Sukses

Hoffmen Cleanindo Siap IPO, Incar Dana Segar Rp 56,1 Miliar

Liputan6.com, Jakarta PT Hoffmen Cleanindo, perusahaan yang bergerak di bidang cleaning service, security, washroom hygiene dan parking siap melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan menggelar Initial Public Offering (IPO).

Pelaksanaan IPO tersebut adalah untuk membantu perusahaan mendapatkan modal kerja dalam rencana ekspansi bisnis Hoffmen Cleanindo.

Presiden Komisaris sekaligus founder PT Hoffmen Cleanindo, Eddy Japarto, optimistis mampu mencapai target dana dari pelaksanaan IPO ini. Pasalnya, prospek usaha di bidang integrated facility services akan tetap cemerlang di tahun-tahun mendatang.

Menurutnya, layanan ini menjadi stand point nilai jual bagi gedung baik perkantoran, hotel ataupun pusat perbelanjaan.

"Potensi pasarnya sangat besar, dan kami juga sudah menjadi rekanan banyak developer dan building management, sehingga kami optimistis perusahaan ini akan terus berkembang," tegasnya.

Hoffmen Cleanindo yang menggunakan kode emiten KING, memulai periode book building 17 hingga 20 Mei 2022.

Perusahaan menargetkan bisa meraup dana segar hingga Rp 56,1 miliar. Nantinya, dana tersebut akan digunakan sebagian besar untuk pengembangan usaha dan modal kerja.

Adapun harga yang ditawarkan dalam periode book building ini adalah Rp 165-Rp Rp 170 per saham. Hoffmen berencana melepas saham sebanyak-banyaknya 330 juta saham dengan nilai nominal Rp 20 setiap saham atau sebanyak 24,91 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh dalam perseroan setelah penawaran umum. Bertindak sebagai penjamin pelaksana emisi efek adalah PT NH Korindo Sekuritas Indonesia.

 

2 dari 3 halaman

Waran

Untuk menarik investor, perusahaan yang tengah mengembangkan usaha di bidang employee service ini juga mengeluarkan 132 juta waran seri I yang menyertai saham baru perseroan atau sebanyak 13,27 persen dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran dalam rangka penawaran umum perdana saham ini disampaikan.

Waran seri I diberikan secara cuma-cuma sebagai insentif bagi para pemegang saham baru yang namanya tercatat dalam daftar pemegang saham pada tanggal penjatahan.

Setiap pemegang lima saham baru perseroan berhak memperoleh dua waran seri I di mana setiap satu waran seri I memberikan hak kepada pemegangnya untuk membeli satu saham baru perseroan yang dikeluarkan dalam portepel. Waran seri I yang diterbitkan mempunyai jangka waktu pelaksanaan selama tiga tahun.

Eddy menyebutkan, Hoffmen Cleanindo mampu menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia. Menurut dia, hingga saat ini Hoffmen Cleanindo telah menyerap sekitar 2.500 tenaga kerja berbasis kebersihan.

"Kami memperkirakan bisa menyerap hingga 1.500 tenaga kerja, dengan penambahan layanan employee service di tahun ini," ujar Eddy Japarto

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan, laba bersih Hoffmen Cleanindo melejit hingga 80,95 persen atau sekitar Rp 3,14 Miliar di tahun lalu. Sementara pendapatan di tahun 2021 mencapai Rp 167,02 Miliar atau mengalami pertumbuhan sebesar 18,04  persen secara year on year (yoy).

Rudy Japarto Presiden Direktur Hoffmen menjelaskan, awalnya, Hoffmen Cleanindo sudah berkiprah selama 10 tahun lebih terus melebarkan sayap bisnis, yakni ke manajemen ketenagakerjaan dan penyalur tenaga kerja (employee service & labor supply).

Selain alasan bisnis, alasan sosial, yaitu menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia menjadi pendorong langkah agresif perusahaan ini dalam lima tahun terakhir.

Ke depan, Rudy berencana akan memperluas ke layanan manajemen ketenagakerjaan dan penyalur tenaga kerja (employee service & labor supply), yang meliputi pekerja trampil (skill employee) seperti engineering, kelistrikan, driver, dan lainnya, maupun nonterampil (nonskill employee) seperti resepsionis, buruh packing, telemarketing, SPG, dan lainnya.

 

3 dari 3 halaman

Jadwal Lengkap IPO

Rudy menyebutkan, untuk jasa penyediaan tenaga kerja, saat ini pihaknya lebih menargetkan ke pabrik- pabrik. Namun tidak menutup kemungkinan untuk merambah ke banking atau usaha berbasis daring atau digital.

Berikut perkiraan jadwal lengkap IPO Hoffmen Cleanindo:

• Masa penawaran awal: 17-20 Mei 2022

• Tanggal efektif : 30 Mei 2022

• Masa penawaran umum perdana saham: 2-7 Juni 2022

• Tanggal penjatahan: 7 Juni 2022• Tanggal distribusi saham secara elektronik: 8 Juni 2022

• Tanggal pencatatan pada Bursa Efek Indonesia: 9 Juni 2022