Sukses

Subway Bakal Buka Gerai Kuartal IV 2021, Saham Grup MAP Kompak Menghijau

Subway akan kembali membuka gerai di Indonesia dengan menggandeng PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP/MAPI)

Liputan6.com, Jakarta - Saham PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP/MAPI) bersama dua anak usahanya yaitu PT MAP Boga Adiperkasa Tbk (MAPB) dan PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) kompak menguat pada perdagangan saham Selasa, (24/8/2021).

Penguatan saham tersebut setelah jaringan sandwich terbesar di dunia, Subway akan kembali membuka gerai di Indonesia dengan menggandeng PT Mitra Adiperkasa Tbk.

Mengutip data RTI, saham PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) naik 3,65 persen ke posisi Rp 710 per saham.  Diikuti PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) menguat 2,41 persen ke posisi Rp 1.910 per saham.

Lonjakan saham yang signifikan terjadi pada PT MAP Boga Adiperkasa Tbk (MAPB). Saham MAPB melambung 11,35 persen ke posisi Rp 1.570 per saham. Saham MAPB dibuka naik 60 poin ke posisi Rp 1.470 per saham. Saham MAPB berada di level tertinggi Rp 1.570 dan terendah Rp 1.425 per saham. Total frekuensi perdagangan 204 kali dengan volume perdagangan 1.746. Nilai transaksi Rp 260,9 juta.

Berdasarkan data RTI, PT Mitra Adiperkasa Tbk memiliki 79,10 persen saham MAPB. Sedangkan di saham MAPA, Mitra Adiperkasa genggam 68,84 persen per 31 Juli 2021.

Sementara itu, laju Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melemah 0,33 persen ke posisi 6.089. Indeks LQ45 susut 0,91 persen ke posisi 855,97. Sebagian besar indeks saham acuan kompak melemah kecuali indeks DBX naik 0,11 persen.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Subway Bakal Hadir Kuartal IV 2021

Sebelumnya Subway teken perjanjian dengan PT Sari Sandwich Indonesia, anak usaha dari PT Map Boga Adiperkasa Tbk (MBA/MAPB). PT Map Boga Adiperkasa merupakan anak usaha dari PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI).

Dalam keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), perjanjian ini sebagai awal rencana agresif Subway untuk memperluas ekspansi globalnya. Kemitraan tersebut akan meluncurkan restoran Subway di Indonesia pada kuartal IV 2021 dengan lokasi awal akan dibuka di wilayah Jabodetabek.

“Permintaan untuk restoran Subway belum pernah terjadi sebelumnya di banyak pasar di seluruh dunia, termasuk Indonesia,” ujar Chief Executive Officer Subway, John Chidsey.

Ia menilai, MAPI sebagai mitra ideal untuk memulai ekspansi di kawasan Asia Pasifik. Ada pilihan yang nyaman dan lebih baik untuk sangat dibutuhkan. “Ini hanyalah awal dari rencana ekspansi global kami,” kata dia.

Sebagai pemain utama di pasar F&B Indonesia, MBA memiliki lebih dari 590 gerai di 33 kota di Indonesia yang melayani merek antara lain Starbucks, Pizza Marzano, Krispy Kreme dan lainnya.

Berdasarkan kesepakatan, merek Subway akan dikelola PT Sari Sandwich Indonesia dan memperluas bisnis MBA. Selain itu, Indonesia akan menjadi pasar pertama untuk menerapkan model waralaba Subway secara global.

Dengan demikian, MBA akan satu-satunya ujung tombak pengembangan Subway di Indonesia dengan tujuan membangun yang kuat dan mantap pertumbuhan tahunan restoran Subway.

“MBA menyadari pentingnya ritel makanan dan bekerja sama dengan merek terbaik di kelasnya, membuat Subway merupakan pilihan yang wajar,” ujar CEO PT Mitra Adiperkasa Tbk, V.P Sharma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.