Sukses

Pefindo Ganjar Prospek Indofood Stabil

PT Pemeringkat Efek Indonesia menetapkan kembali peringkat PT Indofood Sukses Makmur Tbk di level idAA+.

Liputan6.com, Jakarta PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menetapkan kembali peringkat PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) pada level idAA+.

Peringkat ini juga berlaku untuk obligasi V/2009 yang akan jatuh tempo pada 18 Juni 2014 dan obligasi VI/2012. Perusahaan consumer goods milik grup Salim ini berencana untuk melakukan pembiayaan kembali atas obligasi yang akan jatuh tempo.

Mengutip dari keterangan yang diterbitkan, Jumat (4/4/2014), perusahaan memiliki kas sebesar Rp 17,1 triliun per 31 Desember 2013.

Outlook untuk peringkat perusahaan adalah stabil. Menurut Analis Pefindo, Anies Setyaningrum, peringkat didukung oleh posisi pasar perusahaan yang sangat kuat di industri makanan dalam kemasan, portofolio usaha yang terdiversifikasi dengan baik dan terintegrasi secara vertikal, serta proteksi arus kas yang kuat.

Namun, peringkat itu dibatasi oleh persaingan yang ketat di industri. Saat ini, bidang usaha perseroan dibagi dalam lima bidang usaha yaitu produk konsumen bermerek, Bogasari, agribisnis, distribusi serta budidaya pengolahan dan sayuran.

Pada 31 Desember 2013, CAB Holdings Ltd merupakan pemegang saham utama PT Indofood Sukses Makmur Tbk dengan kepemilikan saham sebesar 50,07%. Pada perdagangan saham Jumat pekan ini, saham INDF bergerak turun 1,71% ke level Rp 7.175 per saham dengan nilai transaksi Rp 42,5 miliar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini