Sukses

Saat Pasar Saham Dunia Rontok Usai Bank Sentral Ramai-Rami Naikkan Suku Bunga

The Fed menaikkan suku bunga utamanya pada hari Rabu untuk kelima kalinya tahun ini dan mengindikasikan lebih banyak kenaikan akan segera terjadi.

Liputan6.com, Jakarta Kenaikan suku bunga Federal Reserve (The Fed) mendorong gejolak di pasar saham. Bursa Asia, Amerika hingga Eropa jatuh di pekan ini.

Kenaikan suku bunga The Fed yang diikuti negara-negara lain dilakukan demi mengendalikan inflasi yang terus-menerus dan memicu kekhawatiran kemungkinan resesi global.

Bursa Shanghai, Hong Kong, Seoul dan Sydney langsung melemah. Harga minyak beringsut lebih rendah. Hanya pasar Jepang ditutup untuk liburan.

Melansir laman AP, Sabtu (24/9/2022), Indeks acuan S&P 500 Wall Street turun Kamis untuk hari ketiga setelah kenaikan suku bunga oleh bank sentral di Inggris, Swiss, Turki dan Filipina.

The Fed menaikkan suku bunga utamanya pada hari Rabu untuk kelima kalinya tahun ini dan mengindikasikan lebih banyak kenaikan akan segera terjadi.

"Ekuitas global sedang berjuang karena dunia mengantisipasi kenaikan suku bunga akan memicu resesi global yang jauh lebih cepat dan mungkin parah," kata Edward Moya dari Oanda dalam sebuah laporan.

Shanghai Composite Index turun 0,3 persen menjadi 3.098,87 dan Hang Seng Hong Kong turun 0,3 persen menjadi 18.085,72. Kospi di Seoul jatuh 1,5 persen menjadi 2.296,39.

S&P-ASX 200 Sydney turun 1,7 persen menjadi 6.588,10. Pasar Selandia Baru dan Asia Tenggara menurun.

S&P 500 melemah 0,8 persen menjadi 3.757,99. Dow Jones Industrial Average turun 0,4 persen menjadi 30.076,68 dan komposit Nasdaq turun 1,4 persen menjadi 11.066,81.

Langkah jual mencerminkan kekhawatiran investor bahwa The Fed dan bank sentral lainnya mungkin bersedia mentolerir perlambatan yang dalam dalam kegiatan ekonomi untuk mengendalikan harga.

Beberapa poin menunjukkan tanda-tanda ekonomi AS mendingin karena dukungan bagi The Fed untuk membatalkan rencana kenaikan suku bunga lebih lanjut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suku Bunga Tinggi

Tetapi ketua Jerome Powell mengatakan pada hari Rabu bahwa Fed akan mempertahankan suku bunga lebih tinggi untuk waktu yang lama jika diperlukan untuk mengembalikan inflasi ke target 2 persen.

Inflasi konsumen AS turun menjadi 8,3  persen pada Agustus dari puncak 9,1 persen bulan sebelumnya.

Tetapi inflasi inti, yang menghapus harga makanan dan energi yang bergejolak untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang tren, naik menjadi 0,6 persen dibandingkan bulan sebelumnya, naik dari kenaikan 0,3 persen pada bulan Juli. Hal itu mengindikasikan tekanan kenaikan harga masih kuat.

The Fed pada hari Rabu menaikkan suku bunga acuannya, yang mempengaruhi banyak pinjaman konsumen dan bisnis, ke kisaran 3 persen hingga 3,25 persen.

Ini merilis perkiraan yang menunjukkan bahwa suku bunga acuan menjadi 4,4 persen pada akhir tahun, poin penuh lebih tinggi dari yang dibayangkan pada bulan Juni.

Pedagang juga melihat ke depan untuk hasil keuangan triwulanan dari perusahaan besar.

Di pasar energi, patokan minyak mentah AS turun 21 sen menjadi USD 83,28 per barel dalam perdagangan elektronik di New York Mercantile Exchange.

Kontrak  minyak naik 55 sen menjadi USD 83,49 pada hari Kamis. Minyak mentah Brent, yang digunakan untuk menentukan harga minyak internasional, turun 28 sen menjadi USD 89,25 per barel di London.

Harga itu naik 63 sen pada sesi sebelumnya menjadi USD 90,46. Dolar jatuh ke posisi 142,01 yen dari 142,49 yen. Euro turun menjadi 98,28 sen dari 98,31 sen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.