Sukses

Analis Sebut Tesla Redup Usai Penurunan Pengiriman Kendaraan pada Kuartal II 2022

Tersengat oleh lockdown COVID-19 China dan melonjaknya biaya, Tesla mengatakan, pihaknya mengirimkan 254.695 kendaraan pada kuartal II, turun sekitar 18 persen dari kuartal I 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Tesla menghadapi serangkaian rintangan mulai dari hambatan produksi hingga kenaikan inflasi yang mungkin memukul keuntungan, sebagai pembuat mobil listrik melaporkan penurunan pengiriman untuk pertama kalinya dalam dua tahun. Hal itu diungkapkan analis wall street mengatakan pada Selasa, 5 Juli 2022.

Tersengat oleh lockdown COVID-19 China dan melonjaknya biaya, Tesla mengatakan pada Sabtu pihaknya mengirimkan 254.695 kendaraan pada kuartal II, turun sekitar 18 persen dari kuartal I.

Gangguan rantai pasokan di fasilitas perusahaan yang lebih baru di Texas dan Jerman juga merugikan produksi, analis memperingatkan bahwa masalah ini dapat mengurangi keuntungan Tesla.

Saham pembuat mobil listrik terbesar di dunia itu turun lebih dari 3 persen tetapi berbalik arah menjadi ditutup naik 2,6 persen, diuntungkan dari reli saham pertumbuhan. Sepanjang tahun ini, saham tersebut telah kehilangan sekitar sepertiga dari nilai nya.

"Kilau Tesla telah meredup lagi dengan penurunan pengiriman terbaru ini lebih rendah dari ekspektasi," kata analis Hargreaves Lansdown Susannah Streeter.

Dia menambahkan ini adalah kemunduran bagi ambisi pembuat mobil untuk tetap berada di depan paket electric vehicle (EV).

"Tesla dihadapkan dengan skenario mendera, semakin cepat satu masalah diperbaiki, yang lain muncul,” ungkapnya.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dipengaruhi Makro Ekonomi

Analis JP Morgan, yang memangkas pada saham perusahaan sebesar USD 10 atau Rp 150,080 (asumsi kurs Rp 15,008) menjadi USD 385 atau Rp 5,7 juta, ia mengatakan produksi dan hasil keuangan Tesla dapat dirugikan oleh masalah eksekusi khusus perusahaan di pabrik baru pembuat mobil di Texas dan Berlin.

CEO Tesla Elon Musk baru-baru ini menggambarkan kedua pabrik itu sebagai tungku uang raksasa yang rugi miliaran dolar.

Streeter memperingatkan, tekanan biaya hidup di seluruh dunia karena inflasi yang panas dapat memiliki efek knock-on pada garis permintaan turun. Menurut beberapa analis, bagaimanapun, mengharapkan pemulihan menjelang akhir tahun.

Pabrik Austin dan Berlin kemungkinan akan tetap menjadi penghambat hasil sampai mereka mencapai tingkat pemanfaatan yang lebih tinggi, tetapi mengharapkan volume untuk rebound kuat di paruh kedua tahun ini. Hal itu dijelaskan Garrett Nelson selaku analis ekuitas senior di CFRA Research.

 

3 dari 4 halaman

Tesla Diminta Tarik Lebih dari 59.000 Mobil dari Seluruh Dunia

Sebelumnya, Otoritas transportasi Jerman memerintahkan Tesla untuk menarik sekitar 59.000 kendaraannya dari seluruh dunia.

Mengutip Gizchina, Senin (4/7/2022), permintaan penarikan puluhan ribu unit Model Y dan Model-3 Tesla ini karena ditemukannya masalah teknis dengan sistem darurat kendaraan.

Otoritas Transportasi Motor Jerman hanya bisa memerintahkan penarikan mobil di Jerman. Namun di situs resminya, diklaim bahwa ada lebih dari 59.000 kendaraan Tesla Model Y dan Model 3 yang bermasalah di seluruh dunia.

Otoritas Jerman menemukan kerusakan sistem darurat pada kedua model. Di mana, sistem darurat harusnya secara otomatis menghubungi hotline darurat yang relavan jika terjadi kecelakaan serius.

Namun yang ada, pemilik harus menghubungi pabrikan atau pergi ke bengkel untuk update software, agar sistem darurat ini bisa berfungsi.

Pemberitahuan dari otoritas Jerman ini dikeluarkan pada 29 Juni lalu dan dilaporkan oleh Radio Berlin-Brandenburg (RBB) pada Sabtu lalu. Adapun semua mobil yang akan ditarik perusahaan kendaraan buatan tahun 2022.

RBB melaporkan, mobil-mobil yang ditarik dari peredaran termasuk di dalamnya Tesla Model Y yang dirakit di pabrik Berlin, Jerman.

Sekadar informasi, ini bukan pertama kalinya penarikan mobil Tesla dari peredaran dilakukan. Bahkan, jumlah mobil yang diminta untuk ditarik kali ini, tidak sebanyak penarikan mobil-mobil Tesla sebelumnya.

Sebelumnya pada Mei 2022, Tesla mengajukan rencana penarikan kembali mobil mereka ke State Administration for Market Regulation.

4 dari 4 halaman

Bukan Pertama Kalinya

Pada 23 Mei 2022, Tesla menarik sejumlah kendaraan listrik Model 3 dan Model Y Tiongkok dengan tanggal produksi dari 19 Oktober 2021 hingga 26 April 2022.

Jumlah kendaraan yang harus ditarik dari pasar adalah 107.293 unit. Saat itu, alasan penarikan kendaraan ini adalah CPU mobil-mobil tersebut kemungkinan mengalami overheating dan terus restart.

Sebelumnya, regulator keselamatan jalan raya AS menyebut, masalah overheating membuat layar tidak berfungsi. Model-model yang harus ditarik Tesla mulai dari Model S dan Model X buatan tahun 2021 dan 2022.

Bukan cuma itu, perusahaan juga harus menarik kembali Model 3 dan Model Y 2022.

Sekadar informasi, CPU yang mengalami overheating dalam sistem infotainment Tesla dapat mencegah layar depan menampilkan gambar. Lampu peringatan dan informasi terkait lainnya di mobil pun mungkin tidak muncul.

Saat ini, tidak jelas apakah permintaan penarikan kendaraan oleh regulator Jerman tersebut akan mempengaruhi kendaraan Model Y dan Model 3 di Tiongkok atau negara lainnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Mobil listrik, mobil yang digerakkan dengan motor listrik,pakai energi listrik yang disimpan dalam baterai atau tempat penyimpan energi lain

    Mobil Listrik

  • Tesla

  • Kendaraan

  • mobil