Sukses

Perusahaan Orang Terkaya Dunia Warren Buffett Cuan Rp 523 Triliun

Pendapatan operasional adalah laba yang tersisa setelah biaya dari operasi inti bisnis dikeluarkan. Alhasil konglomerat itu membukukan laba kuartal pertama senilai USD 35,5 miliar atau sekitar Rp 523 triliun.

Liputan6.com, Jakarta Berkshire Hathaway perusahaan milik miliarder Warren Buffett melaporkan lonjakan pendapatan pada kuartal pertama 2023 menjelang rapat pemegang saham tahunan Oracle of Omaha.

Dilansir dari CNN, Selasa (9/5/2023), menurut rilis perusahaan yang terbit pada Sabtu, pendapatan operasional meningkat sekitar 12 persen dari tahun sebelumnya menjadi USD 8,065 miliar pada kuartal pertama.

Pendapatan operasional adalah laba yang tersisa setelah biaya dari operasi inti bisnis dikeluarkan. Alhasil konglomerat itu membukukan laba kuartal pertama senilai USD 35,5 miliar atau sekitar Rp 523 triliun.

Ternyata lonjakan pendapatan sebagian disebabkan oleh kembalinya kerajaan asuransi Berkshire. Bisnis penjaminan asuransi perusahaan mengalami lonjakan yang jelas, dari pendapatan USD 167 juta pada kuartal pertama 2022 menjadi USD 911 juta sekarang. Sedangkan pendapatan investasi asuransi meningkat dari USD 1,17 miliar menjadi USD 1,97 miliar.

Akan tetapi, Geico yang dimiliki oleh Berkshire Hathaway mengalami kerugian penjaminan emisi sebelum pajak sebesar USD 1,9 miliar pada akhir tahun, setelah kehilangan pangsa pasar karena pesaing progresif.

Hingga saat ini 2023 jauh lebih baik karena mampu membukukan laba underwriting sebesar USD 703 juta di Q1 tahun ini. Itu berkat premi rata-rata yang lebih tinggi dan biaya iklan lebih rendah, meskipun frekuensi klaim lebih rendah.

Namun, perusahaan energi Berkshire dan kereta api barang, BNSF, mengalami penurunan pendapatan dibandingkan kuartal ini tahun lalu.

Berkshire akhirnya membeli kembali sekitar USD 4,4 miliar saham dan simpanan kasnya meningkat menjadi USD 130,6 miliar dari USD 128 miliar pada Q4 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Miliarder Warren Buffet Berbagi 10 Hal Jenius Sukses Kelola Keuangan Seumur Hidup

Warren Buffett bisa dibilang menjadi investor paling terkenal dan paling dihormati sepanjang masa. Dia dikenal karena pesonanya yang sederhana dan kutipannya yang mengesankan tentang seni berinvestasi.

Saat Anda punya tujuan untuk mengumpulkan, sangat bijaksana jika mengikuti jejak kaki orang-orang yang telah berhasil.

Peluang Anda untuk sukses berinvestasi dapat meningkat secara eksponensial jika Anda mempelajari dan menerapkan kiat-kiat investasi terbaik khususnya dari Buffett.

Melansir Go Rankingrates, Sabtu (15/4/2023), berikut ini sepuluh hal yang harus Anda lakukan dengan uang seperti wejangan dari miliarder Warren Buffet.

1. Jangan Pernah Kehilangan Uang

Salah satu nasihat paling populer dari Buffett adalah sebagai berikut, “Aturan No. 1: Jangan pernah kehilangan uang. Peraturan No.2: Jangan pernah melupakan peraturan No.1.”

Jika Anda merugi, jauh lebih sulit untuk kembali ke tempat Anda memulai, apalagi untuk mendapatkan keuntungan.

2. Dapatkan Nilai Tinggi dengan Harga Rendah

Dalam surat pemegang saham Berkshire Hathaway pada 2008, Buffett berbagi prinsip utama lainnya, “Harga adalah apa yang Anda bayar; nilai adalah apa yang Anda dapatkan.”

Kehilangan uang dapat terjadi saat Anda membayar harga yang tidak sesuai dengan nilai yang Anda dapatkan. Misalnya, saat Anda membayar bunga tinggi untuk utang kartu kredit atau membelanjakan barang yang jarang Anda gunakan.

Sebaliknya, hiduplah sederhana seperti Buffett dengan mencari peluang untuk mendapatkan nilai lebih dengan harga lebih murah. "Apakah kita berbicara tentang kaus kaki atau saham, saya suka membeli barang dagangan berkualitas saat harganya turun," tulis Buffett.

3. Bentuk Kebiasaan Uang yang Sehat

Dalam pidato 2007 di University of Florida, Buffett mengatakan, "Sebagian besar perilaku adalah kebiasaan, dan mereka mengatakan bahwa rantai kebiasaan terlalu ringan untuk dirasakan sampai terlalu berat untuk dipatahkan."

Jadi, berusahalah untuk membangun kebiasaan uang yang positif dan hentikan hal-hal yang merugikan dompet Anda.

 

3 dari 3 halaman

4. Hindari Utang Terutama Kartu Kredit

Buffett membangun kekayaannya dengan membuat bunga bekerja untuknya. "Saya telah melihat lebih banyak orang gagal karena minuman keras dan leverage - leverage uang pinjaman," kata Buffett dalam pidato pada 1991 di Universitas Notre Dame.

“Kamu benar-benar tidak terlalu membutuhkan pengaruh di dunia ini. Jika Anda pintar, Anda akan menghasilkan banyak uang tanpa meminjam,” kata dia.

Buffett sangat waspada terhadap kartu kredit. Jadi, hindari hal itu sama sekali. “Suku bunga kartu kredit sangat tinggi,” kata Buffett suatu kali. “Kadang-kadang mereka 18 persen. Kadang-kadang mereka 20 persen. Jika saya meminjam uang dengan bunga 18 atau 20 persen, saya akan bangkrut.”

5. Simpan Uang Tunai

Kunci lain untuk memastikan keamanan adalah selalu menyimpan cadangan uang tunai. “Kami selalu mempertahankan setidaknya USD 20 miliar – dan biasanya jauh lebih banyak – setara kas,” kata Buffett dalam laporan tahunan Berkshire Hathaway 2014.

Bisnis dan individu sama-sama mungkin merasa gatal untuk menggunakan uang tunai cair melalui investasi. “Namun, uang tunai adalah untuk bisnis seperti halnya oksigen bagi individu: tidak pernah memikirkan kapan uang itu ada, satu-satunya hal yang ada dalam pikiran ketika uang itu tidak ada,” kata Buffett. “Ketika tagihan jatuh tempo, hanya uang tunai yang sah. Jangan tinggalkan rumah tanpa itu.”

6. Berinvestasilah Pada Diri Sendiri

Menurut Inc.com, Buffett berkata, “Berinvestasi sebanyak mungkin dari diri Anda. Anda adalah aset terbesar sejauh ini.” Dia menggemakan sentimen itu dalam wawancara CNBC saat berkata, "Apa pun yang Anda lakukan untuk meningkatkan bakat Anda sendiri dan menjadikan diri Anda lebih berharga akan terbayar dalam hal daya beli nyata yang sesuai."

Pengembalian itu juga besar. “Apa pun yang Anda investasikan pada diri sendiri, Anda akan mendapatkan kembali sepuluh kali lipat,” kata Buffett. Dan tidak seperti aset dan investasi lainnya, “tidak ada yang dapat mengenakan pajak; mereka tidak dapat mencurinya dari Anda.”

7. Pelajari Tentang Uang

Bagian dari berinvestasi pada diri sendiri harus belajar lebih banyak tentang mengelola uang. Sebagai seorang investor, sebagian besar pekerjaan Buffett terdiri dari membatasi paparan dan meminimalkan risiko. Dan "risiko datang dari tidak mengetahui apa yang Anda lakukan," kata Buffett, menurut Forbes. Semakin banyak yang Anda ketahui tentang keuangan pribadi, semakin banyak keamanan yang Anda miliki saat meminimalkan risiko.

Pelajaran dari kutipan Buffett ini adalah untuk mendidik diri sendiri secara aktif tentang keuangan pribadi. Seperti yang dikatakan Charlie Munger - mitra Buffett -, "Tidurlah lebih pintar daripada saat Anda bangun."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.