Sukses

Mitratel Optimistis Pengembangan Menara Telekomunikasi di Indonesia

Mitratel melihat potensi pengembangan menara telekomunikasi masih besar di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL) atau disebut Mitratel optimistis menara telekomunikasi menjadi salah satu fundamental untuk pengembangan telekomunikasi di Indonesia.

Direktur Utama Mitratel Theodorus Ardi Hartoko mengatakan, dengan melihat sebaran geografis di Indonesia dan potensi dari pasar yang masih cukup menantang seperti ini, pengembangan atau penyebaran pembangunan menara telekomunikasi masih dirasakan kebutuhannya.

“Kami melihat teknologi baru masih belum begitu dominan, nantinya ada di kurun waktu 5 sampai 10 tahun ke depan. Jadi kami masih sangat optimis menara telekomunikasi ini menjadi salah satu fundamental untuk pengembangan telekomunikasi di Indonesia,” kata Theodorus dalam paparan publik Mitratel, ditulis Sabtu (23/4/2022).

Mitratel juga terbuka bekerjasama dengan berbagai pihak untuk investasi. Hal ini sebagai upaya untuk memberikan kualitas layanan yang biak.

"Terkait dengan apakah masih terbuka untuk mencari Mitra tambahan ataupun baru untuk berinvestasi prinsipnya mitratel selalu terbuka dengan seluruh kerja sama dengan para pihak utamanya untuk mengakselerasi kualitas layanan baik layanan pembangunan baru maupun maintenance terhadap side-side kami  ataupun tower-tower atau menara yang sudah beroperasi,” ujar Theodorus.

Dia juga menjelaskan, mekanisme untuk menjadi mitra baru Mitratel cukup mudah prosesnya dengan melakukan listing secara online. Kemudian Mitratel akan melakukan verifikasi pendaftaran untuk calon calon mitra untuk selanjutnya bisa diproses lebih lanjut.

"Jadi kami sangat terbuka kerja sama dengan calon mitra, vendor, supplier apapun yang sejalan dengan project yang berjalan di Mitratel saat ini,” katanya.

Sementara itu, Direktur Investasi Mitratel, Hendra Purnama menuturkan, Mitratel selalu mencari sumber pendanaan yang paling efisien, bisa itu dalam negeri ataupun luar negeri.

"Tapi karena Mitratel tidak ingin untuk memiliki ekspos kepada Forex sehingga apabila ada pinjaman luar negeri akan melakukan hedging dan hedging close. Untuk saat ini mungkin masih belum terlalu menarik. Oleh sebab itu kita memfokuskan untuk pinjaman di dalam negeri,” ujar dia,” tuturnya.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Dividen 2021

Sebelumnya, Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk (MTEL) atau disebut Mitratel membagikan dividen 2021 sebesar Rp 966,7 miliar. Dividen itu 70 persen dari laba bersih 2021 sebesar Rp 1,38 triliun.

"Porsi dividen sebesar itu sesuai dengan komitmen Perseroan agar bisa memberikan nilai maksimal bagi para investor,” kata Direktur Utama Mitratel Theodorus Ardi Hartoko dalam keterangan resminya, Jumat, 22 April 2022.

RUPS Tahunan menyetujui penggunaan laba bersih Perseroan pada 2021 yang mencapai Rp1,381 triliun, dengan rincian, 5 persen atau sekitar Rp 69 miliar untuk cadangan, 25 persen atau sekitar Rp 345,3 miliar sebagai laba ditahan, dan 70 persen atau senilai Rp 966,7 miliar sebagai dividen.

Pemegang saham yang berhak menerima dividen adalah para pemegang saham yang namanya tercantum dalam Daftar Pemegang Saham (DPS) perseroan Per 12 Mei 2022 sampai dengan pukul 16.15 WIB. Dividen akan dibayarkan selambat-lambatnya pada tanggal 25 Mei 2022.

RUPS Tahunan juga telah menyetujui perubahan anggaran dasar perseroan untuk menyesuaikan masa jabatan anggota direksi dan dewan komisaris menjadi lima tahun dari sebelumnya tiga tahun. Dengan mempertimbangkan peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta hasil benchmark dengan perusahaan terbuka lainnya.

RUPS Tahunan menyetujui untuk mengangkat satu anggota Dewan Komisaris Independen yaitu Rico Usthavia Frans sehingga pada akhir rapat jumlah anggota Dewan Komisaris menjadi lima orang dengan susunan sebagai berikut:

-Komisaris Utama: Herlan Wijanarko

-Komisaris: Henry Yosodiningrat

-Komisaris: Hadi Prakosa

-Komisaris Independen: M. Ridwan Rizqi R Nasution

-Komisaris Independen: Rico Usthavia Frans

Kinerja Mitratel pada 2021 mengalami pertumbuhan dua digit ditunjukkan dengan pendapatan usaha yang tumbuh sebesar 11,1 persen dari Rp 6,18 triliun yang dicatat pada 2020 menjadi Rp 6,87 triliun pada 2021.

Bisnis sewa menara menjadi kontributor utama pendapatan yang mencapai Rp 5,4 triliun, di mana capaian ini mengalami kenaikan sebesar 36,5 persen year on year.

3 dari 4 halaman

Kinerja 2021

Berdasarkan keterangan resmi perseroan, upaya efisiensi yang dilakukan Mitratel pun telah menghasilkan pertumbuhan yang signifikan dengan diperolehnya keuntungan yang lebih tinggi yaitu sebesar Rp 1,38 triliun, atau melonjak 129,4 persen dibandingkan perolehan laba bersih pada 2020 sebesar Rp 602 miliar.

Dengan demikian EBITDA tercatat Rp5.18 miliar pada 2021, tumbuh 23,9 persen dibandingkan EBITDA yang dicapai pada  2020 sebesar Rp 4.18 miliar.

Dari kinerja operasionalnya, saat ini Mitratel menguasai jaringan menara di Jawa sebanyak 11.987 menara dengan portofolio sebesar 42 persen dan tenancy ratio sebesar 1,65 kali. Sedangkan jaringan menara di luar Jawa, Mitratel adalah yang terbesar dan menguasai 16.219 menara dengan portofolio sebesar 58 persen dan tenancy ratio 1,41 kali. 

Dari jumlah menara, pada 2021 Mitratel berhasil meningkatkan jumlah menara dari 18.473 unit menjadi 28.206 unit, tumbuh signifikan sebesar 52,7 persen.

Sedangkan dari sisi kolokasi, terjadi pertumbuhan 18,9 persen dari 12.097 menjadi 14.388 dan dari sisi tenant mengalami pertumbuhan 39,3 persen dari 30.570 menjadi 42.594 pada 2021.

Pada penutupan perdagangan Jumat, 22 April 2022, saham MTEL stagnan di posisi Rp 800 per saham. Saham MTEL berada di level tertinggi Rp 805 dan terendah Rp 780 per saham. Total frekuensi perdagangan 8.194 kali dengan volume perdagangan 664.226 saham. Nilai transaksi Rp 52,5 miliar.

 

4 dari 4 halaman

Bangun Jaringan Fiber Optic

Sebelumnya, PT Dayamitra Telekomunikasi Tbk  (MTEL) atau disebut Mitratel sedang mengembangkan untuk bertransformasi menjadi perusahaan digital infrastruktur. Mitratel pun mulai menjalankan pembangunan fiber optic kurang lebih 2.000 KM.

Direktur Utama Mitratel Theodorus Ardi Hartoko mengatakan, Mitratel saat ini sudah mulai menjalankan pembangunan jaringan fiber optic kurang lebih 2.000 KM.

"Sekarang ini sudah terselesaikan sebesar 30 persen  dan kita targetkan dalam waktu yang tidak terlalu lama seluruh bangunan tersebut bisa segera selesai dan bisa digunakan oleh seluruh operator MNO (mobile network operator),” kata Theodorus dalam paparan publik Mitratel, ditulis Sabtu, 23 April 2022.

Pembangunan tersebut sepenuhnya menggunakan dana hasil penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO).

"Kita sepenuhnya menggunakan dana proceed IPO sesuai dengan perhitungan kelayakan yang ada di market untuk penggunaan ataupun pembelanjaan di fiber optic ini,” ujar dia.

Theodorus juga mengatakan, tidak ada belanja modal atau capital expenditure (capex) tambahan proceed yang dipergunakan oleh Mitratel. "Jadi tidak ada capex tambahan di luar proceed yang kami pergunakan,” imbuhnya.

Masih dalam kesempatan yang sama, Direktur Bisnis Mitratel Noorhayati Candrasuci menuturkan, total investasi yang digunakan untuk seluruh program fiber optic pada 2022 mencapai Rp 500 miliar hingga Rp 1 triliun.

"Total investasi sekitar di level Rp 500 miliar sampai dengan Rp 1 triliun untuk pendanaan dari seluruh program fiber di 2022,” tuturnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.