Sukses

Elon Musk Buka Suara Terkait Pabrik Baru di Indonesia

CEO Tesla Elon Musk pernah mengatakan di masa lalu ingin membangun 10 hingga 12 gigafactories tambahan di seluruh dunia.

Liputan6.com, Jakarta - CEO Tesla Elon Musk buka suara terkait sebuah laporan yang menyebutkan Tesla akan membuat pabrik baru di Indonesia. 

Dia mengatakan dalam sebuah cuitannya di Twitter agar berhati-hati dalam menulis artikel yang mengutip sumber tanpa nama alias anonim.

"Harap berhati-hati dalam menulis artikel yang mengutip 'sumber tanpa nama', karena sering salah," tulis Elon Musk melalui akun Twitter pribadinya @elonmusk, Kamis (12/1/2023) .

Sebelumnya, rencana perluasan produksi Tesla (TSLA) menjadi fokus setelah dua laporan baru-baru ini, meskipun ada kekhawatiran dari komunitas analis bahwa permintaan berkurang.

Melansir Yahoo Finance, Kamis, 12 Januari 2023, Rabu malam Wall Street Journal pertama kali melaporkan Tesla berusaha menghabiskan USD 775 juta untuk memperluas pabrik Giga Austin. Menurut pengajuan peraturan, pengerjaan perluasan dapat dimulai paling cepat bulan ini.

Tesla saat ini memproduksi SUV Model Y di Giga Austin, dan pada akhirnya akan membangun pikap EV Cybertruck yang akan datang di pabrik tersebut.

Selain itu, ada laporan baru-baru ini tentang giga press stamping robot yang dikirim ke pabrik Austin baru-baru ini, menunjukkan peningkatan telah dimulai. Beberapa pengamat Tesla berteori giga press baru akan digunakan untuk memproduksi Cybertruck.

Adapun, Tesla juga ingin melakukan ekspansi secara internasional, di luar dua pabriknya di Berlin dan Shanghai.

CEO Tesla Elon Musk pernah mengatakan di masa lalu ingin membangun 10 hingga 12 gigafactories tambahan di seluruh dunia, dan laporan Bloomberg menunjukkan dia mungkin telah menemukan lokasi baru.

Tesla dilaporkan hampir menandatangani kesepakatan dengan pemerintah Indonesia untuk membangun gigafactory berikutnya di sana.

Pabrik dilaporkan akan membangun 1 juta mobil per tahun, jauh lebih tinggi dari kapasitas 750.000 saat ini di Giga Shanghai, tetapi konsisten dengan perusahaan menargetkan produksi yang bijaksana untuk semua pabriknya.

Kemudian, narasumber tersebut juga mengatakan pembicaraan Tesla dengan pemerintah mencakup rencana untuk beberapa fasilitas di negara kepulauan yang luas, yang akan menangani produksi bersama dengan kebutuhan rantai pasokan. Kesepakatan belum ditandatangani, dan pembicaraan sedang berlangsung.

Indonesia tampaknya akan menjadi lokasi yang baik untuk rencana pertumbuhan Tesla, karena negara tersebut telah mencapai kesepakatan dengan Tesla untuk memasok nikel kepada pembuat mobil tersebut, dan Presiden Indonesia telah mengindikasikan dia ingin Tesla membangun pabrik di sana.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kekhawatiran Investor

Biaya tenaga kerja Indonesia yang relatif murah menjadikan pabrik ini pilihan hemat biaya untuk Tesla juga, karena perusahaan ini mengejar tujuan jangka panjangnya sebesar 50 persen tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) dalam pengiriman.

Kekhawatiran meningkat di kalangan investor dan wall street karena Tesla harus memangkas harga di AS pada akhir tahun lalu, dan terakhir di China untuk kedua kalinya.

Meskipun Tesla memiliki margin yang kuat, pemotongan harga dipandang sebagai cara untuk meningkatkan permintaan saat permintaan mungkin berkurang.

Persaingan baru dalam bentuk pembuat mobil lama meningkatkan model EV baru, dan pembuat mobil China pemula dengan penawaran EV yang lebih murah, telah membebani saham Tesla dalam beberapa bulan terakhir.

Saham terpukul lagi minggu lalu ketika Tesla melaporkan total produksi dan pengiriman untuk kuartal IV dan tahun ini, dengan total pengiriman tahunan 1,3 juta hilang perkiraan jalan sekitar 1,4 juta.

Investor akan mendengar lebih banyak tentang keuangan Tesla dan pedoman jangka panjang ketika perusahaan melaporkan pendapatan pada 25 Januari serta mendapatkan pembaruan tentang rencana ekspansi dan platform model barunya pada investor day, yang dijadwalkan pada 1 Maret 2023.

 

3 dari 4 halaman

Saham Tesla Anjlok Imbas Penjualan Belum Sesuai Harapan

Sebelumnya, saham Tesla anjlok lebih dari 11 persen pada awal perdagangan Selasa, 3 Januari 2023  karena penjualan global yang lebih lemah dari perkiraan menyebabkan penurunan besar-besaran terhadap harga saham perusahaan yang dimulai tahun lalu terus berlanjut.

Melansir CNN, ditulis Rabu (4/1/2023), Tesla melaporkan rekor penjualan 1,3 juta kendaraan pada 2022 atau naik 40 persen dari total 2021, tetapi jauh di bawah target pertumbuhan 50 persen yang ditetapkan perusahaan pada awal tahun. 

Meskipun telah diperingatkan akan meleset dari target setahun penuh yang agresif itu, penjualan kuartal IV sebanyak 405.278 mobil jauh lebih lemah dari yang ditakutkan. 

Ini mewakili pertumbuhan 31 persen dari tahun sebelumnya, dan jauh di bawah perkiraan rata-rata 431.000 menurut analis yang disurvei oleh Refinitiv.

Saham perusahaan mengakhiri 2022 dengan penurunan 65 persen, hal tersebut membuat kekayaan bersih dari CEO Tesla Elon Musk terpangkas dan menjatuhkannya dari posisi orang terkaya di dunia.

4 dari 4 halaman

Selanjutnya

Dengan demikian, itu menjadi tahun terburuk bagi saham Tesla, yang naik 743 persen pada 2020 dan 50 persen lainnya pada 2021. Penurunan penjualan terjadi meskipun ada dua pemotongan harga perusahaan pada Desember untuk pembeli AS yang menyelesaikan pembelian mereka pada akhir tahun.  

Fakta penjualan global jauh di bawah 439.000 mobil yang dibuatnya pada periode tersebut menimbulkan kekhawatiran baru tentang melemahnya permintaan mobil Tesla dalam menghadapi berbagai hambatan.  

Adapun, suku bunga yang lebih tinggi, peningkatan persaingan EV dari pembuat mobil mapan bersama dengan pembuat EV pemula, dan serangan balik terhadap Elon Musk sejak pengambilalihan Twitter yang kontroversial pada awal kuartal.

"Permintaan keseluruhan mulai sedikit retak untuk Tesla dan perusahaan perlu menyesuaikan dan memangkas harga lebih terutama di China, yang tetap menjadi kunci cerita pertumbuhan. Perjalanan Cinderella berakhir untuk Tesla," kata Analis Teknologi Wedbush Securities, Dan Ives, dikutip dari CNN, Rabu (4/1/2023).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Elon Musk adalah salah satu miliarder dunia yang berasal dari AS.

    Elon Musk

  • salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.
    salah satu negara yang dilintasi dengan garis khatulistiwa. Negara ini memiliki Batik sebagai ikon budayanya.

    Indonesia

  • Tesla

  • pabrik