Sukses

Elon Musk Kantongi Pembiayaan Setara Rp 671 Triliun untuk Akuisisi Twitter

Elon Musk belum membuat penawaran tender resmi untuk Twitter, tetapi mungkin akan segera dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - CEO Tesla Elon Musk mengatakan telah mengantongi USD 46,5 miliar atau sekitar Rp 671 triliun (kurs Rp 14.431 per USD) untuk melego Twitter. Pengumuman itu tampaknya dimaksudkan untuk meredakan kekhawatiran tentang komitmen Elon Musk terhadap rencana akuisisi Twitter.

Rinciannya, lebih dari USD 20 miliar berasal dari berbagai pinjaman oleh Morgan Stanley. Kemudian sekitar USD 21 miliar lainnya akan datang dari pembiayaan ekuitas. Elon Musk belum membuat penawaran tender resmi untuk Twitter, tetapi mungkin akan segera dilakukan usai memberikan rincian lebih lanjut tentang skema pendanaan dalam kesepakatan.

Melansir Forbes, Senin (25/4/2022), Elon Musk memiliki kekayaan senilai lebih dari USD 260 miliar,di mana hampir semuanya terikat pada saham Tesla dan aset tidak likuid lainnya. Dia harus meminjam uang dan juga mungkin menjual saham Tesla untuk membuat kesepakatan itu berhasil.

Musk mengatakan, dia belum mendengar kabar dari dewan Twitter sejak mengumumkan proposal penawaran akuisisi sebelumnya.  Musk mengajukan untuk membeli Twitter di harga USD 54,20 per sahamnya seminggu yang lalu.

Sebelumnya, ketika spekulasi terus berputar di sekitar tawaran miliarder Elon Musk untuk membeli Twitter USD 43 miliar, banyak analis Wall Street yang menurunkan peringkat saham perusahaan media sosial itu. Analis tetap skeptis terhadap tawaran pengambilalihan dan memperingatkan hal itu dapat menyeret saham menuju level yang lebih rendah.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ingin Beli Twitter, Elon Musk Berpotensi Jalankan Tiga Perusahaan Sekaligus

Sebelumnya, tawaran Elon Musk untuk akuisisi Twitter mungkin memiliki efek samping yang tidak diinginkan bagi miliarder tersebut: menambahkan satu lagi perusahaan besar ke dalam jadwalnya yang padat.

CEO Tesla dan SpaceX telah menawarkan untuk membeli setiap saham Twitter yang belum dimilikinya 90,8 persen dari perusahaan dalam kesepakatan senilai sekitar USD 43 miliar atau sekitar Rp 617,04 triliun (asumsi kurs Rp 14.349 per dolar AS), menurut pengajuan peraturan yang diungkapkan pada Kamis.

Kesepakatan itu akan menambah satu lagi perusahaan terbesar di dunia ke dalam portofolio kepemilikan Elon Musk: Tesla dan SpaceX masing-masing sudah menjadi perusahaan triliunan dolar dan perusahaan multi miliar dolar.

Tak hanya itu, Musk juga memiliki dua startup yang lebih kecil, Neuralink dan The Boring Company. Demikian mengutip dari CNBC, Minggu (17/4/2022).

Bahkan, jika Musk berhasil membeli Twitter dan menolak menyebut dirinya sebagai CEO, kemungkinan besar dia ingin memengaruhi operasi perusahaan sehari-hari, yang berpotensi menyebabkan krisis waktu yang serius bagi orang terkaya di dunia.

Ketika  menjalankan tiga bisnis secara bersamaan, Elon Musk, yang merupakan CEO Neuralink, sudah memimpin tiga perusahaan terbesar dunia sekaligus hampir belum pernah terjadi sebelumnya.

3 dari 4 halaman

CEO yang Pernah Pegang Sejumlah Jabatan

Ini merupakan kabar baik bagi Musk: sudah pernah dilakukan sebelumnya. Kabar buruknya adalah eksekutif yang paling baru dikenal untuk mencoba prestasi itu tidak lain adalah Carlos Ghosn, mantan CEO Nissan dan Renault, dan mantan ketua AvtoVaz dan Mitsubishi.

Ghosn sebenarnya memegang peran teratas di keempat perusahaan untuk sementara waktu, dan menjalankan tiga di antaranya pada 2018, ketika dia ditangkap di Jepang atas tuduhan pelanggaran keuangan. 

Ghosn juga terkenal melarikan diri ke Lebanon, yang tidak memiliki perjanjian ekstradisi dengan Jepang, di mana dia tinggal hari ini sebagai buronan yang dicari secara internasional.

Kemudian pada 2014, Ghosn mengatakan kepada LinkedIn VP dan editor dan kepala Daniel Roth dalam sebuah wawancara kunci kemampuannya untuk menjalankan begitu banyak perusahaan sekaligus adalah untuk menghindari multitasking.

Saat itu, ia menilai, jadwalnya diatur lebih setahun sebelumnya dan di negara mana pun dia akan menentukan perusahaan mana yang dia fokuskan.

"Saya tidak mencampuradukkan tanggung jawab yang berbeda, karena saya hanya ingin memastikan tim yang berbeda yang bertanggung jawab merasa bertanggung jawab dan tidak ada kebingungan di antara perusahaan yang berbeda,” kata Ghosn.

Musk mungkin merasa berbeda. Selama panel SXSW pada 2018, dia mengatakan, secara efektif membagi waktunya di antara berbagai usahanya dengan mempekerjakan tim yang kuat dan mengalokasikan tanggung jawab secara tepat kepada mereka. Dengan begitu, ia mengungkapkan, "Hampir seluruh waktu saya dihabiskan untuk teknik dan desain,”.

4 dari 4 halaman

Strategi Jack Dorsey

Pembagian waktu kepemimpinan mungkin terasa akrab di Twitter: Co-founder Jack Dorsey menjabat sebagai CEO Twitter dan startup yang lain, perusahaan pembayaran Square, dari Oktober 2015 hingga November 2021.

Kabarnya, Dorsey memiliki strategi manajemen waktu untuk dirinya sendiri, yakni dia memblokir waktu yang sama setiap minggu untuk rapat pimpinan dan karyawan.

"Saya suka memiliki banyak pengulangan dalam jadwal saya,” kata Dorsey kepada Fast Company pada 2016. 

"Ini memungkinkan kita untuk melihat bagaimana kita sebenarnya tumbuh, daripada keacakan, yang menyembunyikan itu,” tambahnya.

Namun, ironisnya ketika Dorsey awalnya mengambil kedua peran tersebut, Musk menasihatinya agar tidak mengambil keputusan itu.

"Saya tidak akan merekomendasikan menjalankan dua perusahaan,” kata Musk pada KTT Pendirian Baru Vanity Fair 2015.

"Itu benar-benar sangat mengurangi kebebasanmu,”.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.