Sukses

Jadi Mitra Kartu Prakerja, Bukalapak Hadir di Temu Raya Alumni Prakerja

Para peserta Kartu Prakerja di Bukalapak dapat memilih lebih dari 100 kelas pelatihan baru sesuai dengan minat dan kebutuhan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bukalapak.com (BUKA) berpartisipasi dalam kegiatan Temu Raya #KitaPrakerja yang diadakan di Sentul International Convention Center, 17 Juni 2022. Kehadiran Bukalapak yakni sebagai salah satu mitra platform digital Kartu Prakerja.

"Peran Bukalapak pada program Kartu Prakerja tidak hanya mempertegas komitmen Bukalapak untuk terus mendukung program pemerintah, tetapi juga untuk membantu masyarakat yang mengalami dampak ekonomi, termasuk saat pandemi Covid-19," ujar Head of Public Relations Bukalapak, Monica Chua dalam keterangan resmi, Rabu (22/6/2022).

Para peserta Kartu Prakerja di Bukalapak dapat memilih lebih dari 100 kelas pelatihan baru sesuai dengan minat dan kebutuhan. Peserta Kartu Prakerja yang melakukan pembelian kelas pelatihan di Bukalapak berkesempatan untuk mengikuti kompetisi dengan beragam hadiah pulsa dan paket data.

Selain itu, ada gratis ongkos kirim (ongkir) dan diskon saat berbelanja di marketplace Bukalapak dari Traktir Ongkir dan Nabung Diskon. Monica menerangkan, Temu Raya menjadi ajang kumpul penerima manfaat Kartu Prakerja berskala nasional.

Sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk bertemu alumni Kartu Prakerja. Sebanyak 8.000 penerima manfaat dari berbagai provinsi di Indonesia hadir untuk bertemu dan berbincang bersama Presiden Joko Widodo, mengikuti mini job fair dan menikmati live music. Terdapat juga ribuan alumni dan peserta Kartu Prakerja yang bergabung secara virtual dari seluruh Indonesia.

"Presiden Joko Widodo menyampaikan bahwa Program Kartu Prakerja terbukti bermanfaat kepada masyarakat sampai pelosok. Apalagi tidak ada dana insentif yang melewati pihak lain, tapi dana langsung dari Kementerian Keuangan ke penerima manfaat," ujar Monica.

Dalam dua tahun pelaksanaannya, program Kartu Prakerja telah mencapai gelombang ke-33, dengan lebih dari 12,8 juta penerima manfaat yang tersebar di 514 kabupaten/kota se-Indonesia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Berdayakan UMKM, Bukalapak Meriahkan JaKreatiFest 2022

Sebelumnya, sebagai upaya dalam pemulihan ekonomi nasional setelah pandemi COVID-19, Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) DKI Jakarta bekerjasama dengan PT Bukalapak.com (BUKA) dalam kegiatan kolaborasi Jakarta Kreatif Festival.

Acara tersebut dimaksudkan untuk mendorong UMKM go digital. Presiden Bukalapak, Teddy Oetomo menerangkan, sejak didirikan pada 2010, Bukalapak memiliki misi untuk dapat memberdayakan UMKM dengan inovasi dan teknologi. Sehingga perseroan cukup antusias untuk terlibat dalam gelaran Jakarta Kreatif Festival.

"Kami mendukung penuh kegiatan Jakarta Kreatif Festival. Di mana kami juga turut serta dalam memberikan pelatihan peningkatan kapasitas UMKM dan fasilitas pemasaran bagi para UMKM di DKI Jakarta yang ingin naik kelas dengan teknologi," ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (7/6/2022).

Jakarta Kreatif Festival (JaKreatiFest) akan berlangsung selama Juni 2022 dengan menyajikan berbagai rangkaian kegiatan seperti webinar, festival dan juga pameran offline. JaKreatiFest diharapkan dapat membantu mendorong pertumbuhan ekonomi yang positif bagi DKI Jakarta.

 

3 dari 5 halaman

Perluas Akses Pembiayaan

Kegiatan JaKreatiFest diharapkan juga meningkatkan akses pembiayaan melalui kolaborasi BI dengan OJK, memperluas akses pasar UMKM baik melalui digitalisasi maupun UMKM go export, mengembangjan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, serta mendorong pertumbuhan sektor perdagangan Jakarta yang sangat potensial. Jumlah UMKM yang tergabung dalam pameran offline JaKreatiFest sebanyak 38 UMKM.

Rinciannya, sektor fashion 11 UMKM, kuliner 7 UMKM, kerajinan 11 UMKM, dan kopi 9 UMKM. JaKreatiFest terdiri dari rangkaian pre-event, main event dan post even.

Salah satu rangkaian kegiatan pre event pada Juni 2022 yang telah dilaksanakan yaitu webinar Perlindungan Konsumen pada Transaksi Keuangan dalam Mendukung Keuangan Inklusif pada 2 Juni lalu.

Setelah itu, dilanjutkan dengan Pesta Wastra pada 10—16 Juni 2022 di Kawasan SCBD. Kegiatan tin melibatkan pengrajin Wastra se-Indonesia dengan harga terjangkau.

"Total omzet kegiatan ditargetkan mencapai Rp 5,1 miliar selama   JaKreatiFest dan Pesta Wastra 2022,” ungkap Kepala Perwakilan BI DKI Jakarta, Onny Widjanarko.

4 dari 5 halaman

BukaPengadaan Gandeng Pemprov Sulawesi Tengah Berdayakan UMKM Lokal

Sebelumnya, Bukalapak melalui BukaPengadaan melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU dengan Pemerintah Provinsi (pemprov) Sulawesi Tengah.

Keduanya menjalin kerja sama untuk memberdayakan dan mengembangkan UMKM lokal melalui peningkatan kapabilitas bisnis.

Di antaranya dengan penggunaan platform digital BukaPengadaan dalam Toko Daring, SIPLah, dan OpenBuy, sebagai penjual. Selain itu, para UMKM di Sulawesi Tengah juga berkesempatan untuk bergabung dalam program pemasaran, pendampingan, sosialisasi, serta onboarding para UMKM ke platform digital BukaPengadaan.

Sejak diluncurkan pada 2016, BukaPengadaan berkomitmen untuk membantu dan memberdayakan para pelaku UMKM di Indonesia dengan inovasi dan teknologi yang ditawarkan perseroan. BukaPengadaan hadir sebagai sebuah solusi B2B & B2G yang memanfaatkan teknologi. Sehingga para pengguna dapat melakukan proses pengadaan yang lebih mudah, aman, dan juga murah.

“Karena itu kami merasa bangga dan terhormat menjadi bagian dari kerjasama ini, di mana kami dapat merangkul lebih banyak lagi UMKM tanah air untuk diberdayakan melalui platform digital”, ujar Direktur BukaPengadaan Indonesia, Hita Supranjaya dalam keterangan resmi, Senin (25/4/2022).

 President Bukalapak, Teddy Oetomo menyampaikan, kerja sama ini mewakili misi perusahaan dalam mewujudkan ekonomi yang adil bagi semua. Ia menyebutkan, dalam laporan kuartal IV 2021, 72 persen transaksi yang terjadi di Bukalapak berasal dari kota-kota di luar kota tier 1.

5 dari 5 halaman

Potensi UMKM

"Ini adalah bukti dari misi kami untuk membangun perekonomian yang adil bagi seluruh masyarakat Indonesia, tidak hanya di kota besar, tapi dimanapun mereka berada,” kata Teddy.

Sementara, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Gubernur Sulawesi Tengah, Rudy Dewanto menyampaikan apresiasi dan rasa bangga atas kerjasama yang terjalin dengan BukaPengadaan dan Bukalapak untuk meningkatkan pemberdayaan UMKM di Sulawesi Tengah.

Dia menuturkan, potensi UMKM Sulawesi Tengah saat ini harus didorong untuk meningkatkan penjualannya melalui Bukalapak.

"Pemerintah provinsi juga akan didorong untuk mendukung BelaPengadaan produk Nasional melalui Buka Pengadaan Nasional. Harapannya, seluruh OPD dapat menindaklanjuti pelaksanaan MoU dengan baik sesuai dengan maksud dan tujuan yang diharapkan," ujar dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Bukalapak adalah salah satu platform belanja online di Indonesia yang menjual beragam produk kebutuhan masayrakat.

    Bukalapak

  • Pemerintah membuka Program Kartu Prakerja sejak 2020 untuk membantu masyarakat yang terkena dampak pandemi Covid-19.

    Kartu Prakerja

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • PT Bukalapak.com Tbk