Sukses

Bursa Asia Reli Didorong Kenaikan Harga Komoditas

Bursa Asia menguat ke level tertinggi dalam empat bulan terakhir pada pembukaan perdagangan Rabu pekan ini.

Liputan6.com, Sydney - Bursa Asia menguat ke level tertinggi dalam empat bulan terakhir pada pembukaan perdagangan Rabu pekan ini. Pendorong penguatan bursa saham di kawasan Asia Pasifik ini adalah kenaikan harga komoditas dan juga terimbas penguatan yang terjadi Wall Street.

Mengutip Bloomberg, Rabu (20/4/2016), 10 Sektor pembentuk indeks MSCI Asia Pasifik atau indeks patokan di Asia Pasifik ini naik dipimpin oleh sektor industri dasar.

IndeksTopix Jepang naik 1 persen pada pukul 09.54 waktuTokyo Jepang, menyentuhlevel tertinggi pada bulan ini. Indeks Saham Australia dan Korea Selatan menguat 0,5 persen. Kontrak Indeks Hang Seng Hong Kong juga naik 0,7 persen danFTSE China A50 Index naik 0,3 persen.

Pendorong penguatan bursa Asia adalah kenaikan harga komoditas yang terimbas kenaikan harga minyak dunia. Harga minyak mentah dunia melonjak pada penutupan perdagangan Selasa meskipun kelompok negara penghasil minyak (OPEC) gagal membuat kesepakatan untuk melakukan pembekuan produksi.

Namun memang negara-negara tersebut akan fokus pada pengurangan pasokan yang bisa membatasi kelebihan stok minyak mentah dunia.

Selain itu, mendorong lain kenaikan bursa Asia adalah sentimen dari Wall Street. Indeks Dow Jones Industrial Average naik 0,27 persen menjadi 18.053,6 poin dan indeks S&P 500 naik 0,31 persen menjadi 2.100,8 poin.

Laporan keuangan beberapa perusahaan yang telah dipublikasikan menunjukkan hasil yang positif namun belum bisa mendorong Bank Sentral AS untuk segera menaikkan suku bunga acuan. 

"The Fed kemungkinan akan menunda menaikkan suku," kata analis IG Ltd, Melbourne, Australia Angus Nicholson. Ia melanjutkan, dengan penundaan rencana tersebut membuat dolar AS melemah dan berimbas positif kepada harga komoditas dan pasar saham. (Gdn/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.