Sukses

Simak Jadwal Operasional BCA Selama Libur Lebaran Idul Fitri 2023

PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) menyesuaikan jadwal operasional kantor cabang seiring libur Lebaran 2023. Seluruh kantor cabang BCA kembali beroperasi normal pada 26 April 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang periode hari libur Lebaran Idul Fitri 2023, PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) menyesuaikan jadwal operasional kantor cabang. Penyesuaian jadwal tersebut mengikuti jadwal cuti bersama Lebaran yang telah ditetapkan oleh pemerintah pada 19, 20, 21, 24, dan 25 April 2023.

Berikut penyesuaian kegiatan operasional kantor cabang BCA selama libur Idul Fitri 2023:

  • 19 April 2023: Beroperasi di cabang-cabang tertentu*
  • 20-21 April 2023: LIBUR – Cabang tidak beroperasi
  • 22-23 April 2023: LIBUR – Weekend Banking tidak beroperasi
  • 24 April 2023: LIBUR – Cabang tidak beroperasi
  • 25 April 2023: Beroperasi di cabang-cabang tertentu*
  • 26 April 2023: Seluruh cabang beroperasi normal

* melayani semua transaksi kecuali valuta asing, SKNBI dan RTGS

Daftar kantor cabang BCA yang beroperasi pada 19 dan 25 April 2023 dapat dilihat pada tautan ini https://www.bca.co.id/id/informasi/news-and-features/2023/04/11/07/39/informasi-daftar-cabang-beroperasi-periode-libur-idulfitri-2023.

Adapun seluruh kantor cabang BCA akan kembali beroperasi normal pada 26 April 2023. Sebagai informasi, untuk menghindari terjadinya gagal debet pembayaran fasilitas kredit selama Libur Lebaran, nasabah diharapkan untuk mempersiapkan dana di rekening autodebet sebelum 19 April 2023.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, pihaknya memahami, banking from anywhere saat ini telah menjadi standar baru bagi operasional dan kegiatan perbankan.

Oleh karena itu, BCA berkomitmen untuk tetap siap melayani kebutuhan transaksi nasabah selama 24 jam saat periode libur Lebaran, melalui layanan yang tersedia di aplikasi myBCA, BCA mobile, KlikBCA, hingga jaringan ATM BCA. 

"Selain itu, nasabah juga dapat memanfaatkan fitur cardless di BCA mobile dan myBCA sehingga nasabah dapat melakukan setor dan tarik tunai di ATM tanpa kartu ATM,” kata Jahja dalam keterangan resminya, Senin (17/4/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Imbauan kepada Nasabah

Selain jadwal operasional perbankan, BCA juga melakukan penyesuaian terkait layanan operasional untuk B2B Pertamina, layanan penerimaan dan pembayaran atas penjualan produk Pertamina bagi para pelanggan Pertamina secara Host to Host melalui KlikBCA Bisnis. 

Layanan tersebut akan beroperasi pada 21 April 2023 selama masa libur Lebaran. Adapun kantor cabang BCA yang melayani B2B Pertamina selama libur Lebaran 2023 yakni, KCU Bandung, KCU Blitar, KCU Galaxy, KCU Medan, KCU Madiun, KCU Matraman, KCU Palembang, dan KCU Semarang.

BCA juga senantiasa mengimbau kepada nasabah BCA untuk senantiasa berhati-hati terhadap berbagai macam modus penipuan yang mengatasnamakan BCA. Jaga selalu kerahasiaan data perbankan Anda! Jika mendapatkan informasi yang mencurigakan, nasabah dapat menghubungi contact center HaloBCA melalui 1500888 dan aplikasi Halo BCA, WA Halo BCA 0811 1500 998, twitter @HaloBCA, webchat www.bca.co.id, atau e-mail melalui halobca@bca.co.id.

Dalam kesempatan penuh berkah ini, Jahja Setiaatmadja mewakili manajemen dan karyawan BCA mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 2023 1444 Hijriyah.

“Selamat Hari Raya Idul Fitri 2023 1444 Hijriyah. Mohon maaf lahir dan batin. Semoga para nasabah dapat berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat tercinta dalam suasana yang penuh kebahagiaan," imbuhnya.

 

3 dari 4 halaman

Lebaran, BCA Siapkan Uang Tunai Rp 69,48 Triliun dan Lokasi Penukaran

Sebelumnya, PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menyiapkan uang tunai sebesar Rp 69,48 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama periode Ramadan hingga Idul Fitri 2023.

Jumlah uang Lebaran yang disiapkan BCA tersebut naik 10 persen dari nominal yang disiapkan pada momen bulan suci dan Lebaran di tahun lalu.

"Segenap layanan kami selama Ramadan dan Idulfitri merupakan wujud komitmen kami dalam menghadirkan service excellence bagi seluruh nasabah agar dapat bertransaksi dengan amandan nyaman. Kami harap kesiapan BCA dalam memenuhi kebutuhan uang tunai selamaRamadan dapat mendukung perputaran uang di masyarakat sehingga mendorongpertumbuhan nasional," ucap Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk, Jahja Setiaatmadja.

Pembatasan mobilitas pada tahun ini sudah semakin longgar, sehingga kegiatan perekonomian serta konsumsi masyarakat menjelang Idul Fitir pun diperkirakan akan lebih besar dibandingkandengan tahun lalu.

Sejalan dengan hal tersebut, BCA mengantisipasi adanya peningkatan transaksi dengan mempersiapkan sejumlah layanan yang dapat mempermudah nasabah.

Selain ketersediaan uang tunai, BCA juga memastikan kebutuhan nasabah untuk menukarkan uang terpenuhi. Di wilayah Jabodetabek, BCA siap memfasilitasi nasabah dengan layanan penukaran uang di 46 Kantor Cabang Utama (KCU).

Kemudian satu mobil kas keliling di area Masjid Istiqlal selama periode 3-14 April 2023, serta di Rest Area KM 57 Tol Jakarta Cikampek selama 17-19April 2023.

BCA juga memproyeksikan peningkatan jumlah transaksi jelang lebaran juga akan terjadi di kanal digital BCA.

Sebagai informasi, volume transaksi mobile banking BCA mencapai lebih dari 3 miliar transaksi di sepanjang dua bulan pertama tahun 2023, atau tumbuh 54,4 persen YoY. Adapun volume transaksi internet banking mencapai hampir 800 juta transaksi di periode yang sama.

 

4 dari 4 halaman

Nilai Transaksi Internet Banking BCA

Sementara itu, nilai transaksi internet banking BCA mencapai Rp 2.797 triliun dan mobile banking BCA mencapai Rp 1.016 triliun di sepanjang dua bulan pertama tahun 2023, masing-masing tumbuh 13,4% YoY dan 36,0% YoY.

“BCA berkomitmen memberikan layanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan nasabah maupunmitra di momen spesial Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri. Kami juga berfokus untuk senantiasamemastikan hadirnya platform perbankan transaksi yang aman dan andal, sekaligus dapatmenjadi solusi yang relevan bagi kebutuhan nasabah,” tambah Jahja Setiaatmadja.

Selama bulan suci Ramadan 1444 H, BCA juga melakukan penyesuaian jam operasional kantor cabang hingga pukul 14.30 waktu setempat.

Kendati demikian, BCA tetap siap melayanikebutuhan transaksi nasabah selama 24 jam melalui layanan digital yang tersedia di aplikasimyBCA, BCA mobile, internet banking KlikBCA, hingga jaringan ATM Setor-Tarik BCA.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.