Sukses

Catatan Pefindo untuk Peringkat Bank Bukopin hingga BSI

Berdasarkan data divisi FI Rating Pefindo, ada 48 pengerjaan pemeringkatan pada kuartal I/2021.

Liputan6.com, Jakarta - PT Bank KB Bukopin (Bank Bukopin), mendapatkan special review dari PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) di kuartal I 2021 karena ada pemberitaan kasus hukum yang menerpa perseroan.

"Sedikit higlight dalam kuartal I tahun ini termasuk April, satu, Bank Bukopin itu tadi ada spesial review di kuartal I. Hal ini terkait kasus yang dihadapi," kata Analis Divisi Pemeringkatan Jasa Keuangan Pefindo Danan Dito dalam acara virtual, Senin (19/4/2021).

Dalm hal ini, Pefindo masih memberikan rating idAAA/stabil pada emiten berkode BBKP tersebut. "Dengan ini, memang dari sisi peringkat sekarang masih tetap," ujarnya.

Selain Bank Bukopin, Danan juga menyoroti kenaikan outlook PT Perusahaan Pengelola Aset (Persero) atau PT PPA serta PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PT PNM.

Dalam pemaparannya, PT PNM mendapat penilaian idA/positif dari sebelumnya idA/stabil. Hal ini diakui karena mandat pemerintah terhadap perseroan.

Khusus PNM mengalami perubahan menjadi id A+/stabil dari idA+/negatif karena finansial perseroan mengalami perbaikan dibandingkan sebelumnya.

"Lalu Bank Syariah Indonesia terkait dengan merger ketiga bank tersebut yang sempat kami berikan outlook positif telah difinalisasi hingga menjadi idAAA/stabil," tuturnya.

Karena telah melebur menjadi BSI, Pefindo juga menarik rating Bank Syariah Mandiri dan Bank BNI Syariah atau withdraw.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peringkat Terbanyak di Sektor Multifinance

Berdasarkan data Divisi FI Rating Pefindo, Danan menjelaskan ada 48 pengerjaan pemeringkatan pada kuartal I/2021 yang termasuk 7 pekerjaan unsolicited dan 2 perusahaan yang peringkatnya ditarik (withdraw).

Secara peringkat terdapat lebih banyak AAA, yakni sebanyak 10 perusahaan dan peringkat BBB sebanyak 10 perusahaan. Selanjutnya terdapat peringkat AA dan A masing-masing 6 perusahaan.

Untuk industri, peringkat paling banyak terdapat pada sektor multifinance, yakni 14 perusahaan dan perbankan sebanyak 12 perusahaan.

Selanjutnya terdapat asuransi & penjaminan masing masing 4 perusahaan, holding 3 perusahaan, sekuritas 2 perusahaan dan 1 Efek Berangun Aset atau EBA.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.