Sukses

Elon Musk Ungkap Sejumlah Rencana kepada Bank Terkait Akuisisi Twitter

Elon Musk mengajukan penawaran kepada pemberi pinjaman saat dia mencoba mengamankan utang untuk pembelian beberapa hari setelah mengajukan penawarannya ke Twitter.

Liputan6.com, Jakarta - Elon Musk mengatakan kepada bank-bank yang setuju untuk membantu mendanai akuisisi Twitter senilai USD 44 miliar atau sekitar Rp 637,36 triliun (asumsi kurs Rp 14.485 per dolar Amerika Serikat) kalau dapat menindak gaji eksekutif dan dewan direksi di perusahaan media sosial dalam upaya untuk memangkas biaya, dan akan mengembangkan cara-cara baru untuk memonetisasi tweet.

Hal tersebut diungkap tiga sumber yang akrab dengan soal tersebut. Elon Musk mengajukan penawaran kepada pemberi pinjaman saat dia mencoba mengamankan utang untuk pembelian beberapa hari setelah mengajukan penawarannya ke Twitter pada 14 April, kata sumber tersebut. Pengajuan komitmen banknya pada 21 April, kunci agar dewan Twitter menerima tawaran terbaik dan terakhirnya.

Musk harus meyakinkan bank, Twitter menghasilkan arus kas yang cukup untuk membayar utang yang dia cari. Pada akhirnya, dia mendapatkan pinjaman senilai USD13 miliar atau sekitar Rp 188,31 triliun yang dijamin dari Twitter dan pinjaman margin USD 12,5 miliar atau sekitar Rp 181,07 triliun yang terkait dengan saham Tesla nya. Dia setuju untuk membayar sisa pembayaran dengan uangnya sendiri.

Musk melempar ke bank merupakan visinya daripada komitmen tegas, kata sumber itu, dan pemotongan biaya pasti yang akan dia kejar begitu dia memiliki Twitter masih belum jelas. Rencana yang dia uraikan ke bank sangat tipis secara detail, sumber tersebut menambahkan.

Musk telah membuat tweet tentang penghapusan gaji dewan direksi Twitter, yang katanya dapat menghasilkan penghematan biaya sekitar USD 3 juta. Kompensasi berbasis saham Twitter untuk 12 bulan yang berakhir 31 Desember 2021 adalah USD 630 juta, meningkat 33 persen dari 2020.

Dalam pidatonya kepada bank, Elon Musk juga menunjuk ke margin kotor Twitter, yang jauh lebih rendah daripada rekan-rekan seperti Facebook Meta dan Pinterest, dengan alasan ini menyisakan banyak ruang untuk menjalankan perusahaan dengan cara yang lebih hemat biaya. Seorang perwakilan Musk menolak berkomentar.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Rencana Elon Musk

Bloomberg News melaporkan sebelumnya pada Kamis, 28 April 2022, Musk secara khusus menyebutkan pemutusan hubungan kerja sebagai bagian dari promosinya ke bank.

Salah satu sumber mengatakan Musk tidak akan membuat keputusan tentang pemutusan hubungan kerja sampai dia mengambil alih kepemilikan perusahaan akhir tahun ini. Dia melanjutkan akuisisi tanpa memiliki akses ke detail rahasia tentang kinerja keuangan dan jumlah karyawan perusahaan.

Musk mengatakan kepada bank bahwa dia juga berencana untuk mengembangkan fitur untuk meningkatkan pendapatan bisnis, termasuk cara baru untuk menghasilkan uang dari tweet yang berisi informasi penting atau menjadi viral, kata sumber tersebut.

Gagasan yang dia kemukakan termasuk membebankan biaya ketika situs web pihak ketiga ingin mengutip atau menyematkan tweet dari individu atau organisasi yang diverifikasi.

Dalam sebuah tweet awal bulan ini yang kemudian dia hapus, Musk menyarankan serangkaian perubahan pada layanan berlangganan premium raksasa media sosial Twitter Blue, termasuk memangkas harganya, melarang iklan, dan memberikan opsi untuk membayar dalam mata uang kripto dogecoin. Layanan Blue premium Twitter sekarang berharga USD 2,99 per bulan.

 

3 dari 5 halaman

Rencana Kurangi Ketergantungan terhadap Iklan

Dalam tweet lain yang dia hapus, Musk mengatakan dia ingin mengurangi ketergantungan Twitter pada iklan untuk sebagian besar pendapatannya.

Musk, yang kekayaan bersihnya disebutkan oleh Forbes pada USD 246 miliar, telah mengindikasikan dia akan mendukung bank-bank dalam memasarkan utang sindikasi kepada investor. Dia mungkin mengungkap lebih banyak rincian rencana bisnisnya untuk Twitter saat itu, kata sumber tersebut.

Musk juga telah menunjuk CEO baru untuk Twitter, salah satu sumber menambahkan, menolak menyebutkan identitas orang itu.

Sementara itu, CEO Tesla juga mengatakan kepada bank dia akan mencari kebijakan moderasi pada platform media sosial yang sebebas mungkin dalam batasan hukum dari setiap yurisdiksi yang dioperasikan Twitter, kata sumber itu, sebuah posisi yang telah diulangi Musk secara publik.

Pinjaman Twitter senilai USD 13 miliar setara dengan tujuh kali proyeksi pendapatan Twitter 2022 sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi. Ini terlalu berisiko bagi beberapa bank yang memutuskan untuk hanya berpartisipasi dalam pinjaman margin, kata sumber tersebut.

Alasan lain beberapa bank memilih keluar adalah karena mereka takut ketidakpastian Musk dapat mengakibatkan eksodus bakat dari Twitter, merugikan bisnisnya, menurut sumber.

Seorang juru bicara Twitter tidak menanggapi permintaan komentar.

4 dari 5 halaman

Saham Tesla Melemah Setelah Elon Musk Beli Twitter

Sebelumnya, saham Tesla ditutup turun lebih dari 12 persen pada Selasa, 26 April 2022, seiring indeks Nasdaq Composite tergelincir hampir 4 persen. Saham teknologi mega-cap lainnya yaitu Apple, Amazon, Google, dan induk Facebook Meta turun lebih dari 3 persen.

Melansir CNBC, Rabu, 27 April 2022, saham pembuat kendaraan listrik Rivian dan Lucid juga ditutup turun masing-masing 9,5 persen dan 8,7 persen.

Penurunan saham Tesla terjadi hanya sehari usai dewan direksi Twitter menyetujui penawaran akuisisi oleh Elon Musk senilai USD 44 miliar atau sekitar Rp 634,64 triliun (asumsi kurs Rp 14.423 per dolar AS) dari perusahaan, menunjukkan beberapa penurunan mungkin merupakan cerminan dari kekhawatiran investor dengan kesepakatan itu.

Kini, Musk telah mendapatkan USD 25,5 miliar atau sekitar Rp 367,81 triliun dari hutang yang berkomitmen penuh, termasuk USD 12,5 miliar atau sekitar Rp 180,29 triliun pinjaman terhadap saham Tesla-nya. Kesepakatan itu juga mencakup USD 21 miliar atau sekitar Rp 302,87 triliun ekuitas.

Meskipun menjadi orang terkaya di dunia, sebagian besar kekayaan Musk terikat pada saham Tesla, yang berarti ia kemungkinan harus meminjam dari kepemilikannya untuk mendanai kesepakatan tersebut.

Investor Tesla juga mungkin khawatir tentang kemungkinan gangguan yang bisa datang dari memiliki platform seperti Twitter. Musk tampaknya ingin sangat mempengaruhi operasi perusahaan, yang dapat menyebabkan krisis waktu baginya.

Kemudian, dengan asumsi kesepakatan ditutup, Elon Musk akan bertanggung jawab atas Tesla, Twitter, dan SpaceX. Dia juga memiliki dua usaha kecil, Boring Company dan Neuralink.

 

5 dari 5 halaman

Hadapi Biaya Bahan Baku Meningkat

Pembuat mobil, termasuk Tesla, sedang berjuang dengan meningkatnya biaya bahan baku yang masuk ke baterai, dan kekurangan chip semikonduktor yang diperburuk oleh pembatasan COVID-19 di Shanghai.

Tak hanya itu, Tesla juga mengatakan dalam laporan pendapatan kuartal pertama 2022 pada 20 April 2022, sementara pendapatan otomotif naik 87 persen dari periode tahun sebelumnya menjadi USD 16,86 miliar, perusahaan kehilangan sekitar satu bulan volume pembangunan di Shanghai karena penutupan COVID-19.

Tesla menghasilkan sekitar USD 4,65 miliar di China pada kuartal pertama 2022. Pasar China sekarang menyumbang 24,8 persen dari pendapatan Tesla.

Sementara itu, Tesla juga telah ekspor mobil dari China ke pasar Asia dan Eropa yang lebih luas. Meskipun baru-baru ini membuka pabrik baru di Austin, Texas dan satu lagi di Brandenburg, Jerman, perusahaan baru saja mulai meningkatkan produksi di lokasi ini.

"Untuk sebagian besar kendaraan, waktu tunggu pengiriman kami cukup lama. Mobil-mobil yang dikirim pada Q1 umumnya membawa harga yang ditetapkan pada kuartal sebelumnya, dan pada tingkat yang lebih rendah dari mobil yang dipesan hari ini, ”kata CFO Zach Kirkhorn dalam panggilan pendapatan perusahaan.

“Produksi dilanjutkan pada tingkat terbatas, dan kami bekerja untuk kembali ke produksi penuh secepat mungkin,” tambahnya.

Meskipun demikian, Tesla juga tidak berharap untuk menaikkan harga lagi segera. Musk mengatakan pada panggilan yang sama, "Harga saat ini adalah untuk kendaraan yang dikirim di masa depan, seperti enam hingga 12 bulan dari sekarang,"

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.