Sukses

Pendiri Virgin Galactic Richard Branson Jual Saham Senilai Rp 4,3 Triliun

Richard Branson menjual lebih dari 10 juta saham Virgin Galactic antara 10 dan 12 Agustus 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Miliarder dan Pendiri Virgin Galactic Holdings Richard Branson menjual sebagian sahamnya hampir USD 300 juta atau sekitar Rp 4,31 triliun (asumsi kurs Rp 14.379 per dolar Amerika Serikat). Setelah aksi jual tersebut, saham Virgin Galactic Holdings turun hampir tiga persen pada Jumat, 13 Agustus 2021.

Berdasarkan dokumen yang disampaikan ke regulator, Richard Branson menjual lebih dari 10 juta saham antara 10 dan 12 Agustus 2021. Langkah ini dilakukan sebulan setelah perusahaan pariwisata luar angkasa menyelesaikan uji terbang pertama yang sepenuhnya diawaki ke luar angkasa dengan Branson di dalamnya.

Dana dari penjualan saham akan digunakan untuk mendukung bisnis perjalanan dan liburan dari grup Virgin yang dilanda pandemi COVID-19 serta untuk mengembangkan bisnis baru. Hal itu berdasarkan pernyataan juru bicara miliarder asal Inggris tersebut. Demikian mengutip dari laman Channel News Asia, ditulis Minggu (15/8/2021).

Dengan demikian, Branson memiliki 46,3 juta saham senilai USD 1,2 miliar atau sekitar Rp 17,25 triliun pada harga penutupan terakhir saham. Pada April 2021, miliarder Richard Branson menjual saham senilai lebih dari USD 150 juta.

Virgin Investments adalah pemegang saham terbesar dari perusahaan pariwisata luar angkasa dan memiliki saham sekitar 22 persen pada Juni, berdasarkan data Refinitiv. Saham Virgin Galactic turun ke posisi USD 25,18 pada Jumat pekan ini.

 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Didirikan pada 2004

Sebelumnya, pada 2004, Branson mendirikan Virgin Galactic untuk menerbangkan penumpang pribadi ke luar angkasa. Branson tidak berniat turut dalam penerbangan luar angkasa.

Akan tetapi, setelah sesama miliarder Jeff Bezos mengumumkan akan terbang bersama Blue Origin pada 20 Juli, Virgin Galactic mengatur ulang jadwalnya yang bertujuan untuk menerbangkan Branson sembilan hari sebelum Bezos.

Hal itu menjadikan Branson sebagai pendiri perusahaan ruang angkasa pertama yang mengendarai pesawat ruang angkasanya sendiri. Perusahaan sendiri telah melihat volatilitas besar pada pergerakan saham SPCE yang didorong oleh investor ritel yang bereaksi terhadap peristiwa itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.