Sukses

Kolaborasi Kimia Farma dan Pertamedika IHC Perkuat Ketahanan Kesehatan Nasional

Direktur Utama PT Kimia Farma Tbk (KAEF), David Utama menuturkan, melalui sinergi ini, peran BUMN sebagai agen pembangunan dapat terwujud.

Liputan6.com, Jakarta - PT Kimia Farma Tbk (KAEF) bersinergi dengan PT Pertamina Bina Medika Indonesia Healthcare Corporation (IHC) melalui penandatanganan nota kesepahaman untuk  sinergi layanan klinik kesehatan yang dimiliki kedua perusahaan. Hal ini sebagai upaya mewujudkan ketahanan kesehatan nasional.

Penandatanganan tersebut dilakukan pada Rabu (21/9/2022), di Kantor Pusat PT Kimia Farma Tbk,  Jakarta Pusat. Acara tersebut dihadiri oleh Direktur Utama PT Kimia  Farma Tbk, David Utama beserta jajaran, Plt Direktur Utama IHC,  Mira Dyah  Wahyuni,  Direksi PT Kimia Farma Diagnostika.

Direktur Utama PT Kimia Farma Tbk, David Utama menuturkan, melalui sinergi ini, peran BUMN sebagai agen pembangunan dapat terwujud  sehingga masyarakat dapat merasakan pelayanan kesehatan yang terintegrasi dan  komprehensif.

"Harapan saya tentunya IHC rumah sakitnya sudah boleh dibilang bertransformasi dan standarnya sangat baik. Kimia Farma punya jaringan yang bisa diadopsi, akan memperkuat sistem yang ada di Indonesia,” kata David dalam konferensi pers, Rabu (21/9/2022).

Kolaborasi klinik pratama Kimia Farma dan IHC akan memperluas layanan open  provider fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) dan membuka akses rujukan  prioritas dari Klinik Kimia Farma ke Rumah Sakit jaringan IHC. 

Adanya klinik utama  KFD dan IHC sebagai fasilitas kesehatan tingkat lanjutan (FKTL), yang  bekerjasama dengan BPJS, akan menjadi feeder klinik utama. Serta, kerja sama  antara Rumah Sakit IHC dan Laboratorium KFD dalam program rujuk merujuk  pemeriksaan laboratorium.  

Layanan lain dari sinergi kluster BUMN sektor Kesehatan ini adalah IHC Telemed. Tenaga medis pada klinik KF yang tidak memiliki spesialis atau sub-spesialis  dapat melakukan telekonsul dengan spesialis atau sub-spesialis di jaringan Rumah Sakit  IHC melalui aplikasi IHC Telemed.  

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sinergi BUMN

Plt Direktur Utama IHC Mira Dyah Wahyuni mengungkapkan, upaya sinergi  BUMN ini merupakan tindak lanjut pencapaian visi BUMN untuk menciptakan  ekosistem kesehatan di Indonesia, dalam klaster BUMN Kesehatan.  

"Hal ini sejalan dengan peran IHC sebagai Holding Rumah Sakit dan membangun  layanan kesehatan yang berkelanjutan, melalui kerjasama ini IHC dapat semakin  menjangkau seluruh masyarakat," kata dia. 

Dia juga mengatakan, pihaknya memiliki cita-cita besar untuk ketahanan kesehatan nasional.

"Saat ini punya cita-cita besar untuk ketahanan nasional, ini bisa menjadi kolaborasi agar visi misi kami tercapai,” imbuhnya. 

Kimia Farma memiliki 410 klinik kesehatan dan IHC memiliki 75  rumah sakit serta 143 klinik kesehatan di seluruh Indonesia, sehingga sinergi  diharapkan mempermudah akses layanan kesehatan berkualitas bagi masyarakat. 

 

3 dari 4 halaman

Kimia Farma Gandeng Victoria Care untuk Genjot Bisnis Kosmetik

Sebelumnya, PT Kimia Farma Tbk (KAEF) melalui anak usahanya PT Kimia Farma Apotek (KFA) bekerja sama dengan PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) untuk mengembangkan bisnis kosmetik dan personal care. Kerja sama ini diharapkan membawa pengaruh positif untuk masyarakat Indonesia.

Penandatanganan kerjasama PT Kimia Farma Apotek (KFA) dengan PT Victoria Care Indonesia Tbk (VICI) dilakukan oleh Muhardiman selaku Direktur Pengembangan Bisnis PT Kimia Farma Apotek dan Sumardi Widjaja selaku Direktur Operasional PT Victoria Care Indonesia Tbk. Kegiatan penandatanganan kerjasama berlangsung di Apotek Kimia Farma Premier Radio Dalam, Jakarta, Jumat, 16 September 2022.

Melalui kerjasama ini akan ada sekitar 140 outlet Kimia Farma di daerah Jawa sampai Bali yang menyediakan display khusus produk-produk PT Victoria Care Indonesia Tbk, seperti Herborist, Secret Clean, Nuface, hingga Miranda, serta menghadirkan produk-produk lain yang didistribusikan oleh PT Victoria Care Indonesia Tbk seperti Bali Boat, Bali Dancer, hingga Secret Garden.

Secara total, ada sekitar 600 outlet Kimia Farma yang menyediakan produk PT Victoria Care Indonesia Tbk.

"Melalui kerjasama ini, diharapkan ke depannya dapat meningkatkan kolaborasi hebat yang sesuai dengan tagline KFA, “Sinergi Tanpa Batas”, sehingga Oemah Herborist berada di Kimia Farma Apotek,” tutur Muhardiman dikutip dari keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Senin (19/9/2022).

Ia menambahkan, kini, Kimia Farma Apotek sebagai bagian dari Kimia Farma Group terus berkomitmen untuk memberikan layanan healthcare nasional secara profesional dan berkualitas terutama di bidang perawatan kulit dan kecantikan.

4 dari 4 halaman

Perluas Produksi Distribusi VICI

Sementara itu, Direktur Operasional PT Victoria Care Indonesia Tbk Sumardi Widjaja mengapresiasi kerjasama dengan Kimia Farma untuk memperluas distribusi produk VICI yang dipasarkan melalui jaringan Apotek Kimia Farma.

"Kami mengapresiasi Kimia Farma atas kerjasama ini sehingga masyarakat bisa mendapatkan produkproduk PT Victoria Care Indonesia Tbk dengan mudah. Kami berharap, kerjasama ini juga mampu meningkatkan pencapaian yang lebih besar untuk kedua belah pihak," tutur dia.

Sumardi juga menambahkan, kerjasama ini juga diharapkan bisa memberikan banyak manfaat untuk masyarakat Indonesia, sekaligus berkontribusi pada pembangunan bangsa. “Seluruh produk PT Victoria Care Indonesia Tbk merupakan hasil karya anak bangsa untuk kebanggaan Indonesia,” kata Sumardi.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.