Sukses

Arus Dana Keluar dari Bitcoin Selama Enam Minggu, Ada Apa?

Pada pekan lalu, arus keluar bitcoin mencapai USD 89 juta.Sepanjang 2021, arus keluar bitcoin mencapai USD 487 juta, atau 1,6 persen dari aset yang dikelola.

Liputan6.com, Jakarta - Tindakan keras di China dan masalah lingkungan membayangi investor. Hal ini juga mendorong arus keluar untuk produk dan dana investasi bitcoin selama minggu keenam berturut-turut.

Hal itu berdasarkan data dari manajer aset digital CoinShares pada Senin, 21 Juni 2021. Pada pekan lalu, arus keluar bitcoin mencapai USD 89 juta atau sekitar Rp 1,28 triliun (asumsi kurs Rp 14.421 per dolar AS). Sepanjang 2021, arus keluar bitcoin mencapai USD 487 juta, atau 1,6 persen dari aset yang dikelola.

Sektor kripto secara keseluruhan mengalami arus keluar minggu ketiga berturut-turut sebesar USD 79 juta minggu lalu dalam apa yang sekarang menjadi arus keluar terpanjang sejak Februari 2018, kata CoinShares. Untuk Juni, arus keluar bersih mencapai USD 210,5 juta.

"Arus keluar Bitcoin selama enam minggu telah didorong oleh kombinasi masalah lingkungan dan lingkungan peraturan yang semakin antagonis di China," ujar Kepala riset pasar global di Forex.com, Matt Weller, dilansir dari Antara, Selasa (22/6/2021).

"Dengan tema-tema ini yang masih berlaku dan harga yang rendah, mungkin perlu beberapa saat sebelum kita mulai melihat periode aliran masuk dana berkelanjutan lainnya," ia menambahkan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bitcoin Sentuh Posisi Terendah

Bitcoin mencapai level terendah dua minggu di USD 31.700  pada Senin, 21 Juni 2021, karena tindakan keras China yang meluas terhadap penambangan Bitcoin.

Pihak berwenang di provinsi barat daya Sichuan memerintahkan proyek penambangan mata uang kripto ditutup di pusat penambangan utama. Bitcoin telah kehilangan lebih dari 20 persen dalam enam hari terakhir dan turun setengah dari tertinggi April yang hampir USD 65.000.

Ether, token yang digunakan untuk blockchain Ethereum, melihat arus keluar kecil sebesar 1,9 juta dolar AS minggu lalu, setelah mencatat arus keluar USD 14,6 juta pada minggu sebelumnya.

Sebagai persentase dari aset yang dikelola, arus keluar Ether hanya mewakili 0,14 persen, data menunjukkan, menyiratkan bahwa sebagian besar sentimen negatif telah difokuskan pada Bitcoin.

Volume perdagangan mingguan dalam produk investasi Ether telah turun secara dramatis, anjlok 80 persen sejak tertinggi Mei. Penyedia data Blockchain Glassnode mengatakan aktivitas on-chain di seluruh papan perdagangan sangat rendah di seluruh Bitcoin dan Ethereum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Saham adalah hak yang dimiliki orang (pemegang saham) terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagai dalam pe

    Saham

  • Bitcoin seperti emas digital yang menawarkan dua pilihan yaitu sebagai alat investasi dan pembayaran.

    Bitcoin

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Arus Dana Keluar