ini setelah dikurangi biaya-biaya emisi efek, sekitar 12,76 persen untuk pembayaran uang muka pembelian armada truk. Di mana Perseroan telah melakukan pemesanan sebanyak 10 unit kendaraan untuk meningkatkan pendapatan usaha.

Kemudian, sebesar 36,99 persen untuk pembelian tanah dan bangunan di provinsi Banten guna mendukung dan memperlancar aktivitas perseroan yang akan digunakan untuk pool kendaraan.

Sisanya, sekitar 50,25 persen dana yang diperoleh akan digunakan oleh Perseroan untuk modal kerja. Sementara dari pelaksanaan Waran Seri I akan digunakan seluruhnya untuk modal kerja.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.