Sukses

Platfom Pembiayaan yang Didukung Alibaba Raih Pendanaan Setara Rp 2,13 Triliun

Perusahaan, yang telah lama didukung oleh Alibaba Group Holding, berfokus pada pengaturan pinjaman untuk vendor China yang menjual barang di luar negeri.

Liputan6.com, Jakarta - Layanan pembiayaan e-commerce Hong Kong, Qupital telah mengumpulkan USD 150 juta atau sekitar Rp 2,13 triliun (asumsi kurs Rp 14.252 per dolar AS) untuk memperluas jangkauannya di Asia.

Perusahaan, yang telah lama didukung oleh Alibaba Group Holding, berfokus pada pengaturan pinjaman untuk vendor China yang menjual barang di luar negeri melalui platform e-commerce. Pinjaman dolar AS Qupital dapat membiayai gudang lepas pantai dan logistik serta biaya pemasaran lainnya.

"Kami memiliki dua model," kata Andy Chan, salah satu pendiri dan presiden Qupital dilansir dari Nikkei Asia, ditulis Rabu (10/11/2021).

Salah satunya Qupital memakai model dengan mencocokkan pemberi pinjaman dan peminjam yang berbeda.

"Salah satunya adalah model platform di mana kami mencocokkan pemberi pinjaman dan peminjam yang berbeda. Kemudian kami memiliki kendaraan tujuan khusus kami sendiri, yang kami dirikan dengan Citigroup dan dikelola dan dioperasikan oleh kami, di mana Citi adalah pemberi pinjaman senior dan SPV meminjamkan ke pedagang ini, “ ia menambahkan.

Penggalangan dana baru Qupital dipimpin oleh Greater Bay Area Homeland Development Fund yang didukung China, yang sebelumnya berinvestasi di perusahaan kecerdasan buatan SenseTime dan pengecer Miniso.

"Kami pasti berada di jalur untuk menjadi unicorn," kata Chan, mengacu pada startup senilai USD 1 miliar atau lebih.

Chan menambahkan, penggalangan dana tersebut memungkinkan perisahaan, bersama dengan fasilitas kredit dengan Citi, untuk berkembang dengan sangat cepat dalam dua hingga tiga tahun ke depan.

Baik di seluruh China dan internasional. Dana Pengusaha Alibaba, Dana Ventura Inovasi dan Teknologi pemerintah Hong Kong, MindWorks Capital, dan Grup Silverhorn juga bergabung dalam pembiayaan.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jajaran Direksi

GBA Homeland, MindWorks dan Alibaba sekarang masing-masing akan menduduki kursi di dewan tujuh anggota Qupital.

Perusahaan sebelumnya mengumpulkan USD 20 juta dalam enam putaran pendanaan sejak didirikan pada 2016. Qupital, yang telah hadir di kota-kota China seperti Shanghai, Shenzhen, Hangzhou, Fuzhou dan Guangzhou, akan menggunakan dana baru untuk memperluas ke Beijing dan kota-kota lain, dengan tujuan melipatgandakan stafnya menjadi 150 pada akhir 2022.

Startup ini mengharuskan pemohon pinjaman untuk memiliki atau mendirikan afiliasi Hong Kong serta menghasilkan pendapatan bulanan setidaknya USD 50.000 melalui penjualan di Amazon.com, eBay, Shopee atau platform Lazada yang berfokus di Asia Tenggara. Perusahaan sejauh ini telah mengatur pinjaman USD 500 juta kepada sekitar 7.000 pedagang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.